sign up SIGN UP

LIFE

Mari Jadi Pribadi Lebih Baik, Hilangkan Kebiasaan Buruk dengan Cara Ampuh Ini

Jovita | Kamis, 26 Mar 2020 10:45 WIB
Mari Jadi Pribadi Lebih Baik, Hilangkan Kebiasaan Buruk dengan Cara Ampuh Ini
caption
Setiap orang mungkin punya kebiasaan buruk yang melekat dalam diri dan sangat sulit dihilangkan. Misalnya seperti sulit bangun pagi, merokok setiap saat, teledor, sering menggigiti kuku dan lainnya. Kamu mungkin saja menyadari bahwa kebiasaan ini tidak bagus jika terus dilakukan. Tapi, kenapa susah sekali menghentikan kebiasaan buruk, ya? Nah melalui artikel ini, kamu akan diajak untuk menghilangkan kebiasaan buruk dengan 5 cara ampuh. Yuk, simak!

1. Sadari kebiasaan burukmu


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Cara ampuh hilangkan kebiasaan buruk yang pertama adalah dengan menyadarinya. Sebelum kamu menghilangkan kebiasaan buruk dan mengubahnya menjadi kebiasaan baik, kamu harus tahu kapan saja kebiasaan tersebut muncul. Hal ini dibutuhkan untuk menghentikan pengulangan kebiasaan.

Catat dan ingat kapan saja kamu melakukan kebiasaan buruk, misalnya kamu akan menggigiti kuku ketika kamu sedang gugup atau sedang marah. Kesadaran diri akan meningkat dengan cara ini dan kamu jadi lebih bisa mengendalikan kebiasaan buruk. Selain itu, kamu juga bisa minta tolong pada teman-temanmu untuk memerhatikan kapan kebiasaan burukmu ini kumat. 

2. Cari tahu sumber kebiasaan burukmu


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Cara ampuh hilangkan kebiasaan buruk selanjutnya adalah mencari tahu sumber dari kebiasaan buruk tersebut. Berdasarkan teori, sebuah pemicu akan diikuti dengan perilaku dan perilaku akan diikuti dengan reaksi. Begitu juga dengan kebiasaan, tidak mungkin terjadi begitu saja, pasti ada pemicunya.

Sebagai contoh, ketika kamu merasa tertekan yang akan kamu lakukan adalah merokok dan reaksinya tubuhmu akan terasa rileks. Akibat dari reaksi rileks tersebut, kamu akan terus mengulang pola kebiasaan ini untuk mencapai ketenangan. Nah, supaya bisa hentikan kebiasaan buruk tersebut, kamu harus benar-benar memahami pemicunya sehingga bisa dihindari.

3. Ganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Subtitusi kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik juga merupakan cara ampuh hilangkan kebiasaan buruk tersebut. Menghapus kebiasaan buruk saja tak cukup, Beautynesian perlu mencari pengganti agar prosesnya jadi lebih efektif. Sebagai contoh, kamu sering berteriak saat sedang kesal. Kamu mungkin melakukan ini karena reflek alamiah.

Untuk menghentikannya, kamu bisa coba kebiasaan lain seperti menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya perlahan. Hal ini akan membuatmu lebih tenang dan mengusir kekesalan tersebut. Ulangi terus perintah ini di dalam kepalamu untuk membiasakan diri dengan hal baru. Memang enggak mudah, tapi dengan tekad yang kuat, Beautynesian pasti bisa melakukannya.


4. Ciptakan suasana yang mendukung


Foto: Istimewa
Source: pixabay.com

Suasana yang mendukung juga memegang peran penting dalam menghilangkan kebiasaan buruk. Tidak hanya pikiran, lingkunganmu juga harus diubah. Misalnya kamu sering main handphone saat sedang menyetir. Hal ini bisa diakali dengan menciptakan jarak antara kamu dengan ponselmu. Taruh handphone dalam tas dan letakkan tasmu di jok belakang agar sulit dijangkau.

Kebiasaan buruk akan jadi lebih mudah dikontrol dengan langkah pencegahan ini. Begitu juga dengan kebiasaan ngemil di tengah malam. Jangan isi kulkas dengan camilan kalau kamu adalah tipe yang suka berburu makanan di kulkas saat tengah malam.

(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id