sign up SIGN UP

LIFE

Menyaksikan Cahaya Surga dan Hutan Purba di Gua Jomblang

Ivone | Jumat, 31 Jul 2015 10:00 WIB
Menyaksikan Cahaya Surga dan Hutan Purba di Gua Jomblang
caption
Gua Jomblang merupakan salah satu objek wisata yang wajib Minasan kunjungi di Yogyakarta. Di dalam gua ini terdapat hutan purba yang penuh dengan tanaman endemik yang tumbuh subur. Selain tanaman, juga terdapat stalagmit dan stalagtit yang siap menyambut Minasan. Minasan juga akan menjumpai cahaya surga, yaitu berupa cahaya yang masuk menembus ke dalam gua yang akan membuat Minasan seperti berada di dalam surga.

Pengenalan Singkat Mengenai Gua Jomblang


Gua Jomblang merupakan objek wisata yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Gua ini akrab dengan cahaya yang menembus ke dalam gua yang disebut cahaya surga. Di dalam gua ini terdapat hutan purba yang merupakan salah satu warisan alam yang patut dilestarikan.
Foto: https://anekatempatwisata.com/wp-content/uploads/2014/03/Goa-Jomblang-225x300.jpg

Lokasi


Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitar 50 kilometer tenggara kota Jogja. Untuk aksesnya, Minasan dapat menggunakan angkutan umum yang dilanjutkan dengan berjalan kaki untuk sampai ke Gua Jomblang.
Foto: https://www.njogja.co.id/gunungkidul/goa-jomblang-gunung-kidul/
Untuk mengunjungi Goa Jomblang Gunung Kidul wisatawan dapat menggunakan angkutan umum. Dari terminal Giwangan anda naik bus jurusan Jogja-Wonosari Simpang Lima Wonosari-Kecamatan Semanu-rumah Kadus Jetis Wetan untuk menitipkan barang dan membawa barang yang akan dibawa ke gua-berjalan 3 km sampai bibir gua.https://www.njogja.co.id/gunungkidul/goa-jomblang-gunung-kidul/

Hutan Purba


Sesampainya di dasar, Minasan akan melihat berbagai tanaman tumbuh subur di dalam gua. Pohon jati dan berbagai pohon besar memenuhi hutan yang disebut sebagai hutan purba ini. Selain itu, Minasan juga dapat menemukan stalagtit dan stalagmit yang akan menambah decak kagum Minasan terhadap keindahan Gua Jomblang ini.
Foto: https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/nature-and-outdoor/gua-jomblang/photo-gallery/4/

Cahaya Surga


Sambil terus menelusuri hutan purba, Minasan akan melihat adanya cahaya yang menembus masuk ke dalam gua. Cahaya itulah yang disebut dengan cahaya surga. Di bawah tempat Minasan melihat cahaya surga, terdapat aliran sungai yang cukup deras. Suara aliran sungai yang deras dan gemercik air yang menetes dari ketinggian dilengkapi dengan cahaya yang menembus masuk ke dalam gua, akan memberikan pemandangan terindah seperti di surga. Sungguh menakjubkan!
Foto: https://travel.kompas.com/read/2014/03/18/1803297/Goa.Jomblang.Mencari.Cahaya.di.Perut.Bumi.

Alat Keamanan dan Pendamping


Untuk masuk ke dalam Gua Jomblang, Minasan wajib menggunakan peralatan keamanan standar dan ditemani dengan pendamping.
Foto: https://travel.kompas.com/read/2014/03/18/1803297/Goa.Jomblang.Mencari.Cahaya.di.Perut.Bumi.
Tapi tenang saja buat yang belum pernah memasuki goa, karena di sini ada Operator Cave Kalisuci yang siap menurunkan Anda ke dalam goa. Anda cukup didampingi oleh penelusur goa yang berpengalaman dan jangan takut di ketinggian. Persiapan sebelum menuruni goa kita wajib memakai sepatu boot, helm, dan headlamp. Seorang pemandu pun memasangkan SRT set di tubuh.https://travel.kompas.com/read/2014/03/18/1803297/Goa.Jomblang.Mencari.Cahaya.di.Perut.Bumi.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id