sign up SIGN UP

LIFE

Mitos Membunyikan Klakson saat Melewati Lokasi Angker, Apa Sih Fungsinya?

Penny Fatikasari | Kamis, 30 Jan 2020 14:00 WIB
Mitos Membunyikan Klakson saat Melewati Lokasi Angker, Apa Sih Fungsinya?
caption
Tanpa disadari keberadaan manusia pun sering disandingkan dengan makhluk-makhluk lain tak kasat mata, bahkan terdapat lokasi tertentu yang dipercaya angker dan sering memunculkan hal mistis diluar nalar. Konon beredar mitos jika melewati lokasi yang dipercaya angker maka diwajibkan untuk membunyikan klakson, sebenarnya apa sih fungsinya?

Untuk Meminta Izin Kepada "Penghuni" Tempat Tersebut


Foto: Istimewa

Percaya tidak percaya, banyak yang mengatakan jika sedang berkendara di tempat yang rawan atau dikenal angker baik seperti tempat keramat, makam keramat, terowongan, tikungan tajam,  jembatan angker bahkan jalan tol yang dipercaya angker, maka pengemudi diwajibkan untuk membunyikan klakson sebagai bentuk untuk meminta izin kepada penghuni di tempat tersebut. Hal tersebut sebagai bentuk rasa penghormatan kita terhadap makhluk gaib tak kasat mata, dan seolah menjadi tanda permisi untuk melewati jalur tersebut.

 


Foto: Istimewa

Namun menurut pandangan masyarakat lainnya, hal tersebut dianggap mitos dan syirik, karena kita (manusia) meminta perlindungan dan menghormati bangsa jin. Karena tidak ada yang membenarkan dan menjamin akan keselamatan perjalanan berkendara kita akan diselamatkan oleh bangsa jin dan kita memohon perlindungan kepada mereka.

Karena pada dasarnya kita tidak memiliki firasat buruk bahkan mengganggu keberadaan makhluk lain yang dikaitkan dengan menghidupkan klakson di lokasi angker. Sebaiknya kita memohon keselamatan hidup sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tetap berhati-hati dalam berkendara.
 


Menghormati Keberadaan Mereka


Foto: Istimewa

Mitos selanjutnya yang beredar dimasyarakat dengan membunyikan klakson di tempat atau lokasi angker adalah sebagai bentuk untuk menghormati keberadaan makhluk gaib tersebut. Pada dasarnya manusia dan makhluk lain hidup berdampingan dan mereka pun ada bersama kita, hanya saja wujudnya tak terlihat oleh sebagian orang. Namun, banyak yang percaya jika kita membunyikan klakson di lokasi yang dikenal angker maka kita terhindar dari kecelakaan, halusinasi bahkan mereka tak akan mengganggu atau menakut-nakuti kita dengan menampakkan wujud.
 


Foto: Istimewa

Hal itu bahkan sudah menjadi suatu kepercayaan bahkan suatu hal yang harus dilakukan oleh masyarakat setempat yang percaya akan mitos tersebut. Mereka percaya kerana dengan menghormati keberadaan makhluk lain dapat menghindarkan dirinya dari mara bahaya. Akan tetapi, sebaiknya kita tidak boleh mempercayai hal yang tabu sehingga kita melupakan Tuhan.
 


Terhindar dari Kecelakaan


Foto: Istimewa

Beberapa titik bahkan lokasi yang dipercaya angker, konon katanya dapat menyebabkan kecelakaan bahkan para makhluk gaib meminta tumbal setiap tahunnya bagi siapapun yang tidak membunyikan klakson. Ntah dari mana kpercayaan itu berasal, namun adapula masyarakat yang percaya jika lokasi yang dikenal angker harus menghidupkan klakson karena jika tidak maka dapat terjadi kecelakaan bahkan banyak menelan korban.

Namun, kembali lagi terhadap kepercayaan masing-masing, penyebab kecelakaan semestinya tak harus dikaitkan dengan hal-hal mistis, bisa saja hal itu terjadi karena keteledoran manusia, berkendara ugal-ugalan, teridentifikasi pada obat-obatan, pengemudi mengantuk, kerusakan pada alat kemudi dan lain sebagainya.
 
 
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id