sign up SIGN UP

LIFE

Mulai Tertarik Melakukan Yoga? Simak Dulu Tips Yoga Untuk Pemula Ini!

Susana Handoyo | Jumat, 09 Jun 2017 11:30 WIB
Mulai Tertarik Melakukan Yoga? Simak Dulu Tips Yoga Untuk Pemula Ini!
caption
Banyak orang melihat berbagai manfaat dari latihan yoga. Oleh sebab itu, ada banyak orang mulai bergabung untuk berlatih yoga. Kalau kamu mulai tertarik, good for you then. Sebagai pemula, ada beberapa tips dan prinsip mendasar yang harus kamu persiapkan. Sebelum berlatih atau mencari tempat latihan untuk yoga, lihat dulu tips yoga untuk pemula di sini ya!



Pilihlah Cabang Yoga

Seperti olahraga yang lain, yoga mempunyai beberapa cabang. Hatha Yoga, Karma Yoga, Juana Yoga dan Raja Yoga. Tiap cabang mempunyai karakteristik yang berbeda. Pilihlah gaya yang sesuai dengan tingkat kebugaran, kepribadian dan kondisi kesehatanmu. Hal ini dianjurkan karena tubuh seseorang mempunyai tingkat kemampuan yang berbeda dengan orang lain. Pemula pada olagraga ini harus mampu memahami keterbatasan diri. Karena prinsip dalam berlatih adalah meningkatkan kualitas latihan dari waktu ke waktu, bukan gaya atau pose yang sempurna.


Foto: https://id.aliexpress.com/price/studio-tree_price.html



Perhatikan Waktu Pelatihan

Waktu pelatihan yoga yang paling tepat adalah dalam keadaan perut kosong. Jika memungkinkan jangan makan apapun selama dua jam sebelum berlatih yoga. Mengapa demikian? Melakukan gerakan yoga sebagian besar terfokus dengan perut. Jika perut penuh, akan menimbulkan rasa sakit. Hasil yang didapatpun akhirmya menjadi tidak maksimal. Waktu terbaik untuk berlatih yoga adalah di pagi hari, karena pagi hari merupakan tubuh belum banyak bergerak. Jadi yoga dapat dilakukan dengan lebih bugar dan santai.


Foto: https://www.borukaro.com



Tempat Berlatih Yoga

Yoga terkenal dengan olahraga yang tenang dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar gerakan dapat terfokus dengan baik. Oleh sebab itu yoga harus dilakukan di tempat dengan ventilasi yang baik, terang dan bebas dari gangguan. Sekarang ini banyak kelas khusus untuk pemula yang menyediakan tempat yang tenang, agar pemula dapat membiasakan diri dengan gerakan - gerakan yang ada.


Foto: https://www.amazine.co



Durasi Waktu Yang Baik

Bagi seorang pemula yang belum terbiasa dengan gerakan - gerakan yoga, idealnya yoga harus dilakukan setiap hari. Dan mencakup setidaknya 15 menit latihan inti dan 15 menit latihan pernapasan dan meditasi. Jika sudah berjalan beberapa minggu, waktu latihan dapat ditambah seiring dengan perkembangan dan kemampuan tubuh. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak merasa dipaksa berlatih dengan keras.


Foto: https://blog.shareaholic.com/retail-sites-page-load-time/stopwatch/



Perlengkapan Yoga

Sebelum memulai kelas, lebih baik bertanya apakah perlengkapan yoga telah disediakan. Perlengkapan tersebut seperti tikar atau matras kecil. Jika tidak disediakan, maka perlengkapan ini memang harus dibawa sendiri. Gunakan matras khusus untuk yoga. Selain ukurannya tidak terlalu besar, matras ini dapat melekat pada lantai, sehingga kamu dapat melakukan gerakan dengan stabil tanpa khawatir matras akan bergeser. Risiko cedera pun dapat dikurangi. Kenakan pakaian yang nyaman seperti baju dan celana senam, serta sepatu olahraga yang pas. Jangan lupa membawa air minum agar kamu tidak dehidrasi selepas berlatih.


Foto: https://thesmartlocal.com



Harus Mengikuti Instruktur

Karena yoga sangat fokus pada gerakan, maka sangatlah penting untuk melakukannya dengan benar. Terlebih bagi kamu sebagai pemula. Sebaiknya pilih kelas pemula yang dipandu oleh instruktur berpengalaman. Seorang instruktur yang berpengalaman akan selalu mengkoreksi postur tubuh yang tidak tepat, sehingga kamu tidak melukai diri sendiri. Katakan juga jika kamu memiliki keterbatasan fisik, sehingga instruktur dapat memodifikasi gerakan tersebut. Dengan demikian, cedera pun dapat dihindari. Ini adalah salah satu tips yoga untuk pemula yang sangat penting.


Foto: https://tortueyoga.com



Fokus Pada Pernafasan

Fokus pada pengaturan nafas adalah hal mendasar dan wajib bagi seorang pemula. Tujuan fokus ini dapat membantu memberikan kesatuan tubuh dan pikiran. Mengolah nafas dengan baik akan membuat gerakan tubuh menjadi lebih seimbang. Selain itu, gerakan - gerakan yang sulit pun dapat dilakukan dengan baik. Oleh sebab itu, latihan pernafasan sangat penting.


Foto: https://www.ibu-hamil.web.id



Lakukan Gerakan yang Dinamis dan Statis

Dalam latihan yoga memang diperlukan gerakan dan pengaturan yang dinamis dan statis. Perpindahan postur harus dilakukan secara dinamis dengan berpegang pada pose yang statis. Gerakan dinamis akan membantu meningkatkan sirkulasi darah serta menyiapkan otot dan sendi untuk melakukan perenggangan yang semakin mendalam. Oleh sebab itu dalam sebuah latihan, umumnya membuat gerakan dinamis sekurangnya tiga kali sebelum melakukan pose yang statis.


Foto: https://www.amazine.co

Setelah membaca berbagai tips yoga untuk pemula, yuk ladies lebih bersemangat untuk berlatih yoga!


 


(ebn/ebn)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id