sign up SIGN UP

LIFE

Para Calon Ayah, Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum si Kecil Hadir di Kehidupanmu!

Rumaysha Milhania | Kamis, 23 Apr 2020 11:30 WIB
Para Calon Ayah, Ini Persiapan yang Harus Kamu Lakukan Sebelum si Kecil Hadir di Kehidupanmu!
caption
Tidak hanya para ibu, para calon ayah juga harus mempersiapkan diri menjelang kelahiran anak. Untuk itu, simak daftar persiapan yang harus dilakukan para calon ayah berikut ini!


Menjelang kelahiran buah hati, tidak hanya para calon ibu yang akan mengalami kegugupan. Namun, bagaimana dengan dengan para ayah? Hal ini sangat wajar sebab para calon ayah juga memiliki tantangannya tersendiri saat seorang anak hadir di tengah-tengah keluarga. Itulah sebabnya para ayah juga harus mempersiapkan dirinya, dari soal fisik, mental, hingga finansial. Nah, untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai persiapan yang harus disiapkan para calon ayah berikut ini!

1. Cari Informasi Tentang Kehamilan, Persalinan, dan Pemberian ASI

Meskipun kehamilan, persalinan, dan menyusui dilakukan oleh istri, para calon ayah juga tetap harus mengetahui dengan baik informasi-informasi penting seputar kehamilan, persalinan dan pemberian ASI. Ketahui hal-hal penting yang harus kamu lakukan selama masa kehamilan untuk membantu istrimu. Selain itu, agar persalinan berjalan lancar, pahami juga persiapan persalinan yang harus dilakukan. Tidak lupa untuk mengetahui cara memberikan ASI yang tepat untuk bayi khususnya saat istrimu tidak bisa melakukan direct-breastfeeding.


Foto: https://www.parentmap.com/


2. Jaga Tubuh Tetap Sehat

Menjalani masa-masa awal menjadi orangtua akan sangat berat. Percayalah, kamu akan membutuhkan kondisi fisik yang sehat dan kuat. Menjaga tubuh tetap sehat dan fit akan berpengaruh pada kondisi mental dan mood selama menjalami masa-masa kehamilan, menjelang persalinan, dan periode menyusui.
 



3. Komunikasi dengan Pasanganmu

Banyak calon orangtua yang lupa untuk membangun komunikasi yang lancar dengan pasangan. Sebagai seorang suami dan calon ayah, kamu harus sering-sering menanyakan kondisi istrimu selama masa kehamilan. Dengarkan keluhan-keluhan yang ia rasakan dan berikan dukungan yang cukup untuk membuatnya lebih bersemangat menjalani masa-masa sulit penuh perjuangan. Ingat, kehamilan hingga menyusui adalah periode yang dilalui oleh kedua pasangan, bukan hanya istri.
 



Foto: https://bostonreview.net/


4. Pelajari Informasi Seputar Parenting

Nah, kalau yang satu ini tentu juga tidak boleh kamu sepelekan. Parenting tidak hanya baru dilakukan setelah anak bisa diajak berkomunikasi. Pasalnya, kamu sudah bisa mulai menerapkan pendidikan pada anak sejak dalam kandungan. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mempelajari parenting sejak dini?
 



5. Siapkan Kebutuhan Finansial

Sebagai seorang ayah, kamu tentu juga perlu memikirkan matang-matang persiapan finansial atau keuangan untuk memenuhi kebutuhan si kecil. Hal ini mencakup biaya selama kehamilan, persalinan, menyusui, hingga biaya pendidikannya kelak. Akan lebih baik jika seorang calon ayah mempersiapkan tabungan khusus untuk anak sebelum si kecil lahir.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id