sign up SIGN UP

LIFE

Pemeriksaan Kesehatan Secara Medis yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an

Devi Nindy | Minggu, 29 Jan 2017 05:00 WIB
Pemeriksaan Kesehatan Secara Medis yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an
caption
Apakah kamu sedang atau akan memulai gaya hidup sehat? Keep it up! Hal tersebut memang baik untuk kamu lakukan. Namun akan lebih baik lagi jika kamu selalu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Terutama pemeriksaan kesehatan medis secara berkala, untuk mengetahui potensi penyakit yang mungkin belum kamu ketahui, maupun belum dapat kamu rasakan. Di usia 20-an yang notabene sedang aktif-aktifnya, tak ada salahnya kamu mulai melakukan tes kesehatan medis seperti berikut ini.


 


Foto: https://www.livestrong.com/article/1011816-medical-tests-woman-needs-healthy-life/


 


1. Pemeriksaan Fisik Tahunan




 


Jika kamu sedang atau baru mulai ikutan asuransi kesehatan, manfaatkan fasilitas cover biaya check-up untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan secara berkala. Biasanya, pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan darah, kolestrol dan gula darah. Tetapi, ada juga yang meng-cover pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Nah, rekaman data kesehatan itulah yang akan menjadi data bagi perusaahan asuransi untuk menghitung biaya kesehatan yang kamu perlukan. Well, nggak ada salahnya memanfaatkan hal tersebut sebagai alasan untuk menjaga kesehatan, bukan?
 


4. STD/HIV Screen



 


Semua orang dewasa yang aktif secara seksual, khususnya  pada usia 20-an wajib melakukan tes tersebut untuk mengetahui potensi klamidia dan gonorea. Tak hanya itu, melalui pemeriksaan ini, kamu juga mendapatkan hasil pemeriksaan HIV yang termasuk di dalam tes ini. Hal tersebut akan sangat menguntungkan buatmu untuk mengetahui kondisi kesehatan baik tubuh dan seksual sejak usia aktif secara seksual.
 


5. Pemeriksaan Payudara



Pemeriksaan payudara tak hanya bisa kamu lakukan secara rutin sebulan sekali di rumah.  Pemeriksaan secara medis juga sangat direkomendasikan untuk dilakukan di usia 20-an. Upaya ini ditujukan agar kamu dapat mengetahui potensi sel-sel kanker payudara dan dapat melihat kondisi payudara secara keseluruhan. Selain itu, saat melakukan pemeriksaan payudara secara medis, dokter juga akan memberikan pemeriksaan ob/gyn guna melengkapi rekaman data kesehatan yang berkaitan dengan kesehatan payudaramu.
 


Foto: https://img.aws.livestrongcdn.com/ls-article-image-640/cme/photography.prod.demandstudios.com/db0c3c16-6d9b-44bd-b142-c7fefc9e7813.jpg
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id