sign up SIGN UP

LIFE

Penting! Kenali Penyebab Vagina Berbau Tak Sedap, Cepat Cek di Sini!

Susana Handoyo | Rabu, 23 Aug 2017 10:30 WIB
Penting! Kenali Penyebab Vagina Berbau Tak Sedap, Cepat Cek di Sini!
caption
Bau tak sedap yang berasal dari vagina tentu menimbulkan masalah tersendiri. Kebersihan menjaga vagina akan menentukan kesehatan vagina. Hal ini tentu berkaitan dengan kebiasaan buruk yang tak kamu sadari. Yuk, ucapkan say good bye pada vagina yang berbau tak sedap. Penting banget nih untuk mengetahui penyebab dari vagina yang berbau tak sedap, yuk cek di sini!

Tidak Mengeringkan Vagina dengan Maksimal


Vagina terletak di bagian tubuh yang selalu tertutup rapat oleh pakaian dalam. Vagina yang masih lembab inilah tempat berkumpulnya jamur dan bakteri disana. Inilah yang menyebabkan vagina berbau tak sedap. Oleh sebab itu sebaiknya biasakan ketika selesai mandi atau selesai membersihkan diri, keringkan secara maksimal vaginamu. Kamu dapat menggunakan handuk kecil, yang terpisah dengan handuk badan. Jangan menggosok terlalu keras agar vagina menjadi kering ya. Cukup kamu tepuk-tepuk secara perlahan saja.


Foto: https://beauty.grivy.com


 


Malas Mengganti Pembalut


Mentruasi memang terkadang menjengkelkan, baik dari segi emosi maupun kebiasaan mengganti pembalut, dimana kamu harus sering bolak balik ke kamar mandi. Tahukah kamu jika kamu malas mengganti pembalut, ternyata menyebabkan masalah tersendiri pada vagina lho, ladies.

Darah yang keluar saat haid akan terkontaminasi dengan organisme bawaan dari tubuh. Terlebih darah ini berbau anyir dan tak sedap. Bisa terbayang bagaimana kondisi vaginamu kan? Gantilah pembalut setiap empat sampai enam jam sekali, tergantung volume darah yang keluar. Lebih baik repot sedikit, namun semua ini demi kesehatan vagina.

Jika kamu sudah memasuki hari-hari terakhir dimana darah tidak banyak keluar sekalipun, kamu wajib mengganti pembalut. Hal ini disebabkan karena darah akan bercampur dengan keringat dimana terdapat banyak kuman dan bakteri disana. Kebersihan vagina akan menentukan kesehatan vagina lho, ladies.


Foto: https://makassar.tribunnews.com


 


Menggunakan Pakaian yang Ketat


Beberapa wanita beranggapan bahwa pakaian yang ketat nampak sexy dan tampil lebih percaya diri. Namun perlu diketahui bahwa pakaian yang ketat, baik celana dalam maupun celana panjang akan menyebabkan gerakan semakin terbatas. Gerakan yang tak leluasa ini tentunya akan menghambat vaginamu untuk "bernafas" dengan baik karena vagina terlalu lembab dan berkeringat. Belum lagi masalah iritasi pada vagina sebagai salah satu resiko yang diturunkan dari pemakaian pakaian yang ketat.


Foto: https://www.tabloidku.id


 


Memakai Bahan yang Salah


Karena letak vagina tersembunyi dan selalu tertutup rapat, bukan berarti kamu tak memperhatikan kesehatan vagina ya, ladies. Sekarang ini di pasaran banyak dijual aneka pakaian dalam dengan model dan bahan yang terlihat bagus. Bahan yang terbuat dari polyester, sutera, lycra dan renda-renda memang terlihat lucu dan unik. Namun ternyata semua bahan ini tidak menyerap keringat dengan baik. Paling aman adalah pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyerap keringat dengan baik, dengan demikian vaginamu akan terawat dengan baik dan tidak berbau.


Foto: https://4.bp.blogspot.com


 


Mengonsumsi Makanan Tertentu


Ada beberapa makanan yang dapat memicu vagina menjadi berbau tak sedap. Makanan tersebut antara lain terdapat pada:

        
  • Bawang putih
  •     
  • Daging merah
  •     
  • Brokoli
  •     
  • Rempah-rempah yang berlebih
  •     
  • Pete dan jengkol
  •     
  • Asparagus
Biasanya bau tak sedap ini tidak segera muncul, namun membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari setelah kamu mengkonsumsi makanan tersebut diatas.
Foto: https://www.dokter.id


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id