sign up SIGN UP

Perhatikan Kesehatanmu, Yuk Ketahui Berapa Tekanan Darah Normal Manusia

Desya Nur Fitriyani | Senin, 25 Nov 2019 05:15 WIB
Perhatikan Kesehatanmu, Yuk Ketahui Berapa Tekanan Darah Normal Manusia
caption
Ketika kamu berkunjung ke dokter untuk memeriksakan kesehatan dirimu, enggak jarang doktermu memeriksa tekanan darah ya, Beautynesian. Memangnya kenapa sih kita harus mengetahui tekanan darah kita? Ternyata mengetahui tekanan darah sama dengan bisa mengetahui kondisi jantung, lho!

Kali ini, Beautynesia akan membahas berapa tekanan darah normal yang ada pada manusia nih, Beautynesian. Tekanan darah seseorang bisa dikatakan normal apabila tekanannya pada angka yang tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah. 

Tekanan darah sendiri adalah suatu ukuran untuk menentukan seberapa kuat organ jantung untuk memompa darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh. Tekanan darah atau yang disebut dengan tensi normal terjadi saat tubuh dalam keadaan yang sehat dan bugar.



 


1. Tekanan Darah Normal Pada Orang Dewasa


Secara garis besar, tekanan darah pada tubuh seseorang dapat berubah setiap harinya. Tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya tekanan darah seseorang. Untuk tekanan darah sendiri akan menunjukan angka stabil saat seseorang memasuki usia remaja hingga dewasa. Dimana di usia ini manusia akan memiliki tekanan darah atau tensi normal di angka 120/80 mmHg.

Angka 120 adalah angka untuk menunjukkan tingkat tekanan organ jantung saat memompa darah. Angka ini disebut sebagai angka sistolik yang akan menunjukkan seberapa kuat jantung Anda untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, angka 80 adalah angka yang menunjukkan di mana organ jantung dalam keadaan istirahat sejenak dalam proses memompa darah. Angka ini juga disebut sebagai angka diastolik.
 


Foto: Istimewa


 


2. Tekanan Darah Normal Pada Anak-Anak


Berbeda dengan orang dewasa dimana tekanan darah sudah berada di angka yang relatif stabil. Untuk usia balita dan anak-anak, tekanan darah atau tensi normalnya sedikit sulit untuk diketahui. Dimana hal ini dikarenakan balita dan anak-anak memiliki fase pertumbuhan yang tergolong lebih cepat dibandingkan orang dewasa ya, Beautynesian.

Misalnya saja untuk bayi yang baru lahir, umumnya akan memiliki tekanan darah atau tensi normal sebesar 90/80 mmHg. Tekanan ini akan berubah saat mereka memasuki usia 3 - 12 tahun, dimana angkanya akan berubah ke 104/113 mmHg hingga 119/127 mmHg.


Foto: Istimewa


 


3. Tekanan Darah Normal Pada Ibu Hamil


Berbeda dengan orang normal, tekanan darah pada ibu hamil juga menunjukkan angka yang cukup drastis untuk kenaikan atau penurunannya lho, Beautynesian. Namun secara normal, tekanan pada ibu hamil berada di angka 120/80 mmHg. Dimana angka ini sama ya dengan tekanan darah orang dewasa. Namun untuk pengecualian, biasanya saat wanita sedang dalam kondisi hamil, mereka akan memiliki tekanan yang bisa berubah kapan saja. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor hormon yang sedang meningkat.


Foto: Istimewa


 


Apabila kamu menemukan bahwa tekanan darahmu kurang ataupun lebih dari angka-angka yang disebutkan di atas, kamu bisa langsung menanyakannya pada doktermu ya! 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id