sign up SIGN UP

LIFE

Pernah Diselingkuhin? Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Trauma Berkepanjangan

Astari Larasati | Jumat, 04 Oct 2019 13:45 WIB
Pernah Diselingkuhin? Lakukan Hal Ini Agar Terhindar dari Trauma Berkepanjangan
caption
Ladies, pengalaman perselingkuhan memang enggak bisa dilupakan dengan mudah. Apalagi kalau kamu menjadi pihak yang diselingkuhin sama mantanmu itu. Trauma akan membengkas di diri kamu. Gimana ya cara menghilangkannya?

Memiliki hubungan dengan seseorang memang enggak selalu mulus, ada pasang surut bahkan hal yang paling buruk. Salah satunya perselingkuhan, diawali dengan komitmen berupa kesetiaan, kebersamaan dan saling menerima satu sama lain. Bisa berubah jika salah satu pihak tidak mampu menepati komitmennya.


Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perselingkuhan, seperti kurangnya sikap kedewasaan yang dimiliki, tidak menjaga rasa kepercayaan masing-masing atau mungkin mendapat perlakuan yang kurang mengenakan dari salah pihak. Pasca perselingkuhan kamu wajar jika melalui masa kelam, tapi jangan sampai berlarut-larut, Beautynesian! Rasa trauma dalam dirimu juga harus diatasi, nah bagaimana ya menghilangkan trauma kamu itu?


1. Menghindari Kenangan Kamu dengan Dia


Foto: Istimewa

Pertama, kamu harus menghindari hal-hal yang ada sangkutannya dengan mantan kamu. Mulai dari tempat kencan kalian dulu sampai ke barang yang pernah diberi olehnya. Sebaiknya kamu mencari tempat baru yang bisa membangun suasana hatimu, menyingkirkan barang yang diberi oleh dia, dan jangan pikirkan mantan dahulu hingga perasaanmu lebih netral. Setelah itu, up to you Ladies, apa kamu masih ingin menjalin silaturahmi atau tidak ingin bertemu dia lagi.
 


2. Membangun Rasa Percaya Diri dan Perasaan Berharga


Foto: Istimewa

Hal ini sangat penting lho, karena seringkali pihak yang terluka merasa bahwa dirinya memiliki fisik maupun hati tidak lebih baik  dari orang baru tersebut. Jangan sampai kamu terlintas untuk berpikir seperti itu, setiap orang mempunyai kelebihan dan kebaikan yang dimilikinya.

Wajib untuk disadari bahwa tidak akan ada yang membantu sepenuhnya dalam kondisi rapuh. Siapa lagi yang menghargai dirimu, selain kamu sendiri. Kamu harus percaya dengan itu, dirimu berharga. Tanamkan dan ciptakan mindset mu sendiri.
 


3. Sharing Kepada Orang Terpercaya


Foto: Istimewa

Kamu boleh banget untuk bercerita kepada orang terdekat yang dipercaya. Agar perasaanmu bisa sedikit menjadi lega dan berbagi rasa sakit yang kamu derita. Kamu tidak perlu menceritakan secara detail agar privacy tetap terjaga, hanya garis besar agar orang tersebut mengerti posisimu.

Jika kamu memang tidak mampu untuk bercerita, kamu boleh menyalurkannya melalui tulisan yang bisa dijadikan pelepas beban. Terakhir kamu dapat meminta saran kepada orang yang menyayangimu, seperti orangtua, saudara, atau teman dekat.
 


4. Memperluas Pergaulan Sebelumnya


Foto: Istimewa

Tidak baik kalau kamu terus menutup diri dan menganggap semua laki-laki itu sama. Tiap orang memiliki kebaikan yang akan dibalas dengan kebaikan pula. Maka dari itu, kamu perlu untuk memperluas pergaulan dengan mendekat kepada perkumpulan yang baik. Hal ini bertujuan agar kamu mendapat ketenangan dan kebaikan yang sama. Kamu tidak perlu untuk bercerita penderitaan yang telah kamu derita.
 


5. Memperbaiki Diri


Foto: Istimewa

Pikirkan mengenai diri sendiri terlebih dahulu, tetapkan tujuan hidup dan memperbanyak prestasi. Banyak hal yang yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu, kamu dapat mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Sehingga kamu bisa membuktikan kualitas diri kepada mantan kamu yang telah merusak rasa saling percaya. Prioritaskan masa depan yang ingin kamu capai dan dengan cara apa. Tetapkan tekad diri untuk menjadi orang berkelas, sukses, namun tetap rendah hati.
 


Dengan adanya perselingkuhan, kamu juga perlu untuk bersyukur. Karena membuktikan bahwa orang tersebut bukan orang yang baik dan tidak cocok dengan kamu. Biarkan dia pergi, buktikan bahwa dia tidak berpengaruh untuk kamu dan dapat sukses tanpanya.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id