sign up SIGN UP

LIFE

Psst! 5 Perubahan Ini Bisa jadi Tanda Datangnya Masa Subur Lho!

Dyah Narwastu | Kamis, 27 Jul 2017 11:30 WIB
Psst! 5 Perubahan Ini Bisa jadi Tanda Datangnya Masa Subur Lho!
caption
Untuk pasangan yang berencana mempunyai momongan, mengetahui masa subur adalah hal yang penting. Masa subur umumnya terjadi 14 hari setelah haid hari pertama. Tapi hitungan ini mungkin berbeda pada tiap wanita, mengingat siklus haid yang beragam. Sebenarnya, ada beberapa perubahan pada tubuh yang bisa menjadi tanda kamu sedang mengalami masa subur. Apa saja ya? Simak ulasannya yuk!


 


Suhu Tubuh Meningkat


Saat mengalami masa subur, suhu tubuh wanita biasanya meningkat antara 1 sampai 2 derajat celcius. Peningkatan suhu ini terjadi karena tubuh sedang memproduksi hormon progesteron yang berfungsi menyiapkan jaringan dalam rahim. Kalau umumnya suhu tubuh normal manusia adalah 37 derajat celcius, maka pada masa subur angka ini akan berubah menjadi 38-39 derajat celcius. Meskipun begitu, peningkatan suhu yang tidak terlalu signifikan biasanya membuat banyak wanita tidak menyadarinya perubahan ini.


Foto: https://www.prevention.com


 


Meningkatnya Produksi Lendir Vagina


Vagina normalnya memang selalu memproduksi lendir untuk menjaga agar tingkat keasaman tetap stabil. Tapi setiap wanita pasti akan mengalami peningkatan produksi lendir pada masa subur. Lendir yang diproduksi pada masa subur berbeda dengan keputihan. Pada masa subur, lendir yang diproduksi oleh vagina punya tekstur lengket dan transparan yang mirip dengan putih telur.


Foto: https://acemaxscair.com


 


Muncul Bercak


Selain produksi lendir vagina yang meningkat, masa subur juga sering ditandai dengan munculnya bercak di celana dalam. Munculnya sedikit bercak darah pada masa subur adalah hal yang wajar. Hal ini terjadi karena proses lepasnya telur dari ovarium seringkali mendorong darah keluar dari rahim.


Foto: https://akuinginhamil.com


 


Nyeri Pada Perut


Nyeri pada perut biasanya kamu alami ketika menstruasi. Ternyata, rasa nyeri ini bisa muncul ketika kamu sedang mengalami masa subur lho. Lamanya nyeri pada perut saat masa subur bervariasi pada tiap wanita. Beberapa wanita hanya merasakan nyeri ringan selama beberapa jam, tapi ada juga yang merasakan nyeri hebat selama beberapa hari.


Foto: https://vitalrecord.tamhsc.edu


 


Gairah Seks Meningkat


Pada masa subur, gairah seks seorang wanita biasanya akan meningkat. Kalau kamu dan pasanganmu sedang berencana untuk mempunyai anak, maka masa subur adalah saat yang tepat untuk melakukan hubungan intim. Meningkatnya gairah seks saat masa subur adalah sinyal alami tubuh yang menunjukkan jika seorang wanita sedang siap untuk bereproduksi.


Foto: https://www.thebump.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id