sign up SIGN UP

LIFE

Psst..! Ternyata Ini Penyebab Biang Keringat Pada Orang Dewasa

Serlina | Sabtu, 08 Jul 2017 09:30 WIB
Psst..! Ternyata Ini Penyebab Biang Keringat Pada Orang Dewasa
caption
Biang keringat atau miliaria merupakan kondisi kulit seseorang yang memiliki bintik-bintik kecil berwarna merah dan menonjol dan biasanya terasa gatal bahkan perih. Kondisi ini biasanya paling banyak muncul di area leher, pundak, dan dada. FYI, biang keringat tidak hanya dapat dialami oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa, lho ladies. Nah, buat kamu yang penasaran mengenai penyebab kondisi ini, inilah faktor yang menyebabkan biang keringat orang dewasa!


Pada dasarnya, biang keringat dapat terjadi karena kelenjar keringat pada kulit yang tersumbat atau terhambat. Hal ini menyebabkan produksi keringat dalam tubuh menjadi terjebak di dalam kulit dan tidak bisa keluar seperti biasanya. Keringat yang terjebak di dalam kulit inilah yang menyebabkan kulit kamu menjadi iritasi dan menimbulkan biang keringat.

Perlu Beautynesian ketahui bahwa terhambatnya fungsi kelenjar keringat dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
 


Foto: https://www.webmd.boots.com/skin-problems-and-treatments/guide/prickly-heat-rash



Cuaca yang Panas
Cuaca yang panas ditambah dengan udara yang lembab merupakan faktor utama yang menimbulkan biang keringat. Ketika berada pada cuaca seperti ini, tubuh Beautynesian akan mengeluarkan keringat yang jauh lebih banyak dari biasanya untuk mendinginkan suhu kulit kamu. Produksi keringat yang diatas normal ini akan membuat kelenjar keringatmu kewalahan sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal dan tersumbat. Nah, keringat yang terjebak, baik di lapisan kulit terdalam atau lapisan kulit diatasnya. Inilah yang menyebabkan kamu mengidap biang keringat, ladies.
 


Foto: https://www.smh.com.au/lifestyle/diet-and-fitness/no-sweat-cool-tips-for-hot-weather-workouts-20151106-gksqk5.html



Aktivitas Fisik Tertentu
Aktivitas fisik tertentu, seperti berolahraga keras, berada di ruang sauna, berjemur, berdiri di dekat api unggun, barbeque party, ataupun aktivitas lain yang membuat kulitmu berkeringat diatas normal sehingga membuatnya terjebak di bawah lapisan kulitmu, juga dapat menyebakan biang keringat, ladies.
 


Foto: https://ellashablan.com/toallitas-autobronceadoras/



Ketidakmampuan Untuk Bergerak
Ketika kamu tidak mampu bergerak atau tidak diizinkan untuk bergerak karena sakit tertentu, sehingga mengharuskanmu untuk bed rest total di waktu yang cukup lama, kamu berpotensi untuk berkeringat lebih banyak. Apalagi jika ruangan yang ditempati atau ranjang yang kamu tiduri memiliki suhu yang hangat, ladies.

Di sisi lain, jika kamu bed rest total di dalam ruangan bersuhu dingin yang tidak membuatmu sama sekali berkeringat, kamu berpotensi mengalami biang keringat ketika kembali ke rumah kamu atau beraktivitas normal di lokasi yang suhunya lebih tinggi. Why? Karena perbedaan suhu ruangan atau temperature udara yang terjadi akan membuat tubuhmu memproduksi keringat berlebih yang sebelumnya tidak dilakukan ketika kamu sakit.
 


Foto: https://www.womenshealthmag.com/health/melatonin-pills



Pakaian yang Tidak Tepat
Mengenakan pakaian dengan bahan yang tidak tepat, berlapis, atau terlalu tebal, dapat membuat kulit tubuhmu sangat kepanasan. Kondisi ini akan meningkatkan produksi keringatmu yang berpotensi terjebak di dalam kulit, ladies.
 


Foto: https://www.tiimfocus.com/how-to-wear-a-floral-summer-dress-in-winter-dresses_en


Obesitas
Last but not least, obesitas juga bisa menjadi penyebab biang keringat orang dewasa, lho. Mengingat orang yang obesitas akan sangat mudah memproduksi keringat yang berlebih, ladies.
 


Foto: https://24-ore.com/?p=85004
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id