sign up SIGN UP

LIFE

Sebelum Terlambat! Yuk, Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Cara Ini

Vera Sari | Selasa, 11 Jul 2017 07:00 WIB
Sebelum Terlambat! Yuk, Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Cara Ini
caption
Selain kanker serviks, kanker payudara adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai oleh para wanita. Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab wanita menderita penyakit mematikan tersebut. Sebelum terlambat, yuk SADARI (Periksa Payudara Sendiri).


Kanker payudara merupakan penyakit mematikan nomor dua yang banyak menimpa para wanita selain kanker serviks. Awal mulanya tumbuh sel kanker pada jaringan payudara yang kemudian akan menyebar ke bagian sekitar payudara bahkan beberapa organ tubuh lainnya yang akhirnya akan menimbulkan terjadinya komplikasi yang berujung pada kematian.
 
Namun, nyatanya kanker payudara tidak hanya menyerang kaum wanita saja loh, laki-laki pun bisa mengalaminya juga karena laki-laki tetap memiliki payudara. Sayangnya, walaupun penyakit ini sangat membahayakan masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui informasi dan peka terhadap kanker payudara sehingga kebanyakan dari mereka baru mengetahui menderita penyakit tersebut setelah cukup parah atau sudah memasuki stadium akhir.


Foto: https://internist.blog/2016/12/26/deteksi-dini-kanker-payudara-dengan-sadari/


 


Karena itu pentingnya kamu mengetahui bagaimana cara mendeteksi dini kanker payudara dengan mudah agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut. Nah, ini dia cara deteksi dini kanker payudara atau SADARI:

1. Cara Pertama
Perhatikanlah secara telita payudaramu tanpa berpakaian di depan cermin. Lalu, ke bawahkan kedua lengan kamu dengan lurus. Setelah itu, mulailah mengamati dengan teliti apakah ada benjolan atau perubahan pada bentuk payudara kamu. Kemudian, angkat kedua lenganmu dengan lurus ke atas dan ulangi pemeriksaan tersebut hingga kamu yakin tidak ada benjolan atau perubahan apapun pada payudaramu.
Foto: https://linisehat.com/yuk-sadari-kanker-payudara-sejak-dini/


 


2. Cara Kedua
Jika kamu masih belum yakin dengan cara di atas, kamu bisa melakukan cara pemeriksaan lainnya yaitu dengan meletakkan kedua siku mengarah ke samping, setelah itu tekan telapak tanganmu pada payudara dengan kuat. Pasalnya, cara tersebut mampu menegangkan otot-otot pada dada kamu sehingga akan menimbulkan cekungan dan benjolan pun akan terlihat. Jika terlihat ada benjolan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter sebelum terlambat.
Foto: https://www.hopechest.com/


 


3. Cara Ketiga
Cara ketiga untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan menekan puting payudaramu secara perlahan-lahan, lalu kamu perhatikan ada atau tidak cairantidak normal yang keluar.
Foto: https://mawdoo3.com/


 


4. Cara Keempat
Kamu bisa berbaring dengan posisi tangan kanan berada di bawah kepada kemudian letakkan bantal kecil di bawah punggung kananmu. Mulailah meraba seluruh permukaan payudara kananmu dengan menggunakan tangan kiri hingga ketiak dan perhatikan dengan seksama apakah ada benjolan di payudaramu. Lakukanlah hal yang sama untuk payudara sebelah kirimu.
Foto: https://indianexpress.com/about/breast-cancer/


 


5. Cara Kelima
Cara yang ini terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu meraba payudaramu dengan tiga ujung jari tengah secara rapat. Lakukan gerakan memutar dengan mengikuti arah jarum jam dengan lembut namun tetap berikan tekanan agar terasa apakah ada benjolan atau tidak.
Foto: https://www.semprefamilia.com.br/elas-venceram-o-cancer-de-mama/


Gimana beautynesian? Itulah cara sederhana mendeteksi dini kanker payudara yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Jangan lupa untuk melakukan cara tersebut sesudah haid setiap bulan. Semoga bermanfaat ya!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id