sign up SIGN UP

LIFE

Sedang Alami Bullying di Sekolah? Atasi dengan Cara Berikut Ini

Astari Larasati | Jumat, 13 Mar 2020 07:00 WIB
Sedang Alami Bullying di Sekolah? Atasi dengan Cara Berikut Ini
caption
Saat dalam lingkungan sekolah, kamu akan menghadapi tipe teman yang berbeda. Ada yang enggak sadar jika dirinya telah menjadi bahan bully oleh teman sekitarnya. Lalu bagaimana ya cara menghadapi hal tersebut?

Bullying dapat diartikan seorang yang terbiasa berusaha untuk menyakiti atau mengintimidasi orang lain yang mereka anggap lebih lemah. Hal ini bisa beragam bentuk, ada yang secara emosional bahkan fisik.
 


Tentunya perbuatan ini adalah perbuatan yang enggak baik, namun mirisnya ada beberapa orang yang memaklumi hal ini terjadi karena sudah biasa atau sebagai bahan candaan. Oleh karena itu, Beautynesia akan memberi informasi cara menghadapi bully.
 


Jangan salahkan diri sendiri


Foto: Istimewa

Mengalami bullying dimana pun adalah bukan kesalahanmu, maka enggak sebaiknya kamu menyalahkan diri sendiri. Jika mereka benar temanmu, maka mereka menerima seberapa kurangnya kamu. Bukannya membully dengan memojokkan kamu. Jangan biarkan orang lain menghancurkan harga diri dan kepercayaan diri.
 



Buktikan kamu lebih baik


Foto: Istimewa

Perbuatan buruk yang mereka lakukan, janganlah balas dengan perbuatan yang sama. Kalau kamu membalasanya, maka kamu enggak ada bedanya dengan mereka. Buktikan saja diri kamu jauh lebih baik dari mereka, apalagi setiap manusia memiliki kelebihan masing-masing. Dengan kelebihan akan membuktikan kamu lebih baik dari mereka.
 


Jangan marah di depan pelaku


Foto: Istimewa

Setiap pembully pasti mempunyai alasan masing-masing di setiap perilakunya. Salah satunya mereka iri karena kebaikanmu dan ingin melihat reaksi apa yang akan kamu berikan. Jika kamu membalasnya dengan kemarahan maka orang tersebut akan senang. Bahkan mereka akan makin sering untuk memojokkan kamu.
 


Ceritakan pada orang terpercaya


Foto: Istimewa

Untuk melampiaskan perasaan yang kamu rasakan, sebaiknya kamu bercerita pada orang yang kamu percayai. Misalnya orangtua atau teman dekat, ceritakan lah hal tersebut. Namun bukan berarti kamu menjelek-jelekkan mereka agar mendapat dukungan ya. Mintalah solusi yang tepat bagaimana bisa kamu menghadapi kasus bully.
 


Enggak menerima mediasi


Foto: Istimewa

Jika pembully ketahuan aksinya, terkadang kasus pembullyan akan diselesaikan dengan mediasi. Sebenarnya solusi ini bukanlah hal yang efektif apalagi jika kasusnya parah. Pelaku enggak akan merasa bersalah bahkan adanya makin membully kamu. Maka dari itu, berikanlah sanksi agar menimbulkan efek jera.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id