sign up SIGN UP

LIFE

Sering Kebangun Karena Takut Ketinggalan Sahur? Inilah Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Nyenyak

Intan Dwi | Rabu, 06 May 2020 12:00 WIB
Sering Kebangun Karena Takut Ketinggalan Sahur? Inilah Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Nyenyak
caption
Bulan puasa memang momen yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir seluruh umat muslim di dunia. Karena momen berbuka puasa dan sahur bersama keluarga di rumah adalah yang paling dinantikan.

Tetapi ada sebagian orang yang tidurnya jadi tidak nyenyak bahkan harus begadang untuk sahur karena mereka takut ketinggalan sahur. Padahal tidur yang nyenyak sama pentingnya dengan olahraga teratur dan diet sehat. Kurang tidur memiliki efek negatif langsung pada hormon, kinerja olahraga, dan fungsi otak. Makanya kamu tetap harus tidur yang nyenyak! Kali ini Beautynesia mau kasih tips untuk kamu yang ingin tidur nyenyak dan bisa bangun untuk sahur. Ada apa aja sih tipsnya?



 


Kurangi Waktu Tidur Siang


Foto: Istimewa

'Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah', hadists itu memang benar adanya tetapi bukan berarti kamu bisa tidur lama seenaknya ya ladies! Tidur dengan waktu yang lama atau tidak teratur di siang hari itu bisa memberikan efek negatif saat tidur di malam harinya. Tidur di siang hari dapat membingungkan jam internal kamu, artinya itu bisa membuat kamu kesulitan untuk tidur di malam hari. Tidur siang terlalu lama juga bisa membahayakan kesehatan dan kualitas tidur kamu. Maka dari itu perbaiki waktu tidur siang kamu agar saat malam hari kamu memiliki kualitas tidur yang baik.
 



Tidur dan Bangun Pada Waktu yang Konsisten


Foto: Istimewa

Kamu bisa coba untuk mengatur waktu tidur dan bangun tidur yang konsisten, karena itu dapat membantu kualitas tidur kamu di malam hari. Menurut sebuah studi, dengan pola tidur dan bangun tidur yang tidak teratur itu akan memiliki tidur malam yang buruk. Selain itu juga dapat mengubah ritme sirkadian kamu dan kadar melatonin, yang memberi sinyal otak kamu untuk tidur. Saat ini kamu harus membiasakan pola tidur dan bangun tidur yang konsisten, nantinya kamu akan terbiasa membuat tidur kamu semakin nyenyak.
 


Atur Suhu Kamar Tidur


Foto: Istimewa

Suhu tubuh dan kamar tidur juga mempengaruhi kualitas tidur malam kamu. Jika keadaan suhu kamar kamu panas atau cuaca sedang panas, itu bisa jadi satu hal yang membuat sulit untuk tidur karena terlalu hangat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa peningkatan suhu tubuh dan kamar tidur dapat menurunkan kualitas tidur dan meningkatkan terjaga. Jadi atur suhu kamar tidur kamu sekitar 20°C, karena itu merupakan suhu yang nyaman bagi kebanyakan orang untuk tidur.
 


Jangan Terlalu Banyak Makan di Malam


Foto: Istimewa

Meskipun sedang berpuasa dari pagi hari hingga waktu maghrib, bukan berarti kamu bisa banyak makan saat malam harinya. Karena jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi banyak makanan itu akan memengaruhi kualitas tidur dan pelepasan HGH dan melatonin secara negatif.

Kualitas makanan atau camilan yang kamu konsumsi juga bisa memainkan peran yang membuat kualitas tidur buruk. Ada sebuah penelitian mengungkapkan, makanan tinggi karbohidrat yang dimakan 4 jam sebelum tidur membantu orang lebih cepat tertidur. Tapi buat kamu yang sedang menjalani program diet rendah karbohidrat ternyata itu bisa meningkatkan kualitas tidur, menunjukkan bahwa karbohidrat tidak selalu diperlukan.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id