sign up SIGN UP

LIFE

Simak 4 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

Agatha Kharisma | Senin, 05 Jun 2017 06:00 WIB
Simak 4 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami
caption
Selain kehamilan, terlambat datang bulan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelelahan, stres, atau kondisi badan yang kurang fit. Apapun alasannya, terlambat datang bulan cenderung membuat para perempuan kuatir dan bertanya-tanya. Ada empat cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi terlambat datang bulan secara alami.

Teh Herbal


Teh herbal yang terbuat dari rempah-rempah golongan emmenagogues akan menstimulasi aliran darah di bagian pelvis dan uterus, sehingga mempercepat datang bulan. Untuk mempercepat secara aman, coba emmenagogues ringan seperti parsley, jahe, yarrow, rosemary dan sage. Dosis aman yang direkomendasikan adalah sekitar dua hingga empat gelas teh herbal dalam satu hari. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi.


Foto: https://visihow.com/Use_Red_Raspberry_Leaf_Tea_to_Regulate_Your_Menstrual_Cycle


 


Kurangi Stres


Karena stres adalah salah satu faktor utama penyebab terlambat datang bulan, solusi yang perlu dipertimbangkan adalah dengan mengurangi tingkat stres. Coba kurangi beban pekerjaan, terutama di malam hari agar tubuhmu dapat beristirahat. Gunakan kesempatan ini untuk relaksasi dengan cara mandi berendam, aromaterapi, atau melakukan hobi dan kegiatan yang mengurangi beban pikiran.


Foto: https://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2013/12/23/holiday-stress-relief.aspx


 


Olahraga


Menurut ahli kebugaran dari LiveStrong, olahraga intensitas tinggi mendorong produksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan menurunkan tingkat estrogen. Kedua hal ini dapat memperbaiki siklus menstruasi yang terlambat.

Namun hindari olahraga secara berlebihan, Beautynesian. Olahraga yang terlalu berat dapat membuat tubuhmu merasa stres, dan akibatnya turut membuat terlambat datang bulan.


Foto: https://www.livestrong.com/article/339959-weight-loss-a-late-period/


 


Jus Buah Segar


Mengkonsumsi jus jeruk segar dan jus pepaya segar dapat mempercepat datangnya haid, karena buah-buahan tropis ini dikenal sebagai "heat inducing fruits" yang meningkatkan temperatur tubuh dan mendorong haid. Vitamin C yang terkandung dalam buah turut berperan mempercepat datangnya haid.


Foto: https://www.indiatimes.com/health/healthyliving/missed-menstruation-can-papaya-really-induce-a-period-240863.html


 


Yup, sekian cara mengatasi telat datang bulan secara alami yang bisa kamu terapkan ya, Beautynesian.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id