sign up SIGN UP

LIFE

Supaya Bersedekah Tepat Sasaran, Coba Lakukan dengan Tips Ini

Penny Fatikasari | Sabtu, 09 May 2020 21:00 WIB
Supaya Bersedekah Tepat Sasaran, Coba Lakukan dengan Tips Ini
caption
Di bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah ini, banyak orang berlomba-lomba untuk mencari pahala sekaligus berbuat kebaikan, salah satunya dengan cara bersedekah. Supaya bersedekah tepat sasaran untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan, coba lakukan dengan tips ini.

Perhatikan Visi dan Misi Lembaga dengan Jelas


Foto: https://www.rawpixel.com/

Akan ada banyak sekali lembaga-lembaga yang menerima bantuan donasi khususnya di Indonesia. Supaya enggak salah sasaran, lebih baik kamu pahami dan perhatikan dengan jelas visi dan misi suatu lembaga untuk menyalurkan bantuanmu tersebut. Kamu juga bisa mengetahui informasi tersebut melalui website atau situs resmi lembaga lengkap dengan visi dan misi nya.

Selain itu, kamu juga dapat memperoleh informasi lainnya melalui official account sosial media lembaga tersebut. Biasanya lembaga penerima bantuan donasi tersebut akan selalu memposting kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan bahkan bantuan-bantuan yang telah mereka terima. Dengan begitu, kamu pun enggak akan salah sasaran.
 


Cek Kredibilitas Lembaga


Foto: https://www.rawpixel.com/

Bersedekah tentunya dapat dilakukan dengan niat yang tulus serta hati yang ikhlas. Semua itu dilakukan karena kewajiban kita sebagai umat manusia untuk saling membagi rezeki yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan. Bersedekah juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Namun sebagian orang tentunya akan berupaya untuk memberikan bantuan terbaik agar tujuannya jelas dan tepat sasaran.

Nggak jarang akan ada seseorang yang sangat aware jika bantuan yang disalurkan tidak sesuai dengan sasaran tersebut. Oleh karenanya, kamu juga bisa mengecek kredibilitas lembaga penyalur donasi tersebut apakah sudah mendapatkan legalitas dari pemerintah ataupun sudah kredibel. Dengan demikian bantuan-bantuan yang diberikan pun akan terjamin keamanannya dan tepat sasaran.
 


Mengetahui Progress Penyaluran Donasi


Foto: https://ummahcharityinternational.org/

Setelah bantuan dan donasi disalurkan kepada lembaga yang berkompeten di bidangnya, kamu sebagai donatur pun juga berhak mengetahui bagaimana kelanjutan donasi tersebut. Apakah sudah sampai kepada penerima ataupun belum. Jika lembaga tersebut bersikap terbuka dan transparan kepada donatur, maka hal tersebut pun tak perlu diragukan kembali.

Kamu juga bisa mengetahui informasi-informasi terkait kepada pihak lembaga maupun website resmi yang telah tersedia untuk mengaksesnya. Dengan aktif melihat update informasi tersebut, kita juga bisa membantu mengawal bantuan yang telah disalurkan agar tepat sasaran.
 



(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id