sign up SIGN UP

LIFE

Tak Perlu Lahan Luas, Ini Inpirasi Interior Rumah Mungil Buat Pasangan Baru Nikah!

Sylvia Yuliasar | Kamis, 13 Dec 2018 13:30 WIB
Tak Perlu Lahan Luas, Ini Inpirasi Interior Rumah Mungil Buat Pasangan Baru Nikah!
caption
Setelah menikah, PR selanjutnya dari pasangan baru adalah tempat tinggal. Apakah akan tetep tinggal bersama orang tua atau memiliki tempat tinggal sendiri? Tinggal sendiri di apartemen terdengar praktis untuk kaum urban, tapi bagi sebagian kalangan arti dari rumah adalah bangunan yang 'menapak' ke tanah, sehingga apartemen bukanlah pilihan. Memiliki rumah sendiri juga bukanlah perkara mudah. Harga properti yang semakin tinggi setiap tahunnya, membuat pasangan baru harus merogoh kocek cukup dalam demi mewujudkan impiannya dalam memiliki rumah sendiri. Akhirnya pilihan jatuh kepada pembelian lahan yang tak cukup besar sesuai dengan budget yang ada. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa trik yang bisa jadi inspirasi kalian untuk membuat rumah mungil yang anti sumpek.

Open Space


Inspirasi rumah sederhana untuk pasangan muda yang pertama adalah yang berkonsep open space. Bagi kalian yang pernah menonton serial TV "Tetangga Masa Gitu" pasti mengerti dengan konsep ini. Ya, rumah pasangan Bastian dan Bintang maupun Adi dan Angel pada serial tersebut menggunakan konsep open space yang membuat satu ruangan besar memiliki beberapa fungsi sekaligus. Ruang tamu digabungkan dengan ruang keluarga, lalu dapur dan meja makan juga dijadikan dalam satu ruangan yang sama. Jadi lebih simple dan praktis untuk kemana-mana kan?


Foto: https://twitter.com/

Mengganti Tembok Dengan Sekat


Daripada memangkas ruangan sempit dengan tembok-tembok solid untuk memisahkan ruangan, gunakanlah sekat-sekat sebagai penggantinya. Sekat ini dipakai untuk yang tidak suka konsep open space sebelumnya. Berfungsi sebagai pemisah ruangan satu dengan lainnya, sekat bersifat lebih praktis dan tidak boros tempat dibandingkan tembok permanen. Seperti sekat berbentuk tirai kayu yang bisa mempercantik inspirasi rumah kayu untuk kamu dan pasangan.



Foto: https://www.jual-apartemen.com

Furnitur Multifungsi


Demi memaksimalkan lahan, perkecil lah jumlah barang yang ada di dalam satu ruangan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan furnitur multifungsi pada hunianmu. Misalnya meja kerja yang bisa dilipat ini, desainnya hanya seperti tambahan tembok saja saat sedang tidak dipakai, tapi setelah dibuka, bisa menjadi meja kerja dengan space kecil dibawahnya untuk menaruh dokumen dan stationary. Interior rumah sederhana menjadi lebih mewah bukan?


Foto: https://www.homify.co.id

Mezzanine


Mezzanine memiliki arti sebagai balkon terbuka yang ada di dalam rumah. Posisinya lebih tinggi dari lantai dan dihubungkan dengan tangga untuk mencapainya. Adapun ruangan dibawahnya bisa menjadi berbagai fungsi. Di dunia apartemen, konsep seperti ini juga disebut apartemen loft. Konsep ini sangat bisa ditiru untuk desain interior rumah mungil dengan lahan sempit tapi tinggi ke atas. Pengaplikasiannya yang paling umum adalah lantai bawah yang dijadikan ruang keluarga, dapur dan toilet, lalu bagian atasnya sebagai kamar tidur. 


Foto: https://www.instagram.com/paletapastel/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id