sign up SIGN UP

LIFE

Takut untuk Traveling Naik Pesawat? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya!

Susana Handoyo | Rabu, 12 Jul 2017 13:30 WIB
Takut untuk Traveling Naik Pesawat? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya!
caption
Setiap orang mempunyai tingkat ketakutan yang berbeda. Takut ketinggian dan traveling naik pesawat adalah hal yang umum dialami oleh sebagian besar orang. Padahal pesawat adalah alat transportasi yang paling cepat, efektif, dan nyaman di antara transportasi yang lain. Bagaimana caranya? Berikut ada beberapa tips jitu mengenai cara mengatasi takut naik pesawat!


 


Kelola Rasa Takut


Sesuatu yang berlebih sebenarnya tidak baik, tak terkecuali dengan rasa takut ketika naik pesawat. Oleh sebab itu, sebaiknya carilah apa yang menyebabkan rasa takut tersebut. Rasa takut dapat ditimbulkan karena melihat berita kemudian menciptakan asumsi yang berlebihan, atau bisa jadi karena menonton film yang tidak masuk akal. Ketahuilah bahwa pesawat dikendalikan oleh orang yang telah berpengalaman dengan jam terbang yang telah teruji. Mesin-mesin yang ada di pesawat, sebagian besar juga dikendalikan oleh teknologi tinggi. Dengan fakta inilah seharusnya rasa takut dapat diatasi dan dikelola dengan baik.


Foto: https://emuthecon.blogspot.co.id


 


Menyibukkan Diri


Banyak hal yang dapat dilakukan selama melakukan perjalanan di atas pesawat, terutama untuk rute yang panjang. Kamu dapat membawa buku kesukaanmu seperti komik ataupun novel yang seru dan dapat dibaca sepanjang perjalanan. Atau kamu bisa mengisi gadget dengan aneka games yang menantang atau video kocak yang akan membuatmu tertawa ketika menonton. Jangan lupa bawa juga earphone agar kamu dapat mendengarkan musik kesayanganmu, tanpa mengganggu orang lain. Pada pesawat tertentu, biasanya disediakan layar agar penumpang dapat menonton film yang disediakan oleh pihak penerbangan. Kamu dapat memanfaatkan layanan gratis ini. Ini adalah salah satu cara mengatasi takut naik pesawat.


Foto: https://www.amazine.co


 


Mempunyai Pikiran yang Positif


Dalam segala hal, berpikir positif akan jauh lebih baik daripada gelisah memikirkan hal yang belum terjadi. Hal ini berlaku juga ketika kamu naik pesawat. Berpikirlah bahwa ini adalah perjalanan yang menyenangkan, dimana kamu mempunyai pengalaman pertama naik pesawat. Kamu dapat berbincang tentang banyak hal dengan teman seperjalananmu. Misalnya kamu dapat bercerita tentang pekerjaanmu, aktivitasmu atau keluargamu. Pastinya kamu tidak sendirian ketika bepergian kan? Dengan berbincang hal-hal yang positif, perhatianmu pasti akan teralihkan.


Foto: https://www.vemale.com


 


Fokus Pada Tempat Tujuan


Daripada membayangkan ketakutan yang belum tentu terjadi, lebih baik membayangkan
liburan yang menyenangkan dan sebentar lagi akan kamu lewati bersama teman, sahabat ataupun keluarga. Liburan yang seru di tempat yang bagus bersama orang tersayang pasti akan mengurangi rasa takutmu. Bayangkan juga kamu mengunjungi obyek wisata yang menarik dimana kamu dapat berfoto ria. Kamupun bisa berwisata kuliner dengan seru. Ini adalah salah satu cara mengatasi takut naik pesawat dengan baik.


Foto: https://www.hadiah.me


 


Tenangkan Diri Saat Terjadi Goncangan


Ketika pesawat telah take off atau landing, tak jarang badan pesawat tergoncang atau turbulensi. Hal disebabkan karena badan pesawat sedang menjaga keseimbangan setelah lepas landas dari tanah atau akan menyentuh tanah. Penyebab goncangan yang lain dapat
macam-macam. Bisa karena cuaca dan beberapa hal lainnya. Semua penyebab ini masih dalam hal yang wajar. Jika ada pengumuman dari pramugari atau pilot, jangan takut ya. Para aircrew hanya mencoba memberitahu penumpang agar tetap tenang dan tidak gelisah. Ingatlah bahwa ketika kamu berkendara dengan mobil, kamupun akan mengalami goncangan yang sama.


Foto: https://www.nowtes.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id