sign up SIGN UP

LIFE

Tertarik dengan Podcast? Inilah Serba-Serbi dan Cara Memulainya

Astari Larasati | Selasa, 17 Mar 2020 11:00 WIB
Tertarik dengan Podcast? Inilah Serba-Serbi dan Cara Memulainya
caption
Saat ini dunia podcast sedang diminati banyak orang, bahkan banyak penyiar radio yang beralih ke dunia podcast. Kamu juga boleh banget untuk memulai menyiarkan konten hasil dari ide-idemu. Yuk simak serba-serba podcast berikut ini!

Awalnya podcast dipopulerkan oleh pengguna iPod yang mendengarkan konten audio dari sebuah website. Kemudian pada tahun 2019 lalu, podcast kian naik daun karena hadir pada platfrom musik yang biasa kamu dengarkan.
 


Jika kamu memang gemar untuk membuat konten dan banyak bicara. Maka podcast adalah tempat yang pas untuk kamu Ladies. Kamu bisa menuangkan banyak pikiran serta pendapat yang kamu bagikan pada pendengar.
 


Foto: Istimewa

Sebelum membuat podcast, kamu perlu memikirkan konsep apa yang akan dibuat. Sebenarnya podcast sama seperti story telling, posisi kamu dalam podcast adalah pendongeng dan pendengar adalah anak kecil. Ada dua tipe podcast, yaitu monolog dan percakapan.
 



Podcast monolog adalah podcaster akan merekam dan menyediakan skrip, tema serta outline tiap episode. Sedangkan percakapan biasanya akan dilakukan lebih dari satu orang. Biasanya dilakukan oleh beberapa influencer.
 


Foto: Istimewa

Kamu juga perlu tahu, siapa yang akan mendengar podcast kamu. Jadi kamu akan menyesuaikan obrolan dan gaya bahasa yang cocok. Lalu buatlah art cover yang dapat disukai banyak orang agar tertarik mendengar podcast kamu.
 


Jika hal tersebut sudah ditentukan, maka pilihlah hosting platfrom gratis. Sehingga kamu enggak perlu membayar agar podcast kamu bisa di-upload di dalamnya. Seperti yang kamu tahu, sudah banyak platform gratis seperti Anchor, Podbean, Soundcloud, hingga Spotify.
 


Foto: Istimewa

Setelah keputusan kamu sudah matang, maka persiapan peralatan dan software untuk membuat podcast. Jika kamu ingin memilih yang termudah pilihlah handphone kamu sebagai alat perekam, mengeditnya sampai akhirnya di dengar banyak orang.
 


Jika kamu ingin kualitas podcast lebih tinggi sehingga membuat pendengar nyaman. Kamu bisa membeli taffware mic atau samsun go mic, laptop atau komputer, dan aplikasi mengedit podcast seperti podcast hosting, hukosai, dan audacity.
 


Foto: Istimewa

Jangan lupa untuk membuat outline skrip tiap episodenya. Buat skrip yang menuliskan garis besar dari podcast kamu sehingga kamu enggak membicarakan yang di luar konteks. Tentukan durasi tiap episode agar tetap konsisten. Agar pendengar terbiasa dan menikmati podcast kamu.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id