sign up SIGN UP

LIFE

Tidak Bisa Work From Home, Ini Hal yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penularan Virus Corona

Rumaysha Milhania | Rabu, 01 Apr 2020 02:00 WIB
Tidak Bisa Work From Home, Ini Hal yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Penularan Virus Corona
caption
Bekerja di luar rumah membuatmu khawatir terinfeksi virus corona? Simak 5 langkah untuk mencegah penularan virus corona berikut ini!

Dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19, pemerintah sudah menerapkan social distancing yang didukung dengan kebijakan untuk ibadah, belajar, dan bekerja dari rumah. Kini hampir semua kantor di Ibukota Jakarta sudah menerapkan WFH atau work from home untuk para karyawannya.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemudahan untuk bisa melakukan pekerjaan dari rumah. Pasalnya, ada banyak profesi yang tidak bisa dilakukan dari rumah. Untuk itu, jika kamu adalah salah satu pekerja yang harus bekerja di luar rumah, simak ulasan mengenai langkah-langkah cegah penularan virus corona berikut ini.



 



1. Jaga Jarak Fisik
 



Foto: https://www.nytimes.com/


Jika kamu tidak bisa menjaga jarak sosial seperti yang direkomendasikan oleh pemerintah, yaitu social distancing, lakukanlah penjagaan jarak fisik. Pastikan untuk tidak berinteraksi dengan orang lain dalam jarak kurang dari 1,5 meter. Hal ini penting untuk menghindari paparan droplet dari orang yang terinfeksi.
 



2. Tingkatkan Kesadaran Diri
 


Foto: https://www.sciencealert.com/


Selanjutnya, sadari bahwa banyak faktor yang bisa menjadi media penularan virus corona. Tidak hanya melalui kontak langsung dengan droplet, kontak tidak langsung juga berpotensi menyebabkan penyebaran virus corona terjadi. Hal ini termasuk melalui media benda-benda yang terkena droplet dari orang yang terinfeksi. Untuk itu, pastikan agar kamu selalu mawas diri saat menyentuh benda-benda seperti pegangan tangga, handle pintu, atau tombol lift.
 



3. Jangan Menyentuh Wajah
 


Foto: https://www.healthline.com/


Penularan akan terjadi saat kamu menyentuh wajah dengan tangan yang terkena droplet. Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui rongga hidung, mulut, dan mata. Jadi, pastikan untuk menghindari kebiasaan menyentuh wajah dalam keadaan tangan yang kotor.
 



4. Cuci Tangan dengan Sabun
 


Foto: https://www.metro.co.uk/


Jika kamu harus menyentuh benda-benda yang sekiranya dapat terpapar virus corona, jangan khawatir. Kamu bisa mematikan virus yang berada di tanganmu dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Pastikan kamu menggosok semua bagian tangan, mulai dari telapak tangan, sela-sela jari, dan ujung kuku. Lakukan ini selama kurang lebih 20 detik sebelum membilasnya.
 



5. Bawa Masker dan Hand Sanitizer
 


Foto: https://www.tips.at/


Hand sanitizer sangat penting untuk selalu dibawa sebagai alternatif pengganti air dan sabun. Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk menggunakan masker untuk mengantisipasi kebiasaan menyentuh wajah tanpa sadar. Penggunaan masker juga bisa dilakukan untuk menghindari diri menularkan virus jika ternyata kamu adalah seorang carier yang terinfeksi virus tanpa menunjukkan gejala sakit.

Jadi, antisipasi terjadinya penularan, baik itu tertular atau ditularkan dengan selalu menjaga jarak dan menjaga kebersihan.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id