sign up SIGN UP

LIFE

Tips Agar Rumah Tetap Hangat Saat Musim Hujan Datang

Findia Mashith | Senin, 30 Dec 2019 05:45 WIB
Tips Agar Rumah Tetap Hangat Saat Musim Hujan Datang
caption
Cuaca mendung dan hujan membuat ruangan menjadi dingin. Sebenarnya ada tips yang bisa Ladies lakukan agar ruangan menjadi lebih hangat tanpa heater. Dan berikut beberapa cara yang bisa Ladies coba agar rumah lebih hangat di musim hujan.

Cuaca mendung dan hujan identik dengan udara dingin. Kondisi yang paling nyaman saat musim hujan adalah mencari tempat hangat untuk makan atau sekedar bersantai. Namun saat musim hujan biasanya kondisi ruangan di dalam rumah juga ikut dingin. Hal ini tentunya membuat tubuh menjadi tidak nyaman karena kedinginan.

Beberapa cara yang biasa dilakukan agar ruangan menjadi lebih hangat. Cara tercepatnya adalah dengan menggunakan heater. Namun di Indonesia jarang sekali rumah yang menggunakan heater, salah satunya karena intensitas pemakaian yang tidak terlalu perlu.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa Ladies lakukan agar ruangan menjadi lebih hangat tanpa heater. Berikut beberapa cara yang bisa Ladies coba agar rumah lebih hangat di musim hujan. 



 


Menutup Ventilasi Udara dengan Gorden


Foto: https://unsplash.com/

Penyebab utama rumah menjadi dingin adalah adanya udara dari luar. Perbedaan suhu ruangan dan suhu luar yang jauh lebih dingin saat musim hujan, membuat tekanan udara dingin masuk ke dalam rumah melalui ventilasi yang ada. Seperti jendela, pintu, atau lubang di dinding rumah. 

Agar udara di dalam rumah masih tetap hangat, Ladies perlu menutup akses udara tersebut, bisa dengan menggunakan gorden. Jangan khawatir tentang ruangan menjadi pengap. Karena gorden hanya menghalau angin yang berhembus, dan udara masih bisa tersirkulasi melalui celah kain. 


Gunakan Perlengkapan Berbahan Tekstil


Foto: https://unsplash.com/

Selain karena udara luar, kondisi dingin dalam rumah juga bisa terjadi karena tembok yang lembap. Ini karena saat musim hujan, tembok cenderung menyerap banyak air. Untuk mengatasi ini, Ladies bisa menggunakan berbagai macam perlengkapan tambahan, seperti kain penutup sofa, bantal sofa, atau selimut kain di beberapa sudut ruangan.
 


Pasang Karpet di Tengah Ruangan


Foto: https://unsplash.com/

Penggunaan karpet bisa menghangatkan ruangan karena secara tidak langsung karpet menyerap dingin bagian lantai ubin. Kondisi lantai yang hangat bisa mempengaruhi kondisi ruangan menjadi lebih hangat juga.
 


Atur Ulang Furnitur


Foto: https://pixabay.com/

Untuk membuat ruangan terasa lebih hangat, Ladies perlu merubah sedikit tata letak furniturnya. Jauhkan kursi atau area bersantai dari jendela, pintu, atau ventilasi lain. Jauhkan juga sofa atau furniture berukuran besar lainnya dari radiator pemanas, agar panas bisa menyebar ke seluruh ruangan tanpa terhalangi. 

Itu dia beberapa hal yang bisa Ladies lakukan untuk membuat ruangan menjadi lebih hangat meskipun saat musim hujan. Selamat mencoba!


(arm2/arm2)

Tags


Our Sister Site

mommyasia.id