sign up SIGN UP

LIFE

Tips Ambil Uang di ATM untuk Menghindari Tertular Virus Corona

Rumaysha Milhania | Rabu, 15 Apr 2020 11:00 WIB
Tips Ambil Uang di ATM untuk Menghindari Tertular Virus Corona
caption
Wabah COVID-19 telah mengubah kehidupan di seluruh dunia. Semua negara mengimbau warganya untuk melakukan isolasi di mana setiap orang harus menjaga jarak fisik satu sama lain. Namun, seiring dengan imbauan tersebut, jumlah kasus baru pasien yang positif terinfeksi virus corona masih terus meningkat. Itulah sebabnya kita harus lebih waspada terhadap risiko penularan, termasuk melalui kontak tidak langsung. Salah satu yang harus diwaspadai adalah saat mengambil uang di ATM.


Adanya wabah pandemi membuat kita semua memiliki tanggung jawab atas perawatan diri kita dan orang lain di sekitar kita. Untuk itu, sangat penting bagi semua orang agar dapat memahami apa yang harus dilakukan dan jangan lakukan selama pandemi ini. Salah satunya dilakukan dengan memperhatikan etika dan tata cara saat melakukan kegiatan di tempat umum, seperti ketika mengambil uang di ATM.
 


Foto: https://www.forbes.com/


Jarak fisik yang harus dijaga antar orang harus diperhatikan dengan baik. Termasuk juga dengan menjaga kebersihan diri saat menyentuh benda-benda yang sekiranya juga mendapatkan banyak kontak dari masyarakat umum. Mungkin kamu bisa menghindari menyentuh gagang pintu atau handle di transportasi umum. Namun, saat ingin mengambil uang di ATM, tentu kamu harus menyentuh tombol dan memang uang yang keluar dari mesin. Ini tentu sangat berisiko terhadap penularan virus melalui kontak tidak langsung.
 



Cara Mengambil Uang di ATM Untuk Terhindar dari Virus

Pastikan kamu menjaga transaksi pengambilan uang di ATM tetap aman untuk dirimu dan orang lain. Nah, berikut adalah beberapa tips penting yang harus diikuti ketika menggunakan mesin ATM untuk menarik uang tunai di musim pandemi:


        
  1. Saat kamu melangkah keluar dari rumah menuju ATM, pastikan untuk membawa tisu basah dan hand sanitizer / semprotan disinfektan.
  2.     
  3. Jika menyentuh sesuatu yang di luar rumah, segera bersihkan tanganmu.
  4.     
  5. Jangan memasuki gerai ATM saat orang lain sedang menggunakan mesin.
  6.     
  7. Bawalah tisu dan tisu basah saat akan menggunakan mesin.
  8.     
  9. Jangan menyentuh wajah, mulut, hidung saat menunggu mesin bekerja.
  10.     
  11. Jangan menyentuh apa pun di bank atau ruang ATM, kalaupun kamu harus menyentuh layar atau lombol, gunakan satu jari dan segera bersihkan.
  12.     
  13. Pertahankan jarak satu meter dari orang lain di bank atau gerai ATM.
  14.     
  15. Jangan melakukan kontak dengan permukaan apa pun di bank, baik itu jendela, dinding, atau meja.
  16.     
  17. Jika batuk atau bersin, tutupi mulut dengan tisu atau siku.
  18.     
  19. Jangan membuang tisu bekas sembarangan karena dapat berisiko menginfeksi orang lain.
  20.     
  21. Pertimbangkan untuk menggunakan uang secara digital untuk mengurangi kebutuhan ke ATM.

Foto: https://www.hurriyetdailynews.com/


Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat harus ke ATM di musim pandemi seperti sekarang. Jika kamu belum pernah mengurus pilihan untuk mengakses uang secara digital, upayakan untuk segera mengurus akses mobile banking untuk mengurangi berpergian ke ATM.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id