sign up SIGN UP

LIFE

Tips Hemat Belanja Rumah Tangga

Riri Maulidina | Senin, 30 Mar 2015 05:00 WIB
Tips Hemat Belanja Rumah Tangga
caption
Buat kita para wanita pasti tak asing lagi dengan yang namanya belanja rumah tangga. Sayangnya sesi tersebut terkadang jadi boros dan di luar kendali. Ikuti trik ini agar selalu hemat saat berbelanja.

Buat Budgeting Tiap Bulan


Ada baiknya Minasan membuat budgeting tiap bulan, mengira-ngira seberapa banyak sih yang harus dihabiskan dalam sebulan? Lakukan hal ini ketika berbelanja dan hitung kira-kira seberapa banyak yang habis dalam sebulan.
Foto: https://www.huffingtonpost.ca/2013/02/25/grocery-shopping-tips_n_2760979.html

Buat Hitungan Pengeluaran Perminggu


Jika sudah menghitung pengeluaran sebulan, bagilah jumlah tersebut jadi perminggu. Cara ini akan membuat penghitungan menjadi lebih jelas dan tak mudah terlupakan.

[Gambas:Youtube]

Beli Barang Produksi Supermarket


Ada beberapa supermarket yang menawarkan produk-produk produksi mereka sendiri. Nah, pilih ini Minasan! Karena biasanya kualitasnya cukup baik dan tentunya harganya lebih murah.

Jangan Pergi Saat Lapar


Ketika lapar, Minasan cenderung untuk membeli makanan yang tak diperlukan saat berbelanja. Hindari hal itu dengan merasa kenyang ketika berbelanja.

Belanja bahan makanan di pasar tradisional


Kadang berbelanja bahan makanan di supermarket terasa lebih mahal, terutama untuk produk telur. Nah, selingi sesi belanja Minasan dengan berbelanja ke pasar tradisional, dan temukan betapa murahnya barang-barang di situ.

Membuat Menu Mingguan


Kegiatan ini sangat penting, karena dengan adanya menu mingguan ini, Minasan jadi tahu harus berbelanja apa dan menghindari membeli makanan yang ujung-ujungnya tidak dimakan.
Foto: https://thenourishinghome.com/2012/09/meal-plan-monday-september-17-30/

Cek Ketersediaan Bahan


Sebelum berbelanja, cek terlebih dahulu barang-barang atau bahan makanan yang masih tersisa di rumah. Jika minggu tersebut telur masih banyak dan masih cukup untuk seminggu ke depan, maka tak perlu membeli telur lagi.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id