sign up SIGN UP

LIFE

Tips Membeli Tiket Pesawat Murah

DianaSkai | Senin, 11 May 2015 10:00 WIB
Tips Membeli Tiket Pesawat Murah
caption
Liburan tengah tahun sudah dekat. Bila Minasan memilih untuk menyusun rencana perjalanan sendiri, Minasan harus tahu tips pintar sebelum membeli tiket pesawat. Simak tips membeli tiket pesawat berdasarkan pengalaman kurator Matome!

Tentukan Tanggal yang Fleksibel


Gunakan fungsi kalender Google Flight Search untuk membandingkan harga tiket pada hari yang Minasan inginkan dengan tanggal-tanggal lain dalam rentang waktu yang sama. Tanggal-tanggal terbaik akan diberi highlights warna hijau. Pesanlah penerbangan hari Selasa atau Rabu, karena rata-rata harga tiket termurah ditawarkan di hari-hari itu. Selain itu, penerbangan yang berangkat setelah jam 9 malam dan tiba di pagi hari sering ditawarkan dengan harga lebih rendah dari waktu lain. Penerbangan ini sering disebut dengan red-eye flight.
Foto: https://www.google.com/flights/
Survei Airlines Reporting Corporation menunjukkan waktu paling baik membeli tiket pesawat adalah 6 minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Pesan Tiket Pulang-Pergi


Biasanya maskapai memberi harga lebih mahal bila Minasan hanya memesan tiket berangkat. Sebaiknya rencanakan perjalanan Minasan dan tentukan tanggal pulang sehingga Minasan dapat memesan tiket PP.

Beli Tiket di Website Agen Travel


Mengapa?
Foto: https://www.nusatrip.com/
Website agen travel membandingkan puluhan maskapai penerbangan sehingga Minasan dapat memilih tiket yang paling murah ataupun memilih waktu yang diinginkan. Selain itu, beberapa website agen travel menampilkan harga total, sudah termasuk pajak dan lain-lain, misalnya Traveloka.com dan Nusatrip.com. Berbeda dengan website maskapai yang menampilkan harga sebelum pajak dan tambahan lainnya. Tetapi, bila Minasan ingin custom order penerbangan, misalnya memesan makanan atau memilih kursi, hal ini hanya dapat dilakukan melalui website maskapai.

Untuk Tujuan Jauh, Beli Tiket Terpisah


Tips ini hanya untuk Minasan yang ingin tiket dengan harga semurah mungkin tapi sedikit merepotkan. Bila kota tujuan jauh, misalnya Minasan ingin pergi ke Eropa, pesanlah dua tiket terpisah. Kita sering melihat itinerary penerbangan transit di Singapura atau Kuala Lumpur sebelum penerbangan langsung ke Eropa. Cobalah membeli tiket terpisah, Jakarta-Kuala Lumpur, kemudian satu tiket lagi Kuala Lumpur-London. Trik ini akan menghemat kira-kira 1 juta rupiah untuk pilihan penerbangan yang paling murah.
Kenapa merepotkan? Karena di Kuala Lumpur Minasan harus menunggu bagasi keluar lalu cek-in lagi di penerbangan berbeda.

Beli Tiket dengan Tujuan Kota Besar


Minasan ingin pergi ke Rotterdam, Belanda? Ya, lebih baik membeli tiket untuk ke Amsterdam saja. Karena, Amsterdam adalah ibukota dan bandara utama Belanda terletak di Amsterdam sehingga harga tiketnya lebih murah.
Foto: https://myairporttrip.com/blog/airport/buying-the-right-airline-tickets/

Bagasi Ringan? Masukkan Kabin Saja!


Beberapa maskapai menawarkan bagasi cek-in gratis hingga rata-rata 20 kg. Namun, untuk tiket kelas ekonomi harga promosi, kadang-kadang tidak ada kuota bagasi. Bila bagasi Minasan ringan, tidak ada salahnya untuk memasukkan ke dalam kabin. Gunakan koper ukuran maksimal 24 inci untuk bagasi kabin.
Foto: https://moneysavinganswers.com/travel/beat-budget-airline-baggage-charges/

Follow Akun Media Sosial dan Subscribe


Foto: https://www.buzzfeed.com/chelseypippin/ok-maps#.nr4DV243O
Untuk Minasan penggila traveling, subscribe dan follow akun media sosial maskapai dan agen travel adalah hal yang wajib dilakukan. Minasan akan menjadi orang yang pertama kali tahu tentang promosi yang ditawarkan, jadi bisa cepat-cepat memesan tiket.
Bagaimana, Minasan? Sudah siap liburan?
Foto: https://jaeyeontae.wordpress.com/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id