sign up SIGN UP

LIFE

Wajib Baca! Tiga Hal Paling Penting yang Harus Kamu Pahami Sebelum Masuk Kantor Baru

Diangga | Rabu, 19 Sep 2018 08:00 WIB
Wajib Baca! Tiga Hal Paling Penting yang Harus Kamu Pahami Sebelum Masuk Kantor Baru
caption
Buat kamu yang baru saja memasuki dunia karyawan pastinya cukup shock bukan dengan lingkungan baru kamu? Enggak usah khawtir yah beutynesian, hal itu wajar kok. Tapi, agar kamu enggak terlalu lama untuk beradaptasi dengan lingkungan kantor yang baru, berikut ada beberapa tips jitu menaklukan rasa canggung di kantor baru. Yuk simak.

Kenal Semua Orang Dan Semua Orang Kenal Kamu


Foto: https://www.forestparkfrisco.com/excellent-tips-hiring-best-business-coach/

Memasuki masa awal atau bisa di bilang "Orientasi" tentunya segala sesuatu akan terlihat canggung bahkan menakutkan. Well, hal ini cukup wajar kok beuatynesian. So, sebagai tips pertama beradaptasi pada kantor baru hal yang harus kamu lakukan adalah cobalah untuk mengenal orang lain dengan baik.

Seperti ada pepatah yang mengatakan bahwa "Tak kenal maka tak sayang" dengan begitu rasa canggung kamu akan cepat hilang jika sudah mengenal minimal dua hingga tiga orang di sekitar khususnya partner kerja kamu. Oh iya, berikut ada beberapa poin yang harus kamu pahami nih beautynesian:

        
  • Pelajari segala informasi yang perlu kamu ketahui tentang kantor baru kamu
  •     
  • Gunakan momen perkenalan dengan sebaik-baiknya agar kamu bisa mengenal karyawan lain dengan cepat
  •     
  • Gunakan etika sopan santun yang selaras karena pada dasarnya setinggi apapun gelar kamu tidak akan ada gunanya jika tidak di sandingkan dengan etika kerja profesional yang baik.

Dan satu lagi, jangan lupa untuk berpakaian yang rapih yah beautynesian. Pastinya kamu enggak ingin first impression kamu buruk di mata karyawan kantor kan.


Kenalin Keadaan Sekitar Kamu Dengan Cepat


Foto: https://www.allianceinteriors.ca/modern-office-challenges-open-office-layout-solves/

Salah satu tips jitu untuk dapat beradaptasi dengan cepat di kantor baru adalah dengan menganalisa keadaan sekitar kamu dengan cepat. Semakin cepat kamu mengetahui informasi atau budaya yang ada pada pekerjaan baru kamu, maka akan semakin cepat proses adaptasi yang kamu lakukan.

Jika kamu termasuk orang yang introvert dalam pekerjaan, maka setidaknya kamu harus mengenali keadaan dan alur kerja tim atau divisi kamu terleih dahulu. Dengan demikian kamu akan lebih cepat nyaman untuk bekerja di kantor baru.

Note : Umumnya, jika kamu baru masuk ke kantor baru maka kamu akan di pandu oleh HRD untuk mengenali struktur serta alur kerja, so manfaatin momen tersebut sebaik-baiknya yah.


Cobalah Untuk bersikap Ramah


Foto: https://multiplesclerosisnewstoday.com/2017/01/25/laughter-best-medicine/

Well, untuk poin ini sebenarnya sudah sewajarnya untuk kamu lakukan yah beautynesian, namun ada beberapa catatan penting nih yang harus pahami dengan baik.

        
  • Pertama , bersikap ramah pada setiap orang tentunya tidak akan selalu mendapatkan respon yang baik. Why? Karena pada dasarnya setiap orang memiliki issue masing-masing yang belum kita kenali, so keep it up dan jangan tetap positif.
  •     
  • Kedua, ramahlah seiklas mungkin karena jika kamu hanya ramah pada permulaan saja maka ujung-unjungnya kamu malah akan di cap buruk. Tentunya kamu enggak ingin hal itu sampai terjadi kan?
  •     
  • Ketiga, terlalu ramah kepada orang lain terkadang menjadi faktor awal terjadinya fenomena "Baper" yang akan berhujung drama. Jadi, tetap bersikap wajar yah beautynesian.

Sulit? Well, setiap tahap memiliki obstacle yang berbeda-beda kok beautynesian, jika kamu sudah menjalani tahap pertama dengan senang, maka tahap selanjutnya akan terasa lebih ringan kok.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id