sign up SIGN UP

LIFE

Waspada! Kandungan dalam Kosmetik Ini Bisa Memicu Kanker Payudara!

Yesinia Agnesaputri | Minggu, 22 Jan 2017 02:00 WIB
Waspada! Kandungan dalam Kosmetik Ini Bisa Memicu Kanker Payudara!
caption
Memilih kosmetik bukan hanya persoalan tentang memilih warna yang sesuai dengan warna kulit, atau memilih formula yang sesuai dengan jenis kulit berminyak, kering, ataupun sensitif. It should be deeper than that. Selain melihat bahan aktif yang sesuai dengan skin type dan skin concern-mu, kamu juga harus jeli dalam mengecek bahan aktif pada kosmetikmu karena ternyata beberapa bahan aktif bisa memicu timbulnya kanker payudara lho. Ini dia kandungannya!


Triclosan



Foto: https://www.goodnewsnetwork.org/fda-bans-antibacterial-soaps-containing-triclosan/


Tahukah kamu kalau triclosan yang sering ditemukan pada sabun antibakteri, pasta gigi, dan juga deodorant ternyata bisa memicu kanker payudara? Triclosan ini akan menyebabkan gangguan dan disfungsi sistem hormon pada tubuh dan juga menghambat pertumbuhan payudara. Karena itu, bahan aktif ini sebaiknya kamu hindari sebagai tindakan preventif kanker payudara.
 



Octinoxate



Foto: https://maximizedliving.com/2015/03/how-safe-is-your-sunscreen/


Octinoxate merupakan bahan aktif yang sering ditemukan di dalam sunscreen. Dan, bahan ini juga sudah banyak dikenal sebagai salah satu bahan skin care yang bisa menyebabkan kanker. Ketika diserap ke dalam kulit, octinoxate bisa merusak hormon di dalam tubuh dengan cara memproduksi zat radikal bebas yang bisa menyerang sel di dalam tubuh. Karena itu, octinoxate temasuk ke dalam bahan skin care pemicu kanker payudara. 
 



Paraben 



Foto: https://techrasa.com/2016/04/21/5-iranian-startups-beauty-cosmetics-game/


Ini dia salah satu bahan yang paling banyak ditemukan pada produk kosmetik dan juga skin care. Thankfully, saat ini banyak wanita sudah aware tentang bahaya paraben yang bisa menyebabkan kanker payudara. Paraben yang terserap ke dalam kulit akan bereaksi seperti estrogen sehingga dapat meningkatkan risiko terserang kanker payudara. Bahkan menurut penelitian, wanita yang menggunakan kosmetik atau skin care yang mengandung paraben berisiko 8 kali lebih besar terserang kanker payudara dibandingkan wanita biasa yang tidak menggunakan paraben. 
 



Phthalates



Foto: https://stopper.co.id/purwokerto/


Bahan aktif satu ini biasanya digunakan sebagai bahan pewangi sintetis di dalam parfum, kosmetik, dan juga personal care lainnya. Jika terserap ke dalam tubuh, phthalates bisa menyebabkan kanker payudara karena mengganggu kestabilan hormon di dalam tubuuh. Karena itu, kamu harus berhati-hati jika produk kecantikanmu ada yang mengandung phthalates. 
 



Alumunium



Foto: https://www.expresschemist.co.uk/product_1467_vichy-anti-perspirant-deodorant-cream.html


Bahan selanjutnya yang dapat memicu kanker payudara adalah aluminium. Bahan satu ini biasanya terkandung di dalam antiperspirant deodorant. Jika kamu merupakan wanita yang bergantung pada deodorant, kamu sebaiknya segera mengecek kandungan deodorant milikmu. Beberapa penelitian menyebutkan kandungan konsentrasi aluminium telah ditemukan pada konsentrasi yang terdapat pada kanker payudara.
 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id