sign up SIGN UP

LIFE

Waspada Ladies! Gejala Sakit Menstruasi Tidak Wajar Berikut Ini Bisa Jadi Tanda Munculnya Penyakit!

Yasmin Artyas | Jumat, 19 Jan 2018 02:00 WIB
Waspada Ladies! Gejala Sakit Menstruasi Tidak Wajar Berikut Ini Bisa Jadi Tanda Munculnya Penyakit!
caption
Jangan merasa tenang-tenang saja apabila kamu merasa sakit saat haid tidak wajar. Bisa jadi itu sebuah gejala penyakit yang harus kamu waspadai. Berikut ini gejala-gejala haid tidak wajar yang harus kamu cermati!

Siklus Haid


Ladies, kamu sudah tahu belum kalau rata-rata siklus haid perempuan yang normal adalah 21-35 hari? Mulai sekarang, coba hitung siklus haidmu, apakah kurang atau lebih dari siklus normal. Jika siklus haidmu lebih dari 31- 35 hari atau jangka waktu kurang dari dua minggu antara periode haid pertama dengan periode haid kedua, ada kemungkinan darah yang keluar bukan darah haid.


Foto: https://klinikginekologi.net

Lama Haid


Setelah mengecek siklus haid, kali ini kamu harus memastikan berapa lama haid biasanya berlangsung. Untuk lama haid normal, biasanya haid berlangsung selama empat hingga tujuh hari. Jika ternyata kamu mengalami haid lebih dari tujuh hari, sebaiknya kamu mewaspadainya. Ada kemungkinan kamu menderita mennorhagia atau meningkatnya volume darah menstruasi.


Foto: https://www.verywell.com/what-is-menstruation-3522714


Selama haid, apabila kamu harus mengganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali dalam satu hari, itu juga merupakan tanda-tanda kamu mengalami mennorhagia, lho! Gak cuma itu, jika saat haid terdapat darah menggumpal yang keluar dalam jumlah besar, bisa jadi kamu sedang mengalami heavy period


Nyeri Haid


Saat mengalami PMS, kamu tiba-tiba sering merasakan nyeri yang berlebihan pada perut. Rasa nyeri saat atau sebelum haid merupakan hal yang normal jika hanya pegal-pegal di perut bagian bawah seperti kram namun masih bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi, jika sudah mengganggu aktivitas dan bahkan terasa hingga ingin pingsan, maka ini adalah gejala PMS yang perlu kamu waspadai. Ada kemungkinan kamu mengidap dysmenorrhea yaitu rasa sakit berlebihan saat haid. Gejala dysmenorrhea termasuk rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki, kram perut, atau sakit pada tulang panggul.


Foto: https://www.alodokter.com

Cara Menunda Haid Bisa Sebabkan Penyakit


Tahukah kamu jika caraa menunda haid yang sering kamu lakukan bisa menyebabkan suatu penyakit? Melakukan olahraga berat dengan sengaja, stres yang berlebihan, dan diet sehingga menyebabkan berat badan turun drastis atau penyakit tertentu bisa menyebabkan haid berhenti. Kamu harus waspada, karena cara menunda haid yang kamu terapkan bisa menyebabkan amenorrhea.


Foto: https://www.kesehatan.co
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id