sign up SIGN UP

Yuk, Ketahui Pekerjaan Terbaikmu Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian MBTI

Henny Alifah | Kamis, 31 Oct 2019 10:45 WIB
Yuk, Ketahui Pekerjaan Terbaikmu Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian MBTI
caption
Dengan mengenali diri sendiri, kamu akan lebih mudah dalam memetakan masa depan, termasuk pilihan karir yang akan dijalani. Di antara sekian banyak tes psikologi untuk proses mengenali diri tersebut, MBTI adalah yang populer. Profesi apa saja yang cocok untuk 16 kepribadian MBTI?

Dalam MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, terdapat 4 dimensi utama kepribadian yang saling berlawanan. Meski berlawanan, sebenarnya setiap individu memilikinya, hanya saja tingkat kecenderungannya berbeda.

        
  • Tipe pertama, Extraversion (E) vs Introversion (I). Extraversion cenderung suka bergaul, menyenangi dunia sosial, dan beraktivitas dengan orang lain. Sedangkan Introversion cenderung suka menyendiri, merenung, membaca, menulis, dan penuh konsentrasi serta fokus.
  •     
  • Tipe kedua, Sensing (S) vs Intuition (N). Sensing berorientasi pada pemrosesan data yang bersandar pada fakta yang konkrit, praktis, dan apa adanya. Sensing bagus dalam perencanaan teknis dan detail aplikatif. Sedangkan Intuition memiliki kecenderungan untuk  memproses data dengan melihat hubungan, pemikir abstrak, dan konseptor. Mereka fokus pada imajinasi, cara-cara unik, dan fokus masa depan. 
  •     
  • Tipe ketiga, Thinking (T) vs Feeling (F). Dalam mengambil keputusan, Thinking cenderung menggunakan logika dan kekuatan analisa, mereka berorientasi pada tugas objektif, dan menerapkan prinsip yang konsisten. Sementara Feeling lebih melibatkan perasaan, empati, serta nilai yang diyakini, mereka berorientasi pada hubungan subjektif dan cenderung memihak, mereka bagus dalam menjaga hubungan.
  •     
  • Tipe keempat, Jugding (J) vs Perceiving (P). Judging diartikan sebagai orang yang bertumpu pada rencana yang sistematis dan bertindak teratur, mereka bagus dalam penjadwalan dan penetapan struktur. Sedangkan Perveiving berorientasi pada fleksibilitas, spontanitas, dan kemampuan adaptasi, mereka bagus dalam menghadapi perubahan dan situasi mendadak.

Dari kombinasi 4 dimensi tersebut, terdapat 16 tipe kepribadian MBTI. Untuk memilih pekerjaan berdasarkan 16 tipe kepribadian, berikut saran profesi yang cocok.


1. ENFJ - Sang Guru atau The Giver


source: lunes67.rssing.com

Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian MBTI, Seorang ENFJ adalah sosok yang peduli bahkan rela berkorban untuk orang lain. Karena itu, mereka cocok berkarir di bidang yang memberi ruang untuk membantu orang lain dan banyak berinteraksi sosial. Pekerjaan terbaik untuk ENFJ yaitu konselor, guru, psikolog, pekerja sosial, manajer SDM, dan sales representative.
 


4. ENTP - Sang Visionaris atau The Innovator


source: forbes.com

Seorang ENTP adalah sosok inovator dan visioner. Mereka mudah mendapat ide-ide baru hingga berpikir jauh ke depan dengan ide dan gagasan tersebut. Pekerjaan terbaik untuk ENTP yaitu aktor, fotografer, ilmuwan, konsultan, marketing, pengacara, programmer, dan psikolog.
 


5. ESFJ - Sang Pemberi atau The Caregiver


source: allnursingschools.com

ESFJ adalah orang yang supel dan memiliki jiwa sosial tinggi. Karena sangat suka membantu orang lain, seorang ESFJ bisa sangat cocok bekerja di bidang sosial dan perawatan kesehatan. Pekerjaan terbaik untuk ESFJ yaitu perawat, guru, pekerja sosial, konselor, dokter, resepsionis, manajer kantor, bookkeeper.
 


6. ESFP - Sang Penghibur atau The Performer


source: musiciansoncall.org

Seorang ESFP adalah orang yang ceria dan suka menghibur. Bidang pekerjaan yang bisa selalu memicu semangat untuk mencoba hal-hal baru akan cocok bagi ESFP. Pekerjaan terbaik untuk ESFP yaitu seniman, aktor, konselor, pekerja sosial, pelatih olahraga, musisi, psikolog, penyedia jasa penitipan anak, fashion designer, spesialis SDM.
 


7. ESTJ - Sang Pemantau atau The Supervisor


source: wanita.me

Seorang ESTJ termasuk sangat menjunjung tinggi tradisi, aturan, dan kepastian. Dalam pekerjaan, tipe kepribadian ini bisa diandalkan untuk memastikan semua anggota bisa mengikuti aturan yang ada. Jadi, bidang kepengawasan (supervisory) akan cocok untuk mereka. Pekerjaan terbaik untuk ESTJ yaitu polisi, anggota militer, hakim, guru, manajer bisnis, akuntan, bankir, staf administrasi sekolah.
 


8. ESTP - Sang Pekerja atau The Dynamo


source: nait.ca

ESTP merupakan individu yang aktif dan cekatan. Karena itu pekerjaan dengan ritme yang cepat lebih mereka sukai. Pekerjaan terbaik untuk ESTP yaitu sales agent, marketer, pengusaha, polisi, detektif, teknisi komputer, paramedis.
 


9. ISFJ - Sang Pengasuh atau The Nurturer


source: charitybooster.com

Kemampuannya dalam memahami perasaan dan emosi orang lain membuat seorang ISFJ cocok bekerja di bidang kesehatan mental atau industri perawatan kesehatan. Seorang ISFJ yang dikenal teliti juga cocok bekerja di bidang yang membutuhkan perencanaan dan perhatian pada hal-hal yang detail. Pekerjaan terbaik untuk ISFJ yaitu pekerja sosial, konselor, perawat, paralegal, penyedia jasa perawatan anak, manajer kantor, administrator, guru, bankir, akuntan.
 


10. ISFP - Sang Penggubah atau The Artist


source: thedenizen.co.nz

Menurut 16 tipe kepribadian MBTI, ISFP yang kalem menyukai sesuatu yang artistik. Mereka juga sosok yang cinta damai. Jenis pekerjaan yang terbaik untuk ISFP yaitu seniman, musisi atau pencipta lagu, koki, desainer, forest ranger, perawat, dokter anak, psikolog, pekerja sosial, guru, dokter hewan.
 


11. ISTJ - Sang Inspektur atau The Duty Fulfiller


source: bfi.org.uk

Seorang ISTJ sangat menyukai keteraturan. Sebagai sosok yang setia, mereka bisa sangat patuh pada aturan. Pekerjaan terbaik untuk ISTJ yaitu akuntan, computer programmer, dokter gigi, dokter, pustakawan, petugas polisi atau detektif, kepala militer.
 


12. ISTP - Sang Perajin atau The Mechanic


source: driving.ca

Seorang ISTP punya kecenderungan suka membongkar berbagai benda atau barang untuk mencari tahu fungsi dan cara kerjanya. Pekerjaan terbaik untuk ISTP adalah sains forensik, teknik, mekanik, pemrograman komputer, pertukangan, pelaksanaan hukum, teknik perangkat lunak (software engineer), perancang video game (video game designer), montir listrik, ilmuwan, pilot, petugas pemadam kebakaran.
 


13. INFJ - Sang Pelindung atau The Councelor


source: goodtherapy.org

Berdasarkan 16 tipe kepribadian MBTI, INFJ adalah individu yang filosofis dan kreatif. INFJ bisa sangat pas bekerja di bidang yang memberi ruang untuk berkreasi sekaligus membuat perubahan yang bermakna untuk lingkungan sekitarnya. Pekerjaan terbaik untuk INFJ yaitu seniman, aktor, pengusaha, religious worker, musisi, pustakawan, konselor, psikolog, penulis, guru, fotografer.
 


14. INFP - Sang Penyembuh atau The Idealist


source: thebalancecareers.com

Sebagai sosok idealis, Seorang INFP dapat diandalkan dalam pekerjaan yang memungkinkan mereka bisa mengekspresikan visinya dengan cara-cara kreatif. Bisa bekerja dengan baik dalam tim, tapi biasanya bisa lebih optimal atau maksimal bila diizinkan bekerja sendiri atau mandiri. Pekerjaan terbaik untuk INFP yaitu seniman, konselor, desainer grafis, pustakawan, psikolog, terapis fisik, pekerja sosial, penulis.
 


15. INTJ - Sang Dalang atau The Mastermind


source: abbeymanchester.co.uk

INTJ merupakan si perfeksionis yang dapat memberikan solusi inovatif kepada masalah yang membutuhkan analisis. Pekerjaan yang terbilang ideal untuk INTJ yaitu yang memberinya kebebasan bekerja secara mandiri dan menggunakan kemampuan analitis dan logis untuk mengumpulkan info dari dunia luar sampai membuat sudut pandang atau temuan baru. Pekerjaan terbaik untuk INTJ yaitu ilmuwan, ahli matematika, arsitek, dokter, guru, hakim, pengacara.
 


16. INTP - Sang Perakit atau The Thinker


source: bloomberg.com

Seorang INTP sangat menyukai konsep-konsep abstrak dan teoiritis. Mereka akan sangat cocok bekerja di bidang yang berkaitan dengan ilmu sains. Pekerjaan yang cocok untuk INTP yaitu ahli kimia, ahli fisika, computer programmer, ahli forensik, insinyur, ahli matematika, apoteker, software developer, ahli geologi.

Itu tadi saran profesi terbaik jika kamu mau memilih pekerjaan berdasarkan 16 tipe kepribadian. Apapun pekerjaan yang kamu pilih, jangan lupa untuk terus mengembangkan diri, ya.


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id