sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Berencana Menikah Muda? Coba Pertimbangkan Hal Ini Dulu...

Sulistiowati | Kamis, 23 Jan 2020 11:15 WIB
Berencana Menikah Muda? Coba Pertimbangkan Hal Ini Dulu...
caption
Menikah muda kini menjadi pilihan pasangan yang dimabuk asmara. Di balik keputusan yang berani ini, banyak faktor yang membelakangi kedua pasangan memilih untuk menikah. Tidak mau lama-lama pacaran atau kebahagiaan mungkin menjadi alasannya.

Menikah bukanlah hubungan yang main-main. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama bagi Ladies yang ingin menikah muda. Beberapa orang beranggapan, bahwa menikah muda dianggap belum matang dari segi mental maupun ekonomi. Tapi, tidak sedikit pula yang ingin segera menikah di usia muda.


Yakin menikah usia dini? Berarti harus siap menerima suka duka menikah muda. Sebelum jauh melangkah, sebaiknya simak tips menikah muda berikut ini.
 


Pastikan Mental Siap untuk Menikah


Kehidupan sebelum menikah dan sesudah menikah sudah pasti berbeda. Untuk menghadapi perubahan ini, Ladies membutuhkan kekuatan mental. Harus siap melalui suka duka menikah muda bersama suami. Tidak ada lagi rengekan manja, tidak ada lagi campur tangan orang tua.



Foto: Istimewa

Waktu bermain-main dengan teman juga berkurang. Sebagai seorang istri, Ladies tidak lagi memiliki kebebasan wara-wiri bersama sahabat. Semua kegiatan di luar rumah dapat dilakukan jika mendapat izin dari suami.
 


Perhitungkan Kondisi Finansial


Belajar terbuka masalah kondisi finansial dengan pasangan. Dengan ini, Ladies bisa memperkirakan pesta pernikahan seperti apa yang akan digelar. Meskipun masih muda, usahakan jangan membebankan pernikahan pada orang tua. Sebaiknya, persiapkan dana pernikahan lebih awal.
 


Foto: Istimewa

Tips menikah muda dari segi finansial yang harus diikuti. Sisihkan 20% hingga 50% dari uang gaji. Jika Ladies masih tinggal bersama orang tua, persentasi sebesar ini masih mungkin dapat sisihkan. Bahkan dapat sampai 70% karena tidak terpotong kebutuhan sewa tempat tinggal dan uang makan.
 


Jangan Menunda Momongan


Wanita berusia awal 20 tahun mampu menghasilkan sel telur yang baik. Oleh sebab itu, usia ini merupakan waktu yang tepat dan ideal untuk memiliki keturunan. Selain itu, kondisi fisik wanita yang berumur awal 20 an masih prima. Sehingga lebih siap menjalani kehamilan dan bayi dapat lahir sehat.


Foto: Istimewa

Jangan berpikir untuk menunda momongan ya Ladies. Justru hadirnya anak dapat menambah keharmonisan dalam rumah tangga. Pasti menyenangkan memiliki keluarga kecil yang bahagia.
 


Pikirkan Kebutuhan Setelah Menikah


Finansial tidak hanya dibutuhkan untuk pesta pernikahan, tapi kebutuhan setelah menikah lebih penting. Ladies dan pasangan perlu mempertimbangkan tempat tinggal setelah menikah. Selain itu, usahakan memperhitungkan kebutuhan momongan sedini mungkin.


Foto: Istimewa

Supaya siap menghadapi segala kebutuhan, ikuti tips menikah muda ini. Ajak pasangan berhemat dan menabung. Kalau bisa jadikan menabung sebagai kebiasaan.
 


Jadi, siapkan semuanya dengan matang ya Ladies. Rumah tangga yang baik, terbentuk karena kesiapan diri yang baik pula.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id