sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Duh, Ini Kebiasaan Suami yang Ternyata Bisa Merusak Hubungan Suami dan Istri

Rumaysha Milhania | Minggu, 11 Apr 2021 15:30 WIB
Duh, Ini Kebiasaan Suami yang Ternyata Bisa Merusak Hubungan Suami dan Istri
caption

Meskipun tiap pasangan memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, ada beberapa kecenderungan dari karakteristik umum yang dimiliki oleh suami dan istri. Hal ini tentu mencakup kebiasaan baik dan buruk dari keduanya. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa kebiasaan suami yang ternyata bisa berdampak buruk pada hubungan suami dan istri. Yuk, simak!

Meskipun tiap pasangan memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain, ada beberapa kecenderungan dari karakteristik umum yang dimiliki oleh suami dan istri. Hal ini tentu mencakup kebiasaan baik dan buruk dari keduany
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

Merasa dominan dalam keluarga

Sebagai pasangan yang menganut adat ketimuran, kebanyakan suami istri di Indonesia menganggap bahwa suami adalah imam dan pemimpin dalam keluarga. Hal ini dianggap sebagai landasan para suami untuk menjadi dominan dalam keluarga. Padahal, dominasi dalam keluarga akan sangat berbahaya karena dapat membuat ketidaknyamanan dalam keluarga.

Menyuruh istri untuk setiap hal sederhana

Dominasi ini juga kemudian dapat berpengaruh pada kecenderungan suami untuk menyuruh istri sesuka hati. Banyak suami yang merasa bahwa mereka memiliki kendali atas segalanya. Mereka juga menganggap bahwa istri harus patuh dan melayani semua kebutuhan suami. Sayangnya, ada kalanya istri kerap jenuh dan lelah karena harus mengurus setiap detail urusan rumah, anak, dan suami. Tidak ada salahnya untuk mulai membantu istri, tidak hanya menyuruh.

Dominasi ini juga kemudian dapat berpengaruh pada kecenderungan suami untuk menyuruh istri sesuka hati. Banyak suami yang merasa bahwa mereka memiliki kendali atas segalanya.
Suami Dominan/ Sumber: Freepik.com

Merasa paling bekerja keras karena mencari nafkah

Di sisi lain, ada pula beberapa suami yang merasa bahwa mereka berhak atas dominasi dalam keluarga. Sayangnya, istri yang di rumah juga memiliki banyak pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan. Tidak jarang para istri juga kelelahan dan kehilangan waktu untuk dirinya sendiri karena harus mengurus rumah dan anak-anak. Jadi, jangan pernah memikirkan bahwa kamu adalah yang paling bekerja keras dalam rumah tangga.

Membuat keputusan tanpa berdiskusi

Terakhir, dominasi pria dalam keluarga kerap kali menyebabkan mereka merasa berhak mengambil keputusan tanpa berdiskusi dengan pasangan. Padahal, istri mungkin memiliki banyak sekali saran dan pemikiran yang bermanfaat saat kalian akan mengambil sebuah keputusan besar. 

Dominasi pria dalam keluarga kerap kali menyebabkan mereka merasa berhak mengambil keputusan tanpa berdiskusi dengan pasangan. Padahal, istri mungkin memiliki banyak sekali saran dan pemikiran yang bermanfaat saat kalian akan mengambil sebuah keputusan besar.
Masalah Suami Istri/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa kebiasaan suami yang ternyata dapat menyebabkan masalah dalam hubungan suami istri. Tidak ada salahnya untuk mulai bisa lebih menghargai istri dan menjadikannya sebagai partner dalam menjalani kehidupan.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id