sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Gelar Pernikahan Adat Solo? 7 Menu Makanan Ini Wajib Ada dalam List Kamu!

goodnews Channel | Rabu, 17 Jul 2019 06:00 WIB
Gelar Pernikahan Adat Solo? 7 Menu Makanan Ini Wajib Ada dalam List Kamu!
caption
Bahagianya tinggal di Indonesia yang mempunyai beragam sajian kuliner enak. Apalagi pas acara pesta pernikahan, lidah dimanjakan dengan berbagai menu khas daerah setempat. Salah satunya Solo, daerah ini juga memiliki sajian menu makanan yang bisa jadi rekomendasi pernikahan kamu nanti.

1. Selat Solo



Jika telinga kamu akrab dengan menu makanan Salad yang sudah mendunia. Maka, sebagai orang Indonesia terutama orang Solo, wajib banget tahu Salad lokal. Ya, Selat Solo merupakan sajian kuliner dari bahan sayuran, saos kental, dan daging bistik yang terinspirasi dari makanan Salad khas orang barat. Hanya saja, cita rasa Selat Solo sudah disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Menu Selat Solo sangat cocok sebagai hidangan pembuka para tamu pernikahan.
Foto: https://www.instagram.com/dorisgoz

2. Nasi Liwet Solo



Lanjut pada hidangan utama, kamu bisa memilih Nasi Liwet Solo. Konon, menu ini yang paling disukai keluarga pak Presiden Jokowi. Nasi Liwet Solo dimasak dengan campuran santan. Paling enak dilahap menggunakan lauk opor ayam, sambal goreng jipang, dan gumpalan santan (areh). Dijamin bikin kenyang tamu yang datang!
Foto: https://www.instagram.com/hesti88

3. Sate Kere



Hidangan Sate Kere bercita rasa manis yang terbuat dari gembus tempe atau ampas tahu dan jeroan sapi yang dibakar dalam bara api. Seperti Sate pada umumnya, terasa maknyus saat disiram dengan bumbu kacang. Sate Kere sangat pas disajikan saat acara resepsi pernikahan bersama Nasi Liwet Solo. Menu ini juga hadir di acara pernikahan Kahiyang dan Bobby anak Presiden Jokowi.
Foto: https://www.instagram.com/jogjabikinlaper

4. Tengkleng



Tak lengkap rasanya jika tanpa hidangan menu berkuah lezat kaya rempah di pesta pernikahan. Bukan rawon, soto, ataupun gulai. Nama hidangan sedap ini adalah Tengkleng khasnya orang Solo. Tengkelng terbuat dari olahan daging dan jeroan kambing berkuah bening. Meski bening, kuah kaldunya tetap terasa nampol dan ringan lho.
Foto: https://www.instagram.com/jktfooddestination

5. Timlo



Nama Timlo disini bukan grup lawak yang dimotori oleh Temon dan kawan-kawan ya, Ladies. Tapi, Timlo merupakan nama makanan khas Solo yang juga berkuah bening dengan isi mie soun, sosis solo, telur kecap, wortel, dan jamur kuping. Rasanya sudah pasti segar dan nikmat untuk menyambut para tamu diacara pernikahanmu nanti.
Foto: https://www.instagram.com/dapoersikoko

6. Serabi Solo



Bosan dengan makanan yang berat dan berlemak, tenang saja, kamu bisa menyajikan camilan enak Serabi Solo untuk memanjakan tamu di acara pernikahan. Jajanan pasar yang dimasak dengan cara dipanggang di tungku tanah liat ini bercita rasa otentik. Rasanya legit dan manisnya pas enggak bikin enek! Wajib hadir nih, di pernikahan kamu!
Foto: https://www.instagram.com/resepkuehmama

7. Es Putar



Sempurnakan pesta pernikahan dengan menyajikan menu minuman enak Es Putar khas Solo. Es Putar khas Solo ini sangat unik lho. Meski bentuknya lebih mirip ice cream modern, tapi sebenarnya tidak menggunakan bahan baku susu, melainkan santan. Rasanya gurih dan manis.
Foto: https://www.instagram.com/laparlagimakanlagi

Nah, Ladies, daftar menu di atas dapat kamu jadikan refrensi untuk memeriahkan pesta pernikahanmu dengan sang pujaan hati. Semoga bermanfaat !
 


[Gambas:Youtube]


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id