sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Inilah Bedanya Tugas Maid of Honor dan Bridesmaids

Dimitrie Hardjo | Rabu, 09 Jun 2021 20:30 WIB
Inilah Bedanya Tugas Maid of Honor dan Bridesmaids
MOH dan Bridesmaids. Foto: unsplash.com
Jakarta -

Sahabatmu sudah matang untuk beranjak ke jenjang pernikahan? Siap-siap dipanggil untuk jadi bridesmaid atau Maid of Honor ya, Ladies! Keduanya sama berperan penting, baik sebelum dan ketika hari-H pernikahan. Namun, mungkin beberapa orang masih bingung akan perbedaan tugas dari keduanya. Nah, jangan khawatir, simak baik-baik tugas mereka masing-masing di bawah ini agar kamu tidak kebingungan ketika kamu sudah ditunjuk ya, Ladies!

Tugas Maid of Honor dan bridesmaids.
Tugas Maid of Honor dan bridesmaids. Foto: pexels.com

Tugas Maid of Honor

Maid of Honor merupakan orang terpercaya mempelai perempuan dan juga seseorang yang menjadi Chief of Bridesmaids. Orang yang ditunjuk sebagai MOH pun biasanya dari keluarga atau sahabat terdekat. Karena itu, seorang Maid of Honor memiliki tanggung jawab lebih besar dibandingkan bridesmaids, yaitu bertindak sebagai leader yang bisa mengorganisir para bridesmaids dan di sisi lain, selalu siap untuk membantu sang mempelai wanita. 

Tugas Maid of Honor.
Tugas Maid of Honor. Foto: pexels.com

Berikut ini tugas yang harus di-check list oleh seorang Maid of Honor:

1. Menjadi support system terbesar untuk mempelai perempuan

Sebagai orang yang dipercayai, Maid of Honor harus selalu siap kapanpun bagi mempelai perempuan, termasuk untuk memberikan dukungan moral. Jadilah pendengar yang baik dan bisa menenangkan mempelai ketika stres.

2. Merancang bridal shower bersama bridesmaids

Mencetuskan ide dan konsep bridal shower menjadi salah satu tugas yang paling diantisipasi. Diskusikan dengan para bridesmaids bagaimana membuat bridal shower kalian jadi menyenangkan.

3. Mendelegasikan bridesmaids ketika dibutuhkan

Persiapan menjelang dan saat hari pernikahan sangat banyak dan terkadang ada beberapa hal yang terlupakan atau hal baru yang urgent muncul. Maid of Honor bisa meminta bantuan bridesmaid untuk melakukan hal-hal tersebut.

4. Membantu persiapan mempelai perempuan di hari pernikahan

Seorang Maid of Honor harus selalu siap di sebelah mempelai perempuan di hari pentingnya mulai dari proses persiapan. Kamu juga harus memastikan mempelai mendapatkan apa yang ia butuhkan, termasuk makan.

5. Memersiapkan pidato bila perlu

Terkadang pidato dari Maid of Honor dan Best Man yang ditunjuk menjadi salah satu bagian acara resepsi pernikahan. Karena itu, alangkah baiknya jika Maid of Honor telah mempersiapkan apa yang akan ia bicarakan terlebih dahulu.

Tugas Bridesmaids

Tidak ada batasan minimal atau maksimal untuk menentukan jumlah bridesmaids. Merekalah orang-orang yang akan mendampingi mempelai perempuan selama pernikahan berlangsung dan menjadi perempuan-perempuan yang selalu bisa diandalkan.

Tugas bridesmaids.
Tugas bridesmaids. Foto: unsplash.com

Nah, berikut ini beberapa tugas bridesmaid:

1. Menjadi support mempelai perempuan

Sama seperti Maid of Honor, bridesmaids juga harus senantiasa tersedia bagi mempelai perempuan kapanpun ia merasa stress atau overwhelmed. Jadilah pendengar yang baik ketika ia curhat dan berikan support untuknya.

2. Mempersiapkan bridal shower

Bridesmaid juga sangat berperan untuk mempersiapkan bridal shower, mulai dari planning, dekor, hingga budgeting. Carilah waktu untuk mendiskusikan persiapannya bersama dengan bridesmaids lain dan Maid of Honor.

3. Menghadiri rangkaian acara sebelum pernikahan

Sebelum pernikahan, terkadang pasangan menyelenggarakan beberapa acara, seperti lamaran, dinner, gladi resik, dan lain-lain. Tentu saja bridesmaids perlu hadir dalam rangkaian acara yang ada sebagai support mempelai perempuan.

4. Membantu Maid of Honor jika diperlukan untuk melakukan sesuatu

Bridesmaids harus selalu siap jika ada panggilan mendadak dari Maid of Honor untuk tugas tertentu. Jadi, jangan lupa untuk membagi waktu ya, Ladies!

5. Selalu perhatikan penampilan mempelai perempuan

Mempelai perempuan harus bertemu dengan banyak orang selama acara sehingga ia harus selalu dalam keadaan prima. Tugasmu berikutnya ialah memperhatikan bahwa ia selalu tampil sempurna. Siapkan emergency kit berisi beberapa makeup yang sekiranya dibutuhkan untuk touch up mendadak, beberapa bobby pins, pin, dan lain-lain untuk persiapan jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Kamu juga perlu memastikan gaun yang dikenakan mempelai dalam keadaan bersih dan rapi.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id