sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Makna Kebaya dan Aksesoris di Pernikahan Adat Sunda

tyana | Jumat, 21 Aug 2020 12:30 WIB
Makna Kebaya dan Aksesoris di Pernikahan Adat Sunda
caption

Bikin mangling dan cantik, riasannya pengantin Sunda kaya akan makna. Pengantin wanita akan menggunakan siger atau mahkota yang menandakan bahwa wanita yang akan menikah tersebut merupakan ratu dihari pernikahannya.

Syahrini menikah dengan menggunakan Adat Sunda
Pernikahan Syahrini/instagram.com/princessyahrini/

Berbeda dengan daerah lain, siger Sunda terbuat dari campuran logam dan permata. Pada bagian depan siger terdapat bentuk bunga yang melambangkan kecantikan dan keindahan sang pengantin wanita. Penggunaan siger juga bermakna harapan akan rasa hormat, kearifan, dan kebijaksanaan dalam pernikahan.

Pengantin Sunda
Ilustrasi Pengantin/instagram.com/redberrywedding/

Riasan pengantin Sunda juga identik dengan kembang goyang pada bagian sanggul. Tak hanya mempercantik penampilan pengantin perempuan. Kembang goyang yang digunakan juga memiliki makna.

Lima kembang goyang menghadap ke depan dan dua kembang goyang menghadap belakang. Hiasan ini bermakna perempuan tak hanya cantik parasnya tetapi juga cantik hati dan kepribadiannya. 

Pernikahan Syahnaz dengan Adat Sunda
Syahnaz/instagram.com/syahnazs/

Tak hanya siger dan kembang goyang. Pengantin Sunda juga selalu menggunakan untaian bunga melati yang mejuntai di rambut. Untaian melati ini disebut dengan ronce melati. Ronce melati terdiri dari melati mangle pasung, mangle susun, mangle sisir, penetep, mayangsari yang memiliki makna kesucian dan kemurnian pengantin wanita. 

Kebaya Pengantin Sunda

Syahnaz menikah dengan adat Sunda
Syahnaz/instagram.com/syahnazs/

Di hari pernikahan, pengantin akan menggunakan kebaya Sunda. Kebaya Sunda identik dengan warna putih yang bermakna kesucian sang pengantin. Semakin berjalannya waktu, model dari kebaya Sunda juga bervariatif mengikuti gaya modern. 

Kebaya sendiri merupakan baju tradisional wanita khas daerah. Menggunakan kebaya saat hari pernikahan memberikan identitas anggun, cantik, menjunjung etika dan nilai kebudayaan daerah. Kebaya pengantin Sunda juga akan dipadukan dengan kain batik bermotif motif sidomukti, lereng eneng, atau mega mendung. 

Motif sidomukti memiliki makna harapan kerukunan dan kebahagiaan kedua pasangan. motif lereng eneng bermakna perjalanan panjang dari pernikahan yang penuh rintangan. Sedangkan motif mega mendung khas Cirebon menceritakan tentang kehidupan. 

Artis yang Menggunakan Pernikahan Sunda

Memiliki darah Sunda, beberapa artis cantik ini menggunakan tema pernikahan Sunda di hari spesialnya. Saat menikah dengan Hamis Daud, penyanyi cantik Raisa menggunakan tema pernikahan Sunda.

Raisa menikah dengan tema pengantin Sunda
Pernikahan Raisa/.instagram.com/raisa6690/

Saat hari pernikahan Raisa menggunakan kebaya panjang berwarna putih yang dipadukan dengan kain batik berwarna cokelat, lengkap dengan siger dan kembang goyang. Selain Raisa, teman seprofesinya Syahrini juga menggunakan adat Sunda saat menikah dengan pengusaha muda Reino Barack. 

Syahrini menikah dengan menggunakan tema pengantin Sunda
Pernikahan Syahrini/instagram.com/princessyahrini/

Penyanyi tembang "Jangan Memilih Aku" ini tampak cantik dengan natural makeup saat menggunakan adat Sunda. Selain Syahrini dan Raisa, banyak artis juga yang menggunakan adat Sunda sebagai tema pernikahanya diantaranya adalah Syahnaz, Ayudia, Citra Kirana, Nagita Slavina, Fitri Tropica dan Nia Ramadhani. Tertarik untuk menggunakan pernikahan Sunda yang bikin mangkling kaya artis di atas? 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id