sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Maya Septha Ungkap 3 Pertanyaan Penting untuk Pasangan Sebelum Menikah

Dian Aprilia | Minggu, 18 Oct 2020 11:30 WIB
Maya Septha Ungkap 3 Pertanyaan Penting untuk Pasangan Sebelum Menikah
Maya Septha dan suami/Instagram/mayaseptha7
Jakarta -

Pernikahan adalah salah satu momen sakral dalam perjalanan hidup kita. Untuk itu, sebelum masuk di jenjang itu pasti kita akan melakukan persiapan dengan sungguh-sungguh dan cermat. Benar kan, Ladies?

Salah satunya saat memutuskan untuk merencanakan kehidupan setelah pernikahan. Hal ini menjadi hal yang cukup penting untuk dibicarakan dengan pasangan sebelum memutuskan untuk menikah.

Dalam hal ini, Maya Septa, publik figur yang cukup sering menyuarakan tentang hubungan pasangan dan kiat pernikahan menyebut ada tiga pertanyaan penting yang perlu diajukan ke pasangan sebelum menikah. 


Maya mengunggah pesan tersebut dalam video Tiktok di akun instagramnya.

[Gambas:Instagram]


Ia menjelaskan bahwa 3 pertanyaan ini bisa berpengaruh cukup besar terhadap keharmonisan rumah tangga lho, berikut daftarnya:

1. Mau tinggal dimana setelah menikah?

Ilustrasi diskusi tempat tinggal
Ilustrasi/pexels.com

“Udah punya rumah sendiri? Mau tinggal dengan mertua? Ngontrak? Atau ngekost? Nah, yang penting dua-duanya sepakat dan kalau keberatan bisa diomongkan mulai dari sekarang,” ujar Maya dalam cuplikan video Tiktoknya.

Salah satu pembicaraan paling penting sebelum memutuskan untuk menikah adalah tempat tinggal. Terkadang seseorang memiliki prinsip tertentu mengenai tempat tinggal.

Bagi anak bungsu, biasanya ingin tetap tinggal di rumah bersama orang tua. Ada juga yang enggan tinggal di kota lain selain kota asalnya.

Selain itu bagi yang memutuskan untuk tinggal bersama mertua, perlu dibicarakan lebih lanjut terkait kebiasaan di rumah mertua agar bisa menjadi pertimbangan pasangan. Hal ini tentu akan berkaitan dengan kenyamanan selama hidup bersama.

2. Berapa penghasilan dan pengeluaran?

Ilustrasi diskusi keuangan
Ilustrasi/pexels.com

“Berapa penghasilan masing-masing? Berapa pengeluaran masing-masing? Apakah punya kredit, hutang, atau tanggungan tertentu?” lanjut Maya.

Sebagian besar pasangan yang bercerai disebabkan oleh faktor ekonomi, dan paling banyak dikarenakan pihak laki-laki tak mampu menafkahi keluarga dengan baik.

Untuk itu perihal mengatur keuangan setelah pernikahan ini menjadi salah satu hal yang penting. Sebab jika asal-asalan, kondisi keuangan yang buruk bisa menjadi konflik utama dalam pernikahanmu.

Sebagaimana yang diungkapkan Maya, sebaiknya kamu rinci penghasilan dan pengeluaran masing-masing, kemudian seluruh tanggungan agar ada keterbukaan semenjak awal terkait kondisi keuangan masing-masing. Jangan sampai saat menikah kamu justru terbebani dan terpaksa bayar hutang pasangan ya. 

3. Bagaimana pengaturan uang setelah menikah?

Ilustrasi diskusi keuangan
Ilustrasi/pexels.com

“Apakah apa-apa dibayar berdua? Apakah semua ditanggung suami? Apakah pengeluaran dibagi dua? Apakah uang dipegang suami/istri? Apakah uang diatur suami/istri/berdua?” pungkas Maya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Jeffrey Dew yang dipublikasikan dalam Journal of Financial Therapy, menemukan bahwa membicarakan masalah keuangan sebelum menikah itu penting.

Tak hanya bisa tahu tentang keuangan, tapi juga komitmen, rasa hormat, keadilan dan kekuatan dalam hubungan.

Untuk itu, pembagian kewenangan dalam keuangan rumah tangga juga cukup penting untuk dibicarakan. Hal ini agar kehidupan rumah tangga yang akan kamu jalankan bisa lebih damai, jelas dan mantap dalam melangkah.

Rincikan siapa yang akan biayai kebutuhan bulanan, pendidikan anak, cicilan rumah, menabung, investasi, dan lainnya. Diskusikan dengan matang dengan mempertimbangkan kapasitas masing-masing ya, Ladies.

Itulah 3 pertanyaan yang wajib kamu tanyakan pada pasanganmu sebelum menikah. Tidak ada jawaban benar atau salah, yang terpenting adalah keterbukaan dan juga kesepakatan kedua belah pihak.

Berhati-hati dan cermat di awal jauh lebih baik dibandingkan cepat dan tergesa namun akhirnya berujung pada konflik atau bahkan perpisahan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id