sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pernikahan Membuat Seseorang Jadi Lebih Mandiri dari Sebelumnya, Valid No Debat?

Astari Dewi Larasati | Jumat, 08 Jan 2021 07:30 WIB
Pernikahan Membuat Seseorang Jadi Lebih Mandiri dari Sebelumnya, Valid No Debat?
caption
Jakarta -

Memasuki jenjang serius dalam pernikahan memang membutuhkan komitmen dari awal. Salah satunya saat memutuskan untuk menikah dan terikat oleh orang yang dicintai. Walaupun menikah akan membuat semua kegiatan jadi banyak dilakukan berdua, namun ada saat dimana harus bersikap mandiri.

Pernikahan yang sehat dan berlandaskan kepercayaan akan membuat seseorang menjadi diri sendiri. Untuk meminta apa yang dibutuhkan, mengeluarkan pendapat, dan menetapkan impian besar. Jadi pasangan dan diri sendiri akan jadi lebih mandiri dan kuat dari sebelumnya.

Menciptakan ruang sendiri

Coba respect tiap keputusan dan perlakuan pasangan agar menciptakan hubungan harmonis serta gairah.
Freepik.com

Walaupun pasangan secara sah terikat, namun tiap orang punya privasi masing-masing. Karena tiap individu punya minat, preferensi, dan kebutuhan yang berbeda. Jangan paksakan kehendak pasangan dan terkesan banyak melarang.

Coba respect tiap keputusan dan perlakuan pasangan agar menciptakan hubungan harmonis serta gairah dalam kehidupan pernikahan. Dari sini akan menumbuhkan sifat mandiri untuk memenuhi minatnya tanpa bantuan pasangan.

Dukungan membangkitkan kepercayaan diri

Pasangan yang saling mendukung akan membangkitkan kepercayaan diri.
Freepik.com

Percaya atau tidak, dukungan sekecil apapun dapat mendorong perubahan besar bagi seseorang. Seperti dalam kehidupan pernikahan, apabila pasangan saling mendukung satu sama lain maka akan membangkitkan kepercayaan diri.

Bahkan akan membantu pasangan menjadi pribadi yang lebih baik dan mandiri dalam melakukan pekerjaannya. Misalnya suami yang mendukung karir istri akan membuat pekerjaan semakin stabil dan hidup sejahtera. Karena kritik dan perilaku negatif dapat menjadi hambatan.

Tahu permasalahan tanpa diberitahu

Permasalahan paling umum dalam kehidupan pernikahan adalah kesalahpahaman.
Freepik.com

Permasalahan paling umum dalam kehidupan pernikahan adalah kesalahpahaman. Namun jika seseorang tahu permasalahan yang dihadapi pasangan tanpa diberitahu. Maka ini adalah salah satu tanda kemandirian dan rasa cinta yang tulus.

Tunggu waktu hingga pasangan merasa lebih baik dan berikan solusi. Sebaliknya bagi yang mempunyai masalah, ingat bahwa ada pasangan yang selalu mendukung dan tidak perlu menyelesaikan sendirian.

Bersikap fleksibel dan berkomunikasi

Karena keberhasilan dalam pernikahan adalah komunikasi.
Freepik.com

Kemandirian adalah pedang bermata dua dalam arti bahwa pasangan harus tetap menjaga komunikasi, tetapi tetap harus bersikap fleksibel. Jadi mandiri bukan berarti melakukan semua hal sendiri tanpa berkomunikasi terlebih dahulu dengan pasangan. Karena keberhasilan dalam pernikahan adalah komunikasi. Bermanfaat untuk tetap keep in touch, mengurangi kesalahpahaman, dan menjaga hubungan tetap harmonis.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id