sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sering Diabaikan, Ternyata Ini 5 Manfaat Konseling Pranikah!

Lifia Mawaddah Putri | Sabtu, 10 Apr 2021 19:00 WIB
Sering Diabaikan, Ternyata Ini 5 Manfaat Konseling Pranikah!
caption

Menikah tentunya adalah keinginan dari setiap pasangan. Tapi sayangnya, enggak banyak yang menyadari bahwa membangun rumah tangga enggak semudah yang dibayangkan. Ada banyak sekali masalah internal maupun eksternal yang akan menghampiri.

Kalau enggak bisa menanganinya dengan baik, kemungkinan besar perceraian pun akan terjadi. Oleh sebab itu, konseling pranikah menjadi salah satu hal penting untuk kamu lakukan. Yuk simak 5 manfaatnya berikut ini!

Mengetahui Kadar Kesiapan Mental

Sebelum menikah, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dulu. Hal utama yang harus kamu pertimbangkan adalah kesiapan mental.
Konseling/freepik.com

Sebelum menikah, banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terlebih dulu. Hal utama yang harus kamu pertimbangkan adalah kesiapan mental. Sebab, ini adalah hal yang sangat penting. Kalau mentalmu belum siap, bisa-bisa pernikahanmu akan berakhir perpisahan. Untuk memastikan seberapa besar kadar kesiapan mentalmu, kamu dan pasangan perlu mengikuti konsultasi pranikah.

Menciptakan Komunikasi yang Lebih Baik

Komunikasi yang baik adalah kunci sukses dari sebuah hubungan. Namun, komunikasi yang baik saat masih pacaran enggak menjamin komunikasi yang baik pula saat sudah menikah. Jadi, kamu harus memahami konsep pernikahan terlebih dulu untuk membangun komunikasi yang baik. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti konsultasi pranikah.

Menemukan Pola Asuh yang Tepat

Dengan mengikuti konseling pranikah, kamu dan pasangan akan mendapat beberapa ilmu baru tentang pola asuh yang tepat.
Keluarga/freepik.com

Umumnya, urusan pola asuh belum terpikir oleh pasangan yang hendak menikah. Sebab biasanya mereka berpikir bahwa hal ini bisa dipikirkan nanti. Padahal, menentukan pola asuh anak penting untuk dibicarakan sejak awal lho, Beautynesian. Hal ini dikarenakan perbedaan dalam mengasuh anak dapat memicu masalah dalam berumah tangga. Dengan mengikuti konseling pranikah, kamu dan pasangan akan mendapat beberapa ilmu baru tentang pola asuh yang tepat.

Memudahkan Pasangan untuk Mengelola Keuangan

Selain pola asuh anak, masalah keuangan juga enggak bisa disepelekan. Sebab, keuangan juga merupakan salah satu hal yang dapat bisa memicu pertengkaran dalam berumah tangga. Nah, jika kamu mengikuti konseling pranikah, kamu bisa belajar tentang cara mengelola keuangan yang tepat. Selain untuk mengelola acara pernikahan, pengelolaan keuangan ini juga bisa kamu terapkan ketika sudah hidup bersama pasangan kelak.

Mengurangi Risiko Perceraian

Tentu enggak ada satupun pasangan yang ingin pernikahannya berujung perceraian. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan konseling pranikah.
Pasangan Kekasih/freepik.com

Tentu enggak ada satupun pasangan yang ingin pernikahannya berujung perceraian. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan melakukan konseling pranikah. Dengan melakukan konsultasi ini, kamu dan pasangan akan mendapatkan banyak tips untuk menghadapi permasalahan dalam berumah tangga. Sehingga, kamu dan pasangan bisa lebih siap untuk menjalaninya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id