sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Mengatasi Drama Keluarga di Hari Pernikahanmu

Grace Purba | Rabu, 07 Aug 2019 10:30 WIB
Tips Mengatasi Drama Keluarga di Hari Pernikahanmu
caption
Setiap keluarga memiliki masalah masing-masing, tetapi pernikahan dimaksudkan untuk menjadi waktu sukacita dan sebagai salah satu acara yang penting, bukan malah untuk menyuarakan berbagai keluhan. Jadi, jika kamu mendapati dirimu dengan daftar tamu yang penuh dengan kerabat yang tidak dapat saling mendukung, berikut beberapa tips untuk menghindari drama keluarga di hari bahagiamu.

Bicaralah Pada Keluarga


Meskipun sebagian besar dari kita lebih suka menghindari mendiskusikan hubungan yang sulit tentang tamu yang bermasalah, namun komunikasi yang jelas antara kamu dan mereka sangatlah penting.

Jelaskan bahwa kamu khawatir tentang bagaimana mereka merasa harus menghabiskan seluruh resepsi di sebuah ruangan dengan orang yang memiliki masalah dengan mereka lalu cobalah untuk menemukan solusi. Pastikan semua pihak tahu bahwa kamu bersedia mendiskusikan situasi yang terjadi dan memberi mereka kesempatan untuk menceritakan masalah mereka juga.


Foto: Istimewa

Jadilah Fleksibel


Karena ini adalah pernikahanmu, kamu dapat melakukan hal-hal yang kamu suka. Tidak ada yang mengatakan bahwa kamu harus tetap berpegang pada tradisi. Jika kamu tidak ingin ayahmu mengantarmu ke lorong menuju pelaminan, maka kamu bisa melakukannya.

Jika kamu tidak ingin nama orang tuamu dicantumkan diundangan, kamu juga bisa melakukannya. Kamu tidak harus menempatkan pasangan dan kamu sendiri dalam situasi yang canggung atau tidak nyaman demi melakukan tradisi.


Foto: Istimewa

Jangan Mengabaikan Masalah Meskipun Kecil


Kalau kamu berpikir potensi bahwa konflik akan hilang jika kamu mengabaikannya, sebaiknya pikirkan lagi. Berpura-pura tidak peduli dan mengabaikan masalah justru bisa membuat masalah tersebut menjadi semakin besar. Sebaiknya bersikaplah terbuka dan jujur tentang masalah danĀ  cobalah mengatasinya dengan baik sebelum hari pernikahanmu.



Foto: Istimewa

Praktis


Sesuatu yang sederhana seperti memilih tata letak meja yang telat dapat menghindari banyak ketidaknyamanan di hari besar. Kenali tata letak tempat pernikahanmu dan tempatkanlah para tamu sesuai dengan keadaan mereka. Menempatkan kerabat yang memiliki rasa amarah di meja yang sama atau meja yang berdekatan makan menimbulkan masalah besar.
Foto: Istimewa

Tetap Bersatu


Saat menangani masalah keluarga 'rumit', penting bagimu dan pasangan untuk bekerja sama sebagai satu tim. Komunikasi sangat penting dan semua keputusan tentang siapa yang akan diundang dan siapa yang tidak diundang harus bersuara bulat, terutama jika friksi tersebut berasal dari ketidaksukaan seorang tamu terhadap kamu atau calon pasanganmu.

Kamu tentu akan mengundang masalah jika kamu dan pasanganmu memiliki sikap yang berbeda tentang hal-hal penting seperti itu, jadi bicarakan terlebih dahulu secara bersama-sama.


Foto: Istimewa
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id