sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tips Tidur Cukup Jelang Pernikahan

Anggiputriw | Jumat, 14 Jun 2019 09:30 WIB
Tips Tidur Cukup Jelang Pernikahan
caption
Menjelang hari pernikahan, pasti banyak persiapan yang harus dilakukan. Kesibukan itu tentu juga turut menyita waktu dan tenaga sang calon pengantin. Tak heran jika mendekati hari istimewa tersebut, muncul masalah seperti kurang tidur. Lalu bagaimana agar bisa tidur nyenyak jelang pernikahan? Tips di bawah ini bisa kamu lakukan.

1. Nonaktifkan Media Sosial


Satu hal yang bisa mengganggu waktu istirahat adalah media sosial yang bergantian memunculkan notifikasi. Terus memainkan gadget juga bisa menguras tenaga dan pikiran sehingga akan membuat sulit tidur. Maka jika ingin tidur berkualitas, jangan menyentuh gadget dan berselancar di media sosial. Karena radiasi dari layar gadget juga berpengaruh terhadap mata dan kinerja otak.
 


Foto: https://www.pixabay.com

2. Kurangi Kafein


Untuk meredakan pikiran yang tegang, mungkin kopi atau minuman berkafein lainnya bisa menjadi pilihan. Namun terlalu banyak mengonsumsinya justru akan menimbulkan masalah baru terutama kesulitan untuk tidur. Sebisa mungkin hindari minuman berkafein beberapa hari menjelang hari pernikahan meski itu minuman kesukaanmu.
 


Foto: https://www.pixabay.com/

3. Olahraga Teratur


Mungkin kamu berpikir enggak ada waktu untuk melakukan olahraga di tengah kesibukan menyiapkan pernikahan. Tapi kamu pasti akan senang hati melakukannya jika tahu bahwa olahraga berguna untuk meredakan stress. Stress tentu akan membuat sulit tidur. Enggak perlu olahraga berat, cukup rutinkan olaharaga ringan seperti berjalan cepat, jogging atau bersepeda santai yang enggak akan terlalu banyak menyita waktu.
 


Foto: https://www.insuara.com/

4. Perhatikan Asupan Makanan


Bukan hanya menghindari minuman berkafein, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan jelang pernikahan. Ada banyak pilihan makanan yang bisa membantumu tidur lebih cepat dan nyenyak. Misalnya keju atau yogurt yang mengandung kalsium dan dapat meningkatkan melatonin. Selada, kentang, ikan tuna, pisang dan buncis juga dipercaya punya segudang manfaat untuk membantu masalah tidurmu.
 


Foto: https://www.pixabay.com/

5. Lakukan Meditasi


Menjelang hari bahagia pasti selalu ada rasa gugup atau tegang. Perasaan tersebut bisa menganggu jadwal tidur. Coba lakukan meditasi setiap malam menjelang tidur. Duduk dengan tenang lalu tarik nafas dalam-dalam. Bayangkan hari pernikahanmu akan berlalu dengan lancar dan membahagiakan semua orang. Pikirkan kamu sedang mengenakan busana pengantin cantik dengan wajah cerah dan senyum yang lebar. Membayangkannya akan membuatmu lebih rileks.
 


Foto: https://doktersehat.com/

6. Terapkan Disiplin


Setelah tahu semua tips untuk tidur nyenyak menjelang pernikahan, maka kamu harus berkomitmen untuk mendisiplinkan semua jadwal yang sudah kamu rancang. Jika perlu buatlah daftar kegiatan agar aktivitasmu semakin teratur. Terbiasa melakukan semua hal tepat waktu akan membantumu terhindar dari stress yang akan menganggu ketenangan saat tidur. Disiplin dalam kegiatan juga membantu menjaga ritme biologis tubuh.
 


Foto: https://www.alona.co.id/
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id