Kolaborasi telah jadi proyek yang rutin dilakukan oleh para label fashion di setiap tahunnya. Jika awalnya hanya terjadi antara fast fashion dengan desainer kenamaan semisal H&M dengan Balmain, kini para label fashion mewah pun tak ragu untuk saling berkolaborasi sekalipun di atas kertas mereka adalah kompetitor.
Tentunya selain brand, selebriti juga masih jadi opsi favorit sebagai kolaborator. Nama besar dan personal style sang selebriti yang selaras dengan citra maupun karakter desain brand bersangkutan jadi alasan kuat.
Berikut sederet kolaborasi label fashion paling viral selama tahun 2022.
1. Loewe x Spirited Away
Nostalgia tampaknya jadi formula favorit Jonathan Anderson selaku creative director Loewe saat memilih kolaborator. Setelah sukses lewat koleksi bertemakan film My Neighbor Totoro (1988), pada tahun ini Loewe merilis kreasi terinspirasi dari karya Studio Ghibli lainnya yakni Spirited Away (2001).
"Saya menyukai bagaimana Studio Ghibli menghadirkan karya yang emosional dalam sebuah gambar. Spirited Away adalah salah satu film favorit saya sepanjang masa," terang Anderson kepada Vogue.
Sederet tokoh dari film ini pun ditampilkan dalam berbagai busana dan aksesori ikonis Loewe. Seperti sweater rajutan, tas Loewe Puzzle, dan Loewe Hammock.
2. Jacquemus x Nike
Situs pencarian barang fashion Lyst menobatkan Jacquemus x Nike sebagai proyek kolaborasi paling viral pada tahun 2022 ini. Jacquemus, desainer favorit selebriti seperti Rihanna dan Dua Lipa yang identik dengan gaya yang seksi dipilih Nike untuk menampilkan koleksi busana dan sepatu yang berkesan modern dan fashionable.
Highsnobiety melaporkan bahwa sehari setelah sang desainer memamerkan koleksinya pada 28 Juni 2022, situs Jacquemus langsung crashed atau tak bisa diakses.
Melihat besarnya antusias para pencinta fashion pada koleksi ini khususnya sneakers Air Humara rancangan Jacquemus, Nike dan sang desainer pun merilis versi teranyar sepatu tersebut yakni dalam warna pink pada Desember ini.
3. Gucci x Adidas
Pada perhelatan fashion show koleski fall/winter 2022 di Milan Fashion Week, Gucci turut menampilkan koleksi kolaborasinya bersama Adidas.
Kombinasi gaya sporty dan retro penuh warna pun jadi tema koleksi keduanya. Selain itu logo Adidas juga tampak banyak menghiasi kreasi ikonis Gucci seperti tas Horsebit 1955 dan sneakers.
Koleksi ini sempat jadi kontroversi ketika turut merilis sebuah payung seharga 1290 USD atau sekitar Rp20 jutaan. Dengan harga yang fantastis, sayangnya payung tersebut nyatanya tak bisa dipakai untuk menangkal hujan dan hanya diperuntukkan untuk kepentingan gaya semata.
4. Balenciaga x Adidas
Tak hanya Gucci, Adidas juga menjalin kerja sama bersama label fashion mewah lainnya yakni Balenciaga. Berbeda dengan Gucci, koleksi yang ditawarkan lebih nyentrik. Balenciaga memamerkan kolaborasinya dengan Adidas bersamaan dengan peragaan koleksi resort 2023 yang berlangsung di New York Stock Exchange, Mei 2022.
Dari tracksuit hingga tas berhiaskan logo Adidas, Balenciaga melengkapi penampilan tiap model dengan topeng latex agar terlihat dramatis. Tampil sebagai bintang iklan dari koleksi ini adalah Bella Hadid dan aktris Han So Hee.
5. Uniqlo x Marni
Uniqlo membuat gebrakan dalam proyek kolaborasinya di tahun 2022 ini dengan menggandeng label asal Italia, Marni. Identik dengan garis desain penuh warna, koleksi Uniqlo x Marni menawarkan busana kasual seperti T-shirt dalam kombinasi corak garis dan warna, kemeja corak bunga, dan juga dress.
Laku keras, Uniqlo x Marni pun kembali hadir pada Desember ini. Tak hanya busana dan aksesori, kali ini keduanya juga menawarkan furoshiki atau syal yang kerap dipakai masyarakat Jepang untuk membungkus bingkisan.
Simak proyek kolaborasi fashion viral lainnya di halaman selanjutnya Beauties.