sign up SIGN UP

4 Fakta Menarik Tentang CK ONE, Parfum Ikonis Era 90an yang Tetap Menjadi Favorit Hingga Sekarang Ini

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Senin, 01 Nov 2021 22:00 WIB
4 Fakta Menarik Tentang CK ONE, Parfum Ikonis Era 90an yang Tetap Menjadi Favorit Hingga Sekarang Ini
caption

Rumah mode Calvin Klein terkenal sebagai label busana dengan desain minimalis. Kerap mengambil tema sensualitas dalam koleksinya, Calvin Klein tidak hanya sukses meluncurkan deretan pakaian yang apik, tapi juga parfum yang tidak kalah menarik. Pertama didirikan tahun 1968 oleh Calvin Klein, rumah mode asal Amerika Serikat tersebut mulai meluncurkan parfum perdananya, Calvin, tahun 1981. Sejak saat itu hingga sekarang, Calvin Klein telah meluncurkan sekitar 173 parfum untuk semua gender. Dari banyaknya parfum yang meraih popularitas, terdapat satu parfum yang wajib jadi sorotan, Beauties. Parfum simbolis pemuda Amerika Serikat era tahun 90an, Calvin Klein CK One.

Keunikan CK One terletak pada kampanyenya yang berbeda dan diluncurkan pada waktu yang tepat. Hingga saat ini penjualan CK One masih relatif tinggi, yaitu 30 juta USD setiap tahunnya––menjadi salah satu parfum Calvin Klein terfavorit. Beraroma citrus sebagai top notes, diikuti dengan aroma hangat dari musk dan sandalwood, parfum ini langsung memasuki masa kejayaannya tepat setelah peluncuran. Baca selengkapnya berikut ini yuk!



1. Pertama Diluncurkan Tahun 1994 

Pertama dirilis tahun 1994/
Pertama dirilis tahun 1994/ Foto: pinterest.com/modelsdotcom

Walaupun parfum CK One berasal dari Amerika dan dibuat dengan mengingat pemuda Amerika, pembuat parfum yang berhasil meramu CK One adalah Alberto Morillas dan Harry Fremont yang berkebangsaan Spanyol dan Prancis. Wewangian yang clean menjadi daya tarik bagi target pasar saat itu. Setelah era tahun 80an dipenuhi parfum beraroma sensual, scent yang segar pun menjadi incaran. Karenanya, tahun 1994 diperkenalkan CK One oleh rumah mode Calvin Klein dengan kampanye freedom, kesetaraan gender, dan toleransi perbedaan.

2. Parfum Unisex Pertama yang Dipasarkan Secara Terbuka

Parfum unisex/
Parfum unisex/ Foto: pinterest.com/Farmer Homer

Pada awalnya semua parfum merupakan parfum genderless atau tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Namun pada tahun 1930an, parfum mulai dibedakan untuk laki-laki dan perempuan. Walaupun sebelumnya parfum bersifat genderless, CK One menjadi parfum pertama yang secara terbuka mengiklankan bahwa parfum tersebut bersifat unisex. Ditambah dengan iklan yang cenderung revolusioner, para pemuda Amerika Serikat saat itu semakin tertarik untuk mencobanya.

3. Julukan Parfum Generasi X

Parfum generasi X/
Parfum generasi X/ Foto: pinterest.com/bkmag.com

Sejak pertama diluncurkan, CK One sukses mencuri perhatian generasi muda tahun 90an atau generasi X. Dalam 10 hari pertama, ia berhasil meraup sekitar 5 juta USD, yakni 20 botol parfum berhasil terjual setiap menitnya. Kesuksesan ini tidak berhenti di situ lho, Beauties! Pada pertengahan tahun 1990an, penjualan CK One mencapai nilai tertinggi dengan penjualan tahunan 90 juta USD. Saking larisnya, aroma CK One sering ditemui di kalangan pemuda. Tidak heran jika parfum ini dijuluki sebagai parfum generasi X, bukan?

4. Melambangkan Liberasi dan Androgini

Kampanye CK One 1994/
Kampanye CK One 1994/ Foto: pinterest.com/modelsdotcom

Tidak hanya ditangkap sebagai aroma yang pantas dikenakan laki-laki dan perempuan, parfum yang berbotol sederhana layaknya botol minuman itu juga menunjukkan representasi liberasi dan androgini dalam iklannya. Menggandeng supermodel Kate Moss sebagai juru bicara, iklan berdurasi 12 detik parfum CK One berhasil mengemas idealisme generasi X dengan deretan laki-laki dan perempuan yang dari segala latar belakang dan menggambarkan kebebasan untuk unjuk jati diri.

Dilansir dari berbagai sumber, itulah 4 fakta unik dari parfum legendaris dari Calvin Klein, CK One.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id