sign up SIGN UP

5 Kiat Memutihkan Kuku yang Menguning! Dijamin Aman dan Efektif

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Selasa, 07 Dec 2021 06:30 WIB
5 Kiat Memutihkan Kuku yang Menguning! Dijamin Aman dan Efektif
caption

Pada umumnya kuku identik dengan warna putih dan sedikit transparan sehingga kulit di bagian bawah bisa terlihat. Namun terkadang kuku bisa berubah menjadi berwarna kekuningan dan kusam. Menurut Medical News Today, ada beberapa penyebab kuku menjadi kuning, yaitu infeksi jamur, kurang asupan vitamin dan mineral atau penyakit-penyakit tertentu.

Kuku yang sehat akan berwarna cerah dan sangat mudah diwarnai. Sedangkan kuku yang cenderung kuning, tak hanya mengganggu penampilan, namun mudah patah dan sangat rapuh. Tapi tenang saja, kamu bisa membuat kuku sehat kembali dan mencerahkannya dengan cara-cara berikut!

1. Konsumsi Makanan yang Menunjang Kesehatan Kuku

Memutihkan kuku yang menguning
Memutihkan kuku yang menguning/Foto: Freepik.com/Pressaimage

Agar kuku menjadi sehat dan terawat, kamu juga perlu mengatur pola makan. Makanlah makanan yang sehat dan mengandung biotin seperti kacang-kacangan, biji-bijian atau kuning telur, karena biotin dapat membantu mengatasi kuku jari yang rapuh, kering dan pecah.

Selain biotin, kamu juga perlu memberikan asupan vitamin C pada tubuh untuk memproduksi kolagen agar pertumbuhan kuku lebih sehat. Zat besi juga sangat penting untuk kesehatan kuku karena merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan dalam merawat kuku.

Kamu bisa mendapatkan vitamin C alami dari buah citrus, stroberi, paprika dan lain-lain. Sedangkan zat besi bisa kamu dapatkan dari protein hewani seperti daging sapi, ayam, ikan, telur dan sayuran berdaun hijau.

2. Rawat Kuku dengan Minyak Tea Tree dan Zaitun

Memutihkan kuku yang menguning
Memutihkan kuku yang menguning/Foto: Freepik.com/Rawpixel

Warna kuning pada kuku juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri sehingga kamu perlu mengoleskan minyak tea tree secara rutin pada kuku yang menguning. Caranya cukup mudah, campurkan 1 sampai 2 tetes minyak tea tree dengan minyak zaitun, lalu oleskan pada kuku setiap hari.

3. Rendam Kuku dengan Larutan Soda Kue

Memutihkan kuku yang menguning
Memutihkan kuku yang menguning/Foto: Freepik.com/Freepik

Memutihkan kuku karena infeksi jamur juga bisa menggunakan larutan soda kue. Karena jamur hanya dapat tumbuh di lingkungan yang kadar keasamannya tinggi, kamu bisa memanfaatkan soda kue yang menciptakan lingkungan basa. Siapkan sedikit air panas, kemudian campurkan dengan soda kue. Setelah agak hangat, kamu bisa merendam kuku pada larutan soda kue tersebut.

4. Rendam Kuku dengan Air Garam

Memutihkan kuku yang menguning
Memutihkan kuku yang menguning/Foto: Freepik.com/Rawpixel

Selain soda kue, kamu juga bisa merendam kuku dengan air garam. Kamu hanya perlu menyiapkan semangkuk besar air hangat dan garam sebanyak 4 hingga 5 sendok makan. Kemudian rendam kuku ke dalam mangkuk sambil di gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi yang permukaanya lembut.

5. Oleskan Cuka Apel Setiap Hari

Memutihkan kuku yang menguning
Memutihkan kuku yang menguning/Foto: Freepik.com/Rawpixel

Cara lain yang lebih simpel agar kuku menjadi sehat dan cerah adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Kamu hanya perlu mengoleskan cuka apel ke kuku secara rutin setiap hari. Pastikan kuku sudah dalam keadaan bersih sebelum mengoleskan cuka apel. Kemudian diamkan hingga mengering lalu bilas kembali dengan air.

Selain menerapkan beberapa cara di atas, kamu juga perlu menghindari minuman berkafein atau alkohol berlebihan dan perbanyak minum air putih demi mendapatkan kuku putih, bersih dan sehat.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id