sign up SIGN UP

5 Kiat Styling Rambut untuk Rambut yang Menipis Karena Rontok

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Minggu, 05 Dec 2021 21:30 WIB
5 Kiat Styling Rambut untuk Rambut yang Menipis Karena Rontok
caption

Memiliki rambut tebal, indah, dan berkilau selalu menjadi dambaan setiap orang. Namun, tidak sedikit dari mereka yang justru mengalami permasalahan rambut sehingga sulit mendapatkan rambut impian itu. Rambut rontok menjadi salah satu permasalahan paling umum dialami. Rontok yang parah akan membuat rambut semakin tipis dan mengurangi kepercayaan diri. Menghindari heating tools, menggunakan produk penebal dan penumbuh rambut mungkin bisa memperbaiki kerontokan tersebut. Tapi jika rambutmu masih terlihat tipis, jangan sedih dulu, Beauties! Ada trik tersendiri agar membuat rambut tetap terlihat lebih tebal dan cantik, tanpa harus membuatnya semakin rontok. Berikut ini diantaranya.


1. Ganti Belahan Rambut 

Ubah belahan rambut/
Ubah belahan rambut/ Foto: pinterest.com/The Right Hairstyles

Rambut rontok yang menyebabkan kebotakan di area tertentu memang mengurangi estetika penampilan. Biasanya, area belahan rambut paling sering mengalami penipisan dan jarak semakin lebar. Nah, cara paling mudah mengatasi bagian yang botak akibat kerontokan adalah dengan mengganti belahan rambut. Baik belah tengah maupun pinggir kanan atau kiri, kamu bisa gonta-ganti belahan rambut untuk sementara waktu hingga area yang botak mulai ditumbuhi rambut kembali.

2. Hindari Menggunakan Topi

Hindari penggunaan topi/
Hindari penggunaan topi/ Foto: pinterest.com/Hair Adviser

Solusi menutupi rambut yang tipis dengan topi memang terdengar praktis dan fungsional, seperti melindungi rambut dari sinar matahari. Namun, menggunakan topi terlalu sering juga akan memberikan dampak negatif seperti yang dilansir dari laman Martha Stewart. Temperatur dalam kulit kepala akan meningkat jika terus-menerus tertutup topi sehingga keringat dan bakteri akan menyebar. Pada akhirnya, hal ini berkontribusi menyebabkan kerontokan rambut. 

3. Styling Rambut Secara Natural dan Longgar

Loose ponytail/
Loose ponytail/ Foto: pinterest.com/Who What Wear UK

Untuk menata rambut agar tampak lebih rapi, selalu hindari penggunaan heating tools yang akan semakin merusak rambut. Sebagai alternatif, kamu bisa styling rambut secara alami dengan jepit rambut atau bando. Jika kamu ingin mengikat rambut, usahakan tidak menarik helaiannya dengan keras. Ikatlah dengan longgar, seperti tatanan loose ponytail, loose braid, atau messy bun.

4. Coba Potongan Rambut Bob

Gaya rambut bob/
Gaya rambut bob/ Foto: pinterest.com/AllThingsHair

Selain memberikan kesan modern chic, potongan rambut bob juga memberikan ilusi rambut terlihat lebih tebal. Hal ini dikarenakan potongan yang sama rata membentuk tampilan helaian rambut yang tipis menjadi relatif lebih tebal. Baik choppy bob maupun angled bob, potongan rambut ini akan memberikan ekstra volume yang kamu butuhkan pada rambut.

5. Pixie Cut

Gaya rambut pixie cut/
Gaya rambut pixie cut/ Foto: pinterest.com/InStyle

Selain gaya rambut bob, kamu bisa tampil beda dengan model pixie cut. Selain mengurangi kerontokan dan menutupi rambut tipis, potongan rambut ini membuatmu tampak lebih bold dan stylish, Beauties. Gaya rambut super pendek ini juga memberikan siluet leher yang panjang. So it’s a win-win after all.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id