sign up SIGN UP

5 Maskapai Penerbangan Internasional Ini Punya Seragam Pramugari Ikonis dan Modis!

Krisyanti Asri | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 10:30 WIB
5 Maskapai Penerbangan Internasional Ini Punya Seragam Pramugari Ikonis dan Modis!
caption

Kamu yang hobi traveling menggunakan pesawat terbang, pasti sering memperhatikan seragam para awak kabin yang melayani penumpang. Sebuah maskapai penerbangan mempunyai ciri khas tersendiri pada seragam mereka, khususnya pramugari. Desain seragam mereka biasanya mengambil elemen dari negara asal maskapai itu sendiri. Ada beberapa maskapai penerbangan yang menjadikan pakaian tradisional sebagai seragam mereka. Pakaian tradisional dipilih karena dipercaya bisa menjadi identitas suatu negara lewat maskapai penerbangannya. 

Berikut ini adalah 5 maskapai penerbangan internasional dengan seragam pramugari yang ikonis dan modis. Apakah Indonesia termasuk salah satunya? 

Hainan Airlines

Seragam pramugari Hainan Airlines berdesain baju cheongsam berwarna putih
Pramugari Hainan Airlines/Foto : instagram.com/hainanairlines

Hainan Airlines adalah maskapai penerbangan yang berpusat di distrik Haikou, provinsi Hainan, China. Maskapai ini berdiri sejak tahun 1986 yang awalnya hanya melayani rute dalam negeri. Sampai tahun 2021, Hainan Airlines telah melayani 110 rute penerbangan domestik dan internasional hingga 28 negara. Maskapai besar di Asia ini mempunyai seragam khas yang dikenakan pramugarinya.

Terinspirasi dari gaun Cheongsam, seragam pramugarinya berupa dress selutut berwarna putih dengan motif bergambar awan dan air berwarna biru. Selain seragam utama, mereka juga punya blazer dan mantel panjang yang digunakan saat musim dingin tiba. 

Air France

Desain sederhana pramugari Air France dengan ciri khas ikat pinggang berbentuk pita berwarna merah
Pramugari Air France/foto : instagram.com/airfrance

Maskapai penerbangan satu ini merupakan salah satu maskapai tertua di dunia yang usianya mencapai 88 tahun. Air France berdiri pada tahun 1933 dan berpusat di Tremblay-en-france, Prancis. Di tahun 2019, Air France telah melayani lebih 36 penerbangan domestik dan 175 penerbangan internasional ke 93 negara. Mereka mempunyai seragam pramugari dengan desain sederhana namun terkesan elegan dan modis.

Didesain oleh perancang busana kenamaan Prancis, Christian Lacroix, seragam pramugari mereka berupa dress hitam berbahan premium drill. Yang menjadi ciri khas seragamnya adalah ikat pinggangnya berupa pita berwarna merah. 

Garuda Indonesia

Paduan kebaya dan batik motif parang Gondosuli pada seragam pramugari Garuda Indonesia
Pramugari Garuda Indonesia/Foto : instagram.com/garuda.indonesia

Dunia penerbangan internasional mengakui bahwa Garuda Indonesia juga merupakan salah satu maskapai dengan seragam pramugari terbaik di dunia. Garuda Indonesia berdiri pada tanggal 1 Agustus 1947 dan berpusat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Maskapai kebanggaan Indonesia ini telah melayani 96 rute domestik dan internasional. Ciri khas maskapai ini adalah seragam pramugarinya, yaitu berupa kebaya 4 warna dan kain batik motif parang Gondosuli. Setiap warna mewakili tingkatan pramugarinya. Warna hijau tosca dan oranye adalah para pramugari senior dan junior yang bertugas melayani penumpang di kabin. Sedangkan warna ungu dan biru dikenakan oleh para koordinator dan penanggung jawab pramugari yang bertugas di kabin. 

Emirates

Pramugari Emirates mempunyai seragam khas berupa topi merah dan scarf putih
Pramugari Emirates/Foto : instagram.com/emirates

Emirates adalah maskapai penerbangan yang berdiri pada tahun 1985 berpusat di Garhoud, Dubai, Uni Emirat Arab. Maskapai ini termasuk yang paling besar di negara-negara Timur Tengah. Emirates telah melayani lebih dari 150 rute penerbangan domestik dan internasional hingga 83 negara.

Maskapai ini juga mempunyai ciri khas pada seragam pramugarinya. Mereka mengenakan setelan blazer dan rok berwarna krem dan sepatu berwarna merah.

Di kepala, mereka mengenakan topi berwarna merah dan scarf berwarna putih yang menjuntai dari pinggiran topi hingga pundak. Para pramugari ini diwajibkan mengenakan lipstik berwarna merah yang senada dengan warna topinya. 

Fiji Airways

Seragam awak kabin Fiji Airways memasukkan elemen tradisional motif pakaian khas Fiji bernama Masi
Awak Kabin Fiji Airways/Foto : instagram.com/fly_fijiairways

Fiji Airways adalah maskapai penerbangan negara Fiji yang berdiri pada tahun 1947 dan berpusat di Bandara Internasional Nadi, Fiji. Maskapai ini telah melayani 13 rute penerbangan domestik dan internasional, termasuk ke Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat. Fiji Airways mempunyai seragam awak kabin yang unik banget lho! Mereka memasukkan elemen tradisional berupa motif pakaian khas Fiji yang bernama Masi.

Warna biru pada seragam mereka melambangkan keindahan warna langit dan perairan Fiji. Seragam awak kabin Fiji Airways merupakan besutan desainer kenamaan Fiji, Alexandra Poenaru-Philp. Keunikan seragam awak kabinnya ini menjadikan Fiji Airways masuk dalam 10 Maskapai Penerbangan Dengan Seragam Terbaik di Dunia. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id