sign up SIGN UP

5 Perhiasan Mewah Elizabeth Taylor yang Paling Legendaris, Nilainya Miliaran Rupiah!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Minggu, 11 Sep 2022 18:30 WIB
5 Perhiasan Mewah Elizabeth Taylor yang Paling Legendaris, Nilainya Miliaran Rupiah!
caption

Elizabeth Rosemond Taylor merupakan aktris kebangsaan Amerika yang populer pada masa golden age Hollywood. Selama hidupnya, perempuan yang lahir di London 27 Februari 1932 buktikan bakat akting luar biasa dengan membawa pulang 2 piala Oscar kategori Aktris Terbaik. Peran Liz Taylor sebagai Cleopatra merupakan salah satu yang paling legendaris, Beauties. Namun yang tidak kalah diingat dari bintang Hollywood ini adalah cintanya pada perhiasan. 

Elizabeth Taylor selalu totalitas dalam bergaya glamor menggunakan perhiasan mewah koleksinya. Bahkan ia rela mengenakan koleksi perhiasan pribadi dalam film yang dibintanginya, contohnya film The VIPs.

Perempuan yang menikah 8 kali dan bercerai 7 kali sebelum tutup usia di tahun 2011 ini meninggalkan banyak perhiasan yang kini diperebutkan, mulai dari cincin, bros, anting, sampai kalung. Berikut 5 diantaranya, Beauties.


Anting Chandelier

Chandelier earrings milik Liz Taylor/
Chandelier earrings milik Liz Taylor/ Foto: instagram.com/elizabethtaylor

Anting chandelier menjadi salah satu perhiasan Elizabeth Taylor yang laris di pelelangan. Anting berlian berdesain antik ini diketahui satu dari sekian favorit Taylor. Anting ini awalnya hanya berhias batu permata imitasi saat Taylor membelinya di sebuah butik di Paris. Beberapa bulan kemudian, Mike Todd suaminya mengubah permata imitasi tersebut dengan berlian asli.

Taylor pertama ditemui dengan telinga berhias anting tersebut di tahun 1959 dan 1992 pada acara Academy Awards. Pada tahun 2011, rumah lelang Christie’s sukses meraup 374.500 USD, yakni sekitar Rp 5 miliar, dari penjualan anting lampu gantung ini.


Kalung Daisy

Kalung daisy karya Van Cleef & Arpels milik Liz Taylor/
Kalung daisy karya Van Cleef & Arpels milik Liz Taylor/ Foto: instagram.com/elizabethtaylor

Kalung berlian bunga daisy karya Van Cleef & Arpels merupakan kalung statement milik Elizabeth Taylor yang tak mudah dilupakan. Ketika Taylor menerima penghargaan Jean Hersholt Humanitarian Academy Award berkat kegiatan aktivisnya, ia meminjam kalung daisy ini karena selaras dengan outfit-nya malam itu.

Namun, ia berakhir membeli kalung berhias batu permata chrysoprase dan berlian tersebut karena dianggap membawa keberuntungan baginya. Di pelelangan Christie’s, set kalung, bros dan ear clips berdesain daisy miliknya terjual seharga 746.500 USD atau setara Rp 11 miliar.


Kalung Emerald & Diamond

Liz Taylor memakai kalung emerald & diamond dari Bulgari/
Liz Taylor memakai kalung emerald & diamond dari Bulgari/ Foto: instagram.com/elizabethtaylor / christies.com

Perhiasan emerald & diamond karya Bulgari beberapa kali di kenakan dalam berbagai acara. Misalnya anting emerald & diamond di premiere Lawrence of Arabia, versi bros yang dipakai saat pernikahannya dengan Richard Burton, sementara versi kalung yang mewah dipakai untuk hadiri premiere di Paris tahun 1968.

Kalung emerald Kolombia & berlian ini merupakan hadiah pernikahan dari Burton untuk Liz tahun 1964.

Melansir InStyle, ibu 4 anak itu bercerita bagaimana ia bingung memilih kalung emerald ukuran besar atau kecil. Akhirnya, pilihan jatuh pada kalung berukuran kecil yang kini bernilai 6.130.500 USD atau setara Rp 91 miliar itu.

Sementara bros emerald & diamond yang bisa dikaitkan sebagai pendant kalung bernilai lebih tinggi di pelelangan, yakni 6.578.500 USD atau sekitar Rp 98 miliar––menjadikan total keseluruhan kalung Bulgari tersebut bernilai lebih dari 12 juta USD, yakni sekitar Rp 189 miliar.


Cincin Krupp Diamond

Krupp diamond ring milik Elizabeth Taylor/
Krupp diamond ring milik Elizabeth Taylor/ Foto: pinterest.com/VANITY FAIR

Perhiasan adalah bahasa cinta Richard Burton pada Elizabeth Taylor, berlian lain yang diberikannya tak lain adalah Krupp Diamond. Berlian besar 33.19-karat itu dibeli Burton dari pelelangan dengan penawaran 305.000 USD di tahun 1968.

Sebelumnya, cincin ini dimiliki aktris Jerman bernama Vera Krupp yang memiliki latar belakang sama dengan Taylor, yakni keluarga Yahudi––sebuah alasan yang mendorong Taylor untuk memilikinya. Ia terpesona dengan keindahan berlian asscher-cut yang dianggapnya seperti tangga menuju keabadian.

Persona Elizabeth Taylor pun sangat terikat dengan Krupp Diamond Ring, Christie’s menamai cincin itu “Elizabeth Taylor Diamond” dan berhasil menjualnya seharga lebih dari 8.8 juta USD (sekitar Rp 131 miliar) pada perusahaan retail Korea.

Kalung Taylor-Burton Diamond 

Elizabeth Taylor memakai kalung Taylor-Burton dan cincin Krupp diamond/
Elizabeth Taylor memakai kalung Taylor-Burton dan cincin Krupp diamond/ Foto: instagram.com/elizabethtaylor

Kalung liontin The Taylor-Burton mungkin salah satu kalung paling legendaris di dunia. Dilihat dari ukuran berlian yang tergantung, tentu semua orang bisa menduga keistimewaannya.

Berlian putih 69.42-karat bentuk pear awalnya dibeli Richard Burton seharga lebih dari 1 juta USD dalam bentuk cincin dari pelelangan tahun 1969. Tapi istrinya berpikir berlian itu terlalu besar pada jarinya sehingga ia meminta Cartier untuk membuatnya sebagai kalung.

Elizabeth Taylor pun dijumpai memakai kalung dengan pendant berlian tersebut di Academy Awards 1970. Berdasarkan laman resmi Mouawad, Elizabeth Taylor menjualnya dengan harga hampir menyentuh 5 juta USD pada Henry Lambert setelah bercerai dan kembali berpindah tangan sebagai salah satu koleksi Mouawad.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id