sign up SIGN UP

5 Pilihan Jenis Bahan Piama yang Tepat, Dijamin Tidur Semakin Nyenyak!

ira syafira | Rabu, 12 Jan 2022 21:00 WIB
5 Pilihan Jenis Bahan Piama yang Tepat, Dijamin Tidur Semakin Nyenyak!
caption

Rasa nyaman saat tidur tidak hanya berasal dari tempat tidur yang empuk atau seprei yang lembut. Ada faktor lain yang terkadang sering dilupakan, yaitu pemilihan baju tidur atau piama. Memilih piyama yang tepat juga bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur kamu, Beauties.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan saat memilih piama bisa dilihat dari jenis bahannya. Untuk kita yang tinggal di negara tropis pasti agak sulit menentukan piyama yang pas, karena bahan piama yang terkadang cukup tebal malah membuat tubuh terasa gerah. Ada beberapa pilihan jenis kain yang bisa kamu jadikan opsi saat akan membeli piama. Inilah 5 bahan piama yang bisa kamu pilih dan pastinya cocok untuk dikenakan di negara tropis, seperti Indonesia!

1. Piama dengan Bahan Kaus

Piyama dengan Bahan Kaos/Foto: Pinterest/SHEIN
Piyama dengan Bahan Kaos/Foto: Pinterest/SHEIN

Bahan piyama kaos biasanya akan menempel di permukaan kulit ketika digunakan. Model piama dengan bahan ini cukup beragam, mulai dari piyama dengan celana panjang, celana pendek, daster, atau yang lainnya. 

Bahan kaus yang dipilih adalah jenis spandex, sehingga bahannya ringan, nyaman, dan mudah menyerap keringat saat tidur. Walaupun bahannya cenderung lebih tebal, tapi piama kaus tetap nyaman digunakan di negara beriklim tropis. Selain itu, baju tidur berbahan kaus ini terasa stretchy dan mengikuti bentuk tubuhmu ketika bergerak. 

2. Piama dengan Bahan Katun

Piyama dengan Bahan Katun/Foto: Pinterest/Homie Nightwear
Piyama dengan Bahan Katun/Foto: Pinterest/Homie Nightwear

Katun dinilai menjadi salah satu bahan piama terbaik. Hal ini karena, katun memiliki ciri khas kain yang adem dan mudah menyerap keringat. Bahan katun sudah dikenal sejak zaman dahulu. 

Selain bahannya yang mudah menyerap, bahan katun juga bersifat breathable, sehingga mempermudah sirkulasi udara di kulit. Namun, karena bahannya yang breathable, maka piama katun terkadang kurang cocok untuk digunakan di suhu udara dingin. Tapi untuk udara tropis, sepertinya piyama katun tetap bisa digunakan tanpa terasa kedinginan.

3. Piama dengan Bahan Sutera

Piyama dengan Bahan Sutera/Foto: Pinterest/Olivia Van Hole
Piyama dengan Bahan Sutera/Foto: Pinterest/Olivia Van Hole

Berbeda dengan satin, namun jenis baju tidur sutera juga dikenal ringan dan licin di kulit. Bahan ini biasanya memberikan kesan mewah saat digunakan, karena kainnya sendiri sudah terbilang mahal. Bahan kain sutera berasal dari serat protein alami yang terbuat dari kepompong ulat sutera. 

Jika kamu menggunakan piama sutera di Indonesia, maka bahan ini bisa berfungsi sebagai thermoregulator, yakni kemampuan untuk memberi rasa dingin dan segar saat dipakai. Jenis bahan sutera tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit, tapi tidak mudah menyerap keringat. So, jenis bahan satu ini hanya akan cocok ke beberapa orang tertentu. 

4. Piama dengan Bahan Katun Bambu

Piyama dengan Bahan Katun Bambu/Foto: Pinterest/The White Company
Piyama dengan Bahan Katun Bambu/Foto: Pinterest/The White Company

Seperti yang dibahas sebelumnya, katun memang menjadi andalan sebagai bahan piyama yang nyaman untuk digunakan. Tidak hanya satu, tapi katun juga memiliki varian lain yang terbuat dari serat bambu dan sedang populer di Indonesia.

Bahannya lembut dengan bahan katun biasa yang ringan serta bersifat breathable. Kelebihannya hanya terletak pada bahan bambu yang dinilai lebih alami dan antimicrobial. Tak ayal, piyama ini bisa jadi pilihan piyama yang tepat dan nyaman untuk menemani tidurmu.

5. Piyama dengan Bahan Satin

Piyama dengan Bahan Satin/Foto: Pinterest/Women's Wear
Piyama dengan Bahan Satin/Foto: Pinterest/Women's Wear

Baju tidur dengan bahan satin biasanya akan terlihat mengkilap seperti sutera. Hanya saja bedanya satin lebih mudah mengembang dan menyusut ketika dicelupkan di dalam air panas. Jika kamu memilih untuk membeli piama berbahan satin, maka kamu harus ekstra hati-hati untuk membersihkannya. 

Selain itu, piama dengan bahan satin biasanya dijual dengan beragam pilihan. Coba untuk pilih bahan satin yang jatuh dan tidak mudah kusut. Jangan sampai salah memilih bahan yang tipis dan kasar. Jika salah pilih, mungkin piama yang kamu miliki tidak akan nyaman untuk digunakan. 

Jadi, itulah beberapa bahan piama yang bisa kamu jadikan pilihan yang cocok untuk digunakan di negara beriklim tropis. Jangan lupa pilih bahan terbaik yang bisa membuat tidurmu lebih nyaman, ya Beauties!

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id