sign up SIGN UP

6 Gaun Paling Kontroversial di Grammy Awards, Ada Lady Gaga dalam Telur!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Senin, 04 Apr 2022 10:30 WIB
6 Gaun Paling Kontroversial di Grammy Awards, Ada Lady Gaga dalam Telur!
caption

Ajang penghargaan musik tahunan Grammy Awards 2022 berlangsung pada Senin (4/4/2022). Publik kian mengantisipasi tiap pemenang dari setiap nominasi yang ada. Sejumlah musisi yang telah menyajikan karya musik terbaiknya juga ikut diundang dalam acara bergengsi ini dan tentunya, dengan busana tidak kalah menarik. 

Memasuki tahun yang ke-64, jumlah gaun karya desainer ternama yang tampil di karpet merah Grammy Awards tidak terhitung. Mulai dari gaun terbaik hingga yang paling kontroversial, para musisi tidak segan menuangkan sisi kreatif dan beraninya dalam segi berpakaian. Yuk intip siapa saja penyanyi yang mengenakan gaun kontroversial di red carpet Grammy Awards berikut ini!

 

Celine Dion, 1993

Celine Dion Grammy 1993/
Celine Dion di Grammy 1993/ Foto: pinterest.com/Us Weekly

Tampil seksi saat menghadiri sebuah acara penghargaan memang merupakan hal biasa yang dilakukan para artis. Namun di Grammy Awards ke-35, publik dibuat heran dengan busana Celine Dion di atas karpet merah saat ia diundang berkat lagunya untuk Disney, “Beauty and The Beast”. Penyanyi asal Kanada ini mengenakan busana hitam menerawang, menunjukkan pakaian dalam yang dipakainya, baik tampak depan maupun belakang. 

 

Jennifer Lopez, 2000

Jennifer Lopez di Grammy Awards 2000/
Jennifer Lopez di Grammy Awards 2000/  Foto: pinterest.com/Good Housekeeping

Penyanyi hits berkebangsaan Amerika Serikat Jennifer Lopez juga menjadi urutan berikutnya dengan busana seksi nan kontroversial. Melangkah ke red carpet Grammy Awards ke-42, perempuan yang kerap disapa J-Lo ini berbalutkan gaun chiffon hijau dari Versace. Desain low-cut, aksen slit, serta bahan yang transparan dinilai terlalu mengumbar dan langsung menuai kontroversi. Bahkan, kreator kartun “South Park”, Trey Parker, mengenakan replika gaun ini ke Oscar di tahun yang sama.

 

Toni Braxton, 2001

Toni Braxton di Grammy Awards 2001/
Toni Braxton di Grammy Awards 2001/ Foto: pinterest.com/Esquire Magazine

Toni Braxton berpose ceria bersama penghargaan Grammy dalam gaun yang dijuluki “scandalous”. Bagaimana tidak? Gaun karya Richard Tyler ini hanya terkomposisi oleh 2 lembar kain satin jersey yang terhubung di bagian pangkal paha oleh seutas kain. Tidak heran jika gaun kelewat seksi ini jadi bahan perbincangan setelahnya, Beauties.

Lady Gaga, 2011

Lady Gaga di Grammy Awards 2011/
Lady Gaga di Grammy Awards 2011/ Foto: pinterest.com/ELLE Magazine (US)

Sering mengundang kontroversi oleh karena outfit-nya yang terlalu nyentrik, Lady Gaga mengadopsi tema Born This Way (lagu yang akan dibawakannya pada malam Grammy 2011) pada busana dengan presentasi teatrikal. Sebanyak 5 orang menggiring telur raksasa rancangan Hussein Chalayan di mana Lady Gaga tersimpan di dalamnya ke atas karpet merah. Bukan cuma penampilannya yang mencuri perhatian dunia, lagu Born This Way yang berkonotasi pro-gay juga ikut jadi kontroversi.

 

Nicki Minaj, 2012

Nicki Minaj di Grammy Awards 2012/
Nicki Minaj di Grammy Awards 2012/ Foto: pinterest.com/BuzzFeed

Nicki Minaj memilih tampilan mencolok dan eksentrik untuk datang ke Grammy Awards 2012. Ia mengenakan jubah merah dari Versace, lengkap dengan logo kepala Medusa menghiasi bagian rok gaun. Berdiri di sampingnya, pelantun lagu Starships itu menggandeng pasangan yang berdandan dalam kostum uskup, lengkap dengan mitre headdress yaitu tutup kepala yang biasa dikenakan uskup dalam agama Katolik. Tentu saja dandanan ini menuai kritik dari Liga Katolik Amerika Serikat yang menganggap ini tindakan asusila.

 

Joy Villa, 2018

Joy Villa di Grammy Awards 2018/
Joy Villa di Grammy Awards 2018/ Foto: pinterest.com/POPSUGAR

Melenggang ke karpet merah Grammy Awards ke-60, Joy Villa mengenakan gaun putih dengan gambar fetus terlukis di bagian bawah roknya. Janin yang dikelilingi selubung pelangi ini merupakan caranya menyuarakan opini politik, yakni dukungan atas kampanye anti-aborsi di Amerika Serikat. Bersamaan dengan gaun kontroversial tersebut, ia menjinjing tas berwarna serupa dengan slogan “Choose Life” tertera di permukaannya. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id