sign up SIGN UP

KALEIDOSKOP BEAUTYNESIA 2021

7 Koleksi Fashion Paling Memorable di Tahun 2021! Dari yang Bergaya Glamor sampai Seksi dan Provokatif

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 30 Dec 2021 15:30 WIB
7 Koleksi Fashion Paling Memorable di Tahun 2021! Dari yang Bergaya Glamor sampai Seksi dan Provokatif
caption
Jakarta -

Setelah banyak melangsungkan presentasi secara digital di tahun 2020, pada tahun 2021 ini desainer kembali mengadakan show secara langsung. Dari segi kreativitas kini desainer tak ragu untuk mengusung rancangan yang glamor, kontemporer dan bold. Rancangan mereka seolah merepresentasikan sikap optimis terhadap pandemi ini pasca vaksin mulai dilaksanakan secara global dan masif meski sekarang ini kita tengah menghadapi ancaman varian baru dari COVID-19.

Tak hanya seputar adaptasi, situasi yang dihadapi sekarang ini juga menstimulasi desainer untuk mencari formula yang tepat agar tetap relevan sekaligus terus membangkitkan antusias dan hasrat berbelanja konsumen. Kolaborasi masih menjadi strategi favorit dan jitu dari segi bisnis. Proyek kolaborasi juga secara tidak langsung menggambarkan akan sikap bahu-membahu di industri fashion dalam menghadapi situasi yang tak menentu ini.
Selain kolaborasi, sisi emosional dari industri ini juga tercermin ketika para desainer merancang karya khusus untuk mengenang mendiang Alber Elbaz yang wafat pada April 2021 pasca menjalani perawatan akibat COVID-19.

Dari kolaborasi hingga tribute antar sesama desainer, berikut koleksi fashion paling memorable di tahun 2021.

Gucci x Balenciaga

Gucci x BalenciagaGucci x Balenciaga/ Foto: GREGOIRE AVENEL


Menyambut hari jadi yang ke-100 tahun, Gucci merilis proyek kerja samanya dengan rumah mode Balenciaga. Kedua label yang sama-sama bernaung di bawah Kering Group ini enggan menyebut proyek mereka sebagai kolaborasi dan lebih tertarik menjulukinya dengan 'The Hacker Project'. Ini adalah untuk pertama kalinya dua rumah mode dengan segmentasi pasar yang mirip menjalin kerja sama dan tak ragu untuk saling menginterpretasikan signature design masing-masing.

Balenciaga Haute Couture Fall 2021

Balenciaga haute couture fall 2021Balenciaga haute couture fall 2021/ Foto: Courtesy of Balenciaga


Merupakan salah satu fashion show yang paling dinanti di tahun 2021. Betapa tidak, rumah mode Balenciaga terakhir kali mempresentasikan koleksi haute couture pada 53 tahun yang lalu. Selain itu para pencinta fashion juga penasaran bagaimana Demna selaku creative director yang sukses memberi nuansa street wear pada rumah mode ini akan menginterpretasikan haute couture.
Siluet tegas, tailoring, cutting yang dramatis, serta headpiece bergaya klasik menjadi benang merah. Sentuhan modern terlihat dari kehadiran material denim dan gaun yang terinspirasi dari parka.

AZ Factory Spring/Summer 2022

AZ factory Paris Fashion WeekAZ factory Paris Fashion Week/ Foto: livingly.com/IMAXtree


Sebanyak 45 desainer terlibat dalam sebuah fashion show label AZ Factory yang didedikasikan bagi mendiang Alber Elbaz selaku pendiri. Tiap desainer menampilkan rancangan yang merefleksikan ciri khas dari Elbaz yang juga pernah menjadi creative director Lanvin, Yves Saint Laurent dan Guy Larouche, sembari tetap mempertahankan karakter desain mereka. Daniel Roseberry dari rumah mode Schiaparelli menampilkan little black dress yang dramatis di mana menggabungkan nuansa rancangan Elbaz untuk Lanvin dan koleksi Schiaparelli couture kreasinya. Sementara Dries Van Notten membuat coat merah berhiaskan ilustrasi Elbaz.

Schiaparelli Haute Couture Spring 2021

SchiaparellI Haute Couture Spring 2021SchiaparellI Haute Couture Spring 2021/ Foto: Daniel Roseberry/Courtesy of Schiaparelli


Pasca Daniel Roseberry didaulat sebagai creative director, rumah mode Schiaparelli menjadi nama yang kembali diperhitungkan oleh para penata busana selebriti. Dari Emma Louis Corrin hingga Cardi B dan Kim Kardashian, kreasinya yang berhasil membuat gaya surealis yang menjadi ciri khas label legendaris ini menjadi terlihat modern, dramatis sekaligus elegan. Seperti pada koleksi haute couture musim semi 2021 ini.

Fendace

Fashion Show Koleksi Kolaborasi Fendi dengan VersaceFashion Show Koleksi Kolaborasi Fendi dengan Versace/ Foto: Courtesy of Fendi


Koleksi kolaborasi yang menghebohkan tahun 2021 adalah Fendi dengan Versace atau populer dengan akronim 'Fendace'. Menutup perhelatan Milan Fashion Week Spring 2022 pada September lalu, Kim Jones selaku creative director Fendi dan Donatella Versace menampilkan koleksi bernuansa glamor, seksi dan penuh dengan logo dan motif baroque.

Miu Miu Spring/Summer 2022

Miu Miu Spring/Summer 2022Miu Miu Spring/Summer 2022/ Foto: Filippo Fior/GoRunway/Vogue


Klasik namun provokatif menjadi alasan mengapa koleksi Miu Miu spring/summer 2022 menjadi salah satu yang memorable. Miuccia Prada selaku desainer mungkin menghadirkan busana formal dan kasual seperti kemeja, pencil skirt, oversized sweater dan setelan rok namun ia mengemasnya juga secara provokatif. Lewat model crop top yang memamerkan perut dan rok turut hadir dalam potongan yang super pendek.

Miu Miu Spring/Summer 2022Miu Miu Spring/Summer 2022/ Foto: Filippo Fior/GoRunway/Vogue

Adakah ia terpengaruh akan kepopuleran tren Y2K atau gaya ala era 2000 yang memang dipenuhi crop top dan drop waisted pants?
Yang jelas Miuccia Prada melalui koleksinya untuk Miu Miu kali ini seolah memberikan perspektif bahwa, baju kasual pun dapat terlihat provokatif sekaligus mengajak kita untuk kembali berani bereksperimen dengan fashion di tahun depan.

Louis Vuitton Menswear Spring/Summer 2022

Louis Vuitton Menswear Spring/Summer 2022Louis Vuitton Menswear Spring/Summer 2022/ Foto: Courtesy of Louis Vuitton


Menjadi koleksi terakhir rancangan mendiang Virgil Abloh, koleksi Louis Vuitton menswear untuk musim semi dan panas 2022 juga memiliki karakteristik kuat yang membuatnya menjadi salah satu yang memorable. Abloh menampilkan permainan warna vibran seperti neon berpadu dengan motif animasi dan monogram dalam rangkaian busana sporty dan tailoring. Abloh juga menampilkan rok panjang dalam koleksinya kali ini. Meski ide pria memakai rok bukanlah hal baru, namun Abloh berhasil mengetengahkan akan adanya geliat perubahan mengenai definisi 'maskulin' pada sekarang ini.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id