sign up SIGN UP

Bottega Veneta Sukses Raih Pendapatan hingga Ratusan Juta Euro, Daniel Lee Selaku Creative Director Justru Memilih Mundur!

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 11 Nov 2021 07:45 WIB
Bottega Veneta Sukses Raih Pendapatan hingga Ratusan Juta Euro, Daniel Lee Selaku Creative Director Justru Memilih Mundur!
caption
Jakarta -

Daniel Lee mundur dari jabatannya sebagai creative director Bottega Veneta. Keputusan Kering Group selaku pemilik Bottega Veneta dan Daniel Lee yang memutuskan untuk tidak melanjuti kerja sama keduanya ini mengejutkan para pencinta dan pelaku industri fashion. Apalagi baru di akhir Oktober 2021 lalu Daniel baru mempresentasikan koleksi terbarunya yang berlangsung di Detroit, Amerika Serikat.

Bergabung di tahun 2018, Daniel Lee yang sebelumnya merupakan anggota tim desain Phoebe Philo kala masih menjadi creative director Celine, berhasil memberi identitas baru pada label legendaris Italia tersebut. Di bawah arahannya, Bottega Veneta yang sebelumnya bergaya klasik bertransformasi menjadi lebih modern dan edgy. Sejumlah kreasi aksesorinya juga menjadi incaran seperti tas seri Pouch, Cassette dan Jodie.

Daniel LeeDaniel Lee/ Foto: Business of Fashion

Tak hanya mendapat respon positif dari para kritikus mode, tapi konsumen juga turut antusias. Penjualan Bottega Veneta terus meningkat tiap tahunnya bahkan berhasil mencetak profit untuk pertama kalinya. Pada laporan keuangan yang dirilis Kering Group, di kuartal ketiga tahun 2021 label ini berhasil meraup pendapatan sebesar 363 juta Euro. Naik 9,3 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Tas Bottega Veneta CassetteTas Bottega Veneta Cassette/ Foto: Courtesy of Bottega Veneta

Selain desain, Daniel juga menerapkan strategi yang tak biasa terkait media sosial. Ia menutup semua akun media sosial Bottega Veneta. Sebuah langkah yang cukup berani di era digital ini. Namun publik justru semakin antusias. Akun komunitas penggemar dari rancangannya pun muncul yakni New Bottega.

Dalam keterangan pers yang dirilis oleh pihak Bottega Veneta tidak disebutkan mengenai alasan mundurnya Daniel Lee sekaligus siapa sosok yang akan menggantikannya. "Waktu saya di Bottega Veneta merupakan sebuah pengalaman yang luar biasa. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan bisa bekerja sama dengan sebuah tim yang berbakat dan luar biasa mengagumkan. Serta kepada semua orang yang telah menjadi bagian dalam membantu mewujudkan visi kami. Terima kasih kepada François-Henri Pinault -CEO Kering Group- untuk dukungannya, dan kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari perjalanan Bottega Veneta," terang Daniel.

Bottega Veneta Spring/Summer 2022Bottega Veneta Spring/Summer 2022/ Foto: Courtesy of Bottega Veneta

Spekulasi beredar di media sosial mengenai alasan dan rencana selanjutnya dari desainer asal Inggris tersebut. Banyak yang menyebut bahwa kembalinya Phoebe Philo, pasca mundur dari Celine, dengan membuat label sendiri bersama LVMH yang merupakan kompetitor dari Kering Group menjadi faktor yang berpengaruh. Serta selanjutnya Daniel Lee dikabarkan akan bergabung dengan Burberry. Belum ada keterangan resmi dari Daniel Lee dan Bottega Veneta mengenai kebenaran rumor ini. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id