Brightspot Market 2024 Hidupkan Kembali Ratu Plaza dengan Bazar Standar Dunia
Brightspot Mall 2024 diselenggarakan selama 2 pekan, yaitu 31 Mei - 2 Juni 2024 dan 6-9 Juni 2024 di Ratu Plaza, Jakarta Pusat. Pertama digelar tahun 2009, bazar lifestyle yang diisi dengan fashion, seni, hingga kuliner lokal ini kembali mengukuhkan posisinya sebagai titik temu tahunan muda-mudi Jakarta.
Total sebanyak 200 tenants dihadirkan di Ratu Plaza, mall yang puluhan tahun "terlupakan" walau punya lokasi strategis dan kaya sejarah. Dilihat sebagai kesempatan, Brightspot Market 2024 ambil lokasi tersebut untuk menggelar acara tahunan mereka.
Misi berhasil. Melewati pekan pertamanya, Brightspot Market 2024 sukses menghidupkan kembali suasana mall yang sempat hits tahun 80-an itu.
Brand Dikurasi Ketat
Brightspot Mall 2024/ Foto: Dok. Brightspot Market
Mengusung slogan Past Makes Future, pengunjung diajak bernostalgia era 80-an dengan nuansa disko. Dekorasi hingga hiburan lawas seperti roller rink dijumpai di sana.
Namun, tentu yang menjadi sorotan adalah tenants yang mengisi tiga lantai Ratu Plaza. Dari seribu brand yang mendaftar, hanya dipilih 200 brand dari sejumlah kota di Indonesia untuk memeriahkan Brightspot Mall 2024.
"Brand-brand yang menurut kita secara estetika, secara design, secara eksekusinya yang terpilih dan terbaik," Anton Wirjono, CEO & Founder The Goods Dept sekaligus inisiator Brightspot Market, mengatakan kepada Beautynesia. Penentuan jumlah brand juga memperhitungkan kapasitas dan keamanan venue.
"Tahun lalu kita 265 [brand], tahun ini 200 karena keterbatasan space. Tapi yang apply kayak tahun lalu lagi, ada seribu. Lonjakannya lumayan banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya".
Keputusannya tak salah, pengunjung Brightspot Mall 2024 membludak. "Minggu pertama kita udah achieve hampir 70 ribu orang. Jadi rame banget," katanya.
Brightspot 2024 & Tren Gen Z
Brightspot Mall 2024/ Foto: Dok. Brightspot Market
Anton menuturkan "di masa lalu tuh banyak rahasia untuk masa depan" yang jadi latar belakang slogan Past Makes Future. Ini tak lepas dari daya tarik segala hal retro bagi anak muda. Fashion 90-an, digital camera, lagu-lagu lawas, hingga piringan hitam kembali punya pesona.
Anton berharap dengan adanya Brightspot 2024 yang jadi wadah berkumpulnya brand yang menjawab ketertarikan generasi Z tersebut, pengunjung bisa menyadari bahwa brand kreatif di Indonesia sangat luar biasa. Bukan hanya dari masyarakat Indonesia sendiri, tapi juga warga negara asing.
"Kemarin banyak teman-teman datang dari luar negeri, ngeliat. Mereka bilang standarnya Indonesia ini sudah standar dunia," ceritanya. "Ini sebenarnya untuk ngingetin bahwa yang ada di kita itu luar biasa dan potensinya juga sangat besar".
Bagi kamu yang belum sempat hadir di pekan pertama, kamu bisa menikmati Brightspot Mall 2024 di Week 2 akhir pekan ini. Selain berbelanja di sederet brand lokal, ada pengisi acara yang khusus dihadirkan untuk pekan kedua. Have fun, Beauties!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!