
Burberry Punya Logo Baru! Intip Transformasinya dari Masa ke Masa

Sejak kabar Riccardo Tisci angkat kaki dari Burberry dan posisi creative director diambil alih oleh Daniel Lee pada September lalu, penikmat fashion antisipasi langkah mantan desainer Bottega Veneta yang akan diambil selanjutnya. Senin (6/2) jadi titik yang mengawali lembaran baru rumah mode asal London tersebut.
Mendahului presentasi koleksi debut Lee, Burberry persembahkan campaign terbaru dengan nuansa berbeda. Sejumlah foto yang diambil oleh Tyrone Lebon menampilkan paras familiar berbalut outfit Burberry koleksi pendahulunya.
![]() Jun Ji Hyun di campaign Burberry/ Foto: instagram.com/burberry/Tyrone Lebon |
Sejumlah publik figur global digandeng untuk meramaikan campaign. Beberapa diantaranya yaitu Shygirl, Vanessa Redgrave, Liberty Ross, Skepta, Lennon Gallagher, John Glacier, pesepakbola Raheem Sterling, serta aktris berkebangsaan Korea Selatan Jun Ji Hyun dipercaya sebagai brand ambassador. Logo baru turut diperkenalkan bersamaan dengan itu.
Masing-masing foto diri dibubuhi simbol orisinil dikenal sebagai Equestrian Knight yang identik dengan brand sejak 1901, lengkap dengan tulisan latin “Prorsum” yang berarti “Maju” pada bendera. Simbol juga dimuat bersama tulisan Burberry dalam font Serif.
![]() Skepta di campaign Burberry/ Foto: instagram.com/skeptagram |
Kita mengenal tulisan logo Burberry dalam font Sans-Serif Helvetica yang diperkenalkan pada 2018. Font bercetak tebal karya Peter Saville memberikan wajah modern pada Burberry. Namun dengan munculnya logo baru dengan desain lebih ramping dan old-school, Daniel Lee seakan menarik kembali identitas Burberry ke akarnya.
![]() Perubahan logo Burberry 2018 & 2023/ Foto: instagram.com/highsnobiety |
Di sisi lain, publik menyampaikan aneka responnya terkait perubahan ini. Mengingat sejumlah brand turut mempergunakan Sans-Serif sebagai font logo, beberapa orang menyambut rebranding Burberry secara positif. “Nice introduction looking forward to seeing Daniel’s first collection this month 🔥” komentar salah satu akun di unggahan Instagram Burberry. Namun tak sedikit pula yang menganggap logo sebelumnya lebih baik, seperti yang diungkapkan akun lainnya, “i dont like the old logo!its out of fashion😢”
Dengan demikian, Burberry telah mengganti logonya sebanyak 5 kali sejak pertama berdiri tahun 1856. Intip seperti apa transformasinya di halaman selanjutnya, Beauties.