Burberry Punya Logo Baru! Intip Transformasinya dari Masa ke Masa

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 09 Feb 2023 16:00 WIB
Burberry Punya Logo Baru! Intip Transformasinya dari Masa ke Masa
Foto: instagram.com/burberry/Tyrone Lebon 

Sejak kabar Riccardo Tisci angkat kaki dari Burberry dan posisi creative director diambil alih oleh Daniel Lee pada September lalu, penikmat fashion antisipasi langkah mantan desainer Bottega Veneta yang akan diambil selanjutnya. Senin (6/2) jadi titik yang mengawali lembaran baru rumah mode asal London tersebut. 

Mendahului presentasi koleksi debut Lee, Burberry persembahkan campaign terbaru dengan nuansa berbeda. Sejumlah foto yang diambil oleh Tyrone Lebon menampilkan paras familiar berbalut outfit Burberry koleksi pendahulunya.

Logo Burberry di campaign terbaru/
Jun Ji Hyun di campaign Burberry/ Foto: instagram.com/burberry/Tyrone Lebon 

Sejumlah publik figur global digandeng untuk meramaikan campaign. Beberapa diantaranya yaitu Shygirl, Vanessa Redgrave, Liberty Ross, Skepta, Lennon Gallagher, John Glacier, pesepakbola Raheem Sterling, serta aktris berkebangsaan Korea Selatan Jun Ji Hyun dipercaya sebagai brand ambassador. Logo baru turut diperkenalkan bersamaan dengan itu. 

Masing-masing foto diri dibubuhi simbol orisinil dikenal sebagai Equestrian Knight yang identik dengan brand sejak 1901, lengkap dengan tulisan latin “Prorsum” yang berarti “Maju” pada bendera. Simbol juga dimuat bersama tulisan Burberry dalam font Serif. 

Skepta di campaign Burberry/
Skepta di campaign Burberry/ Foto: instagram.com/skeptagram

Kita mengenal tulisan logo Burberry dalam font Sans-Serif Helvetica yang diperkenalkan pada 2018. Font bercetak tebal karya Peter Saville memberikan wajah modern pada Burberry. Namun dengan munculnya logo baru dengan desain lebih ramping dan old-school, Daniel Lee seakan menarik kembali identitas Burberry ke akarnya.

Perubahan logo Burberry 2018 & 2023/
Perubahan logo Burberry 2018 & 2023/ Foto: instagram.com/highsnobiety

Di sisi lain, publik menyampaikan aneka responnya terkait perubahan ini. Mengingat sejumlah brand turut mempergunakan Sans-Serif sebagai font logo, beberapa orang menyambut rebranding Burberry secara positif. “Nice introduction looking forward to seeing Daniel’s first collection this month 🔥” komentar salah satu akun di unggahan Instagram Burberry. Namun tak sedikit pula yang menganggap logo sebelumnya lebih baik, seperti yang diungkapkan akun lainnya, “i dont like the old logo!its out of fashion😢”

Dengan demikian, Burberry telah mengganti logonya sebanyak 5 kali sejak pertama berdiri tahun 1856. Intip seperti apa transformasinya di halaman selanjutnya, Beauties.

Transformasi Logo Burberry

Foto: us.burberry.com

Transformasi Logo Burberry

Evolusi logo Burberry/
Evolusi logo Burberry/ Foto: pinterest.com/1000logos - Logos world

1901

Dikenal dengan logo ksatria berkuda, desain pertama kali ditampilkan saat brand masih bernama Burberry’s. Asal mula logo ikonis ini diawali dengan sebuah kompetisi pembuatan logo di tahun 1901. Pemenang jatuh kepada desain logo ksatria berkuda alias Equestrian Knight dalam armor terinspirasi abad 13-14 yang dipamerkan dalam koleksi Wallace, London. Ksatria tersebut membawa tameng bertuliskan huruf “B” serta bendera “Prorsum” yang berarti “Forward” atau “Maju”.  

 

1968

Perubahan kedua terjadi tahun 1968 di mana Equestrian Knight ditampilkan hanya dalam wujud siluet berukuran lebih kecil dibandingkan nama brand. "Burberrys of London" menyertai logo berwarna sepenuhnya hitam tersebut. Logo ini dipertahankan selama 31 tahun sebelum pergantian berikutnya tahun 1999.



1999 

Logo Burberry 1999/
Logo Burberry 1999/ Foto: pinterest.com/ polyvore.com

Perubahan signifikan terjadi di tahun 1999 di mana nama brand Burberry’s digubah menjadi Burberry. Komposisi dibuat lebih proporsional, yakni ukuran emblem Equestrian Knight di posisi atas lebih besar dibanding logo pendahulunya dengan detail armor diperjelas oleh desainer Fabien Baron. Verbalisasi juga disederhanakan menjadi “Burberry London”. 

 

2018 

Logo Burberry 2018/
Logo Burberry 2018/ Foto: us.burberry.com

Logo Burberry mengadopsi nuansa modern dengan font Helvetica, seluruhnya tertulis dalam huruf kapital dan cetak tebal tahun 2018. Keterangan “London England” tertera di bawahnya dengan ukuran lebih kecil. Perbedaan distingtif lainnya yaitu hilangnya emblem Equestrian Knight.

Selain logo buatan Peter Saville tersebut, era direksi Riccardo Tisci juga memperkenalkan monogram ‘TB’ yang merupakan inisial pendiri yaitu Thomas Burberry. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE